Mengenal Macam-Macam asuransi

Hadirnya berbagai pilihan asuransi ditujukan untuk dapat memenuhi kebutuhan setiap orang dalam menjaga hal yang dianggap berharga.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Asuransi adalah bentuk perjanjian antara kedua belah pihak, yaitu Tertanggung dan Penanggung, di mana Tertanggung membayar sebuah iuran kepada Penanggung demi mendapatkan bentuk ganti rugi atas risiko finansial yang dapat terjadi secara tak terduga. 

Dalam konteks dunia yang sudah modern, Penanggung berarti perusahaan asuransi yang ada, sementara Tertanggung adalah nasabahnya. 

Hadirnya macam-macam asuransi yang tersedia atau ditawarkan sebagai produk asuransi ini ditujukan untuk dapat memenuhi kebutuhan setiap orang dalam menjaga hal yang dianggap berharga. 

Kategori macam-macam asuransi tersebut dianalisis berdasarkan fokus dan juga risiko untuk menentukan kebijakan atau benefits yang akan didapatkan oleh nasabah atau pihak tertanggung. Agar Anda mendapatkan gambaran yang lebih jelas, berikut adalah macam-macam asuransi yang tersedia saat ini.


1. Asuransi jiwa

Asuransi jiwa merupakan salah satu macam-macam asuransi yang dikenal di kalangan masyarakat. Tujuan dari asuransi jiwa adalah memberi kekuatan finansial kepada pihak tertanggung yang nantinya akan disalurkan kepada ahli waris atau keluarga atas kematiannya. Sebagai salah satu dari banyaknya macam-macam asuransi yang tersedia, asuransi jiwa bisa ditujukan untuk proteksi diri sendiri atau untuk orang ketiga. Sistem klaim atau pembayaran dari asuransi jiwa ini juga cukup beragam. Ada beberapa pihak penyelenggara asuransi yang menyediakan pembayaran atau klaim asuransi setelah kematian. Ada juga pihak asuransi yang menyediakan kesempatan untuk pihak tertanggung melakukan klaim sebelum kematian.


2. Asuransi kesehatan

Selain asuransi jiwa, asuransi kesehatan juga merupakan salah satu dari ragam macam-macam asuransi yang cukup populer di kalangan masyarakat. Sesuai dengan namanya, asuransi ini fokus memberi penanganan proteksi terhadap kesehatan dari nasabah atau pihak tertanggung. Umumnya, salah satu macam-macam asuransi ini memberi pertanggungan dalam bentuk pembiayaan dari nasabah yang membutuhkan penanganan kesehatan, seperti perawatan. Sama halnya dengan asuransi jiwa, asuransi kesehatan pun bisa diberikan untuk keperluan diri sendiri maupun untuk orang ketiga.


3. Asuransi kendaraan

Bagi Anda yang baru saja mulai memiliki kendaraan pribadi, mungkin Anda perlu mempertimbangkan kehadiran asuransi kendaraan. Salah satu produk dari macam-macam asuransi ini merupakan sebuah layanan penanggungan yang cukup bermanfaat dalam memberikan proteksi terhadap kendaraan Anda. Jika Anda merupakan pihak tertanggung yang menggunakan layanan asuransi kendaraan, secara mendasar Anda akan mendapatkan keuntungan ketika Anda mengalami cidera atas kecelakaan atau memerlukan biaya perbaikan terhadap kendaraan Anda. Selain itu, asuransi kendaraan juga memberi perlindungan yang bisa digunakan sebagai biaya bayar kehilangan kendaraan pribadi Anda.


4. Asuransi kepemilikan rumah dan properti

Rumah dan properti lainnya merupakan salah satu aset memiliki nilai tinggi dalam hidup Anda. Oleh karena itu, asuransi kepemilikan rumah dan properti bisa jadi pilihan baik dalam menjaga aset yang Anda miliki. Salah satu produk dari macam-macam asuransi yang tersedia saat ini fokus untuk memberikan perlindungan terhadap kehilangan atau kerusakan yang terjadi pada rumah atau properti yang Anda miliki. Selain itu, asuransi kepemilikan rumah dan properti juga memastikan dalam menghadirkan keringanan biaya perbaikan ketika rumah atau properti Anda mengalami kerusakan akibat musibah, contohnya kebakaran.


5. Asuransi pendidikan

Mengingat pendidikan merupakan elemen penting dan semakin tahun mengalami peningkatan pada biayanya, asuransi pendidikan bisa jadi alternatif bagi Anda untuk memastikan anak Anda mendapatkan akses dan lingkungan pendidikan terbaik di masa depan. Biaya premi yang harus dibayar untuk salah satu produk dari macam-macam asuransi yang tersedia ini juga cukup beragam, tergantung tingkatan pendidikan yang Anda pilih untuk jenjang akademis anak di masa depan nanti. Memiliki asuransi pendidikan akan memberikan keringanan pada Anda secara finansial untuk memenuhi kebutuhan pendidikan Anak di masa depan.


6. Asuransi umum

Macam-macam asuransi lainnya yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah asuransi umum. Asuransi umum ini merupakan sebuah langkah proteksi terhadap kerugian atau kehilangan manfaat dan tanggung jawab hukum pada pihak ketiga. Berbeda dengan macam-macam asuransi lainnya, asuransi umum biasanya memiliki jangka waktu yang relatif pendek, biasanya satu tahun. Asuransi umum juga dikelompokkan ke dalam beberapa jenis, di antaranya adalah:

  • Jaminan sosial (social insurance)

Jaminan sosial merupakan macam-macam asuransi yang wajib dimiliki oleh setiap orang demi menghadirkan proteksi terkait jaminan hari tua. Jaminan sosial ini biasanya dilakukan ketika Anda bekerja di dalam sebuah perusahaan. Pembayaran premi untuk jaminan sosial ini umumnya memotong beberapa persen dari jumlah penghasilan Anda perbulannya.

  • Asuransi sukarela (voluntarily insurance)

Sesuai dengan namanya, asuransi ini dijalankan secara sukarela. Biasanya, asuransi sukarela ini masih terbagi ke dalam dua klasifikasi, yaitu government insurance dan commercial insurance. Government insurance merupakan sebuah asuransi yang ditawarkan oleh pemerintah untuk menghadirkan proteksi dalam kehidupan masyarakatnya. Sedangkan commercial insurance merupakan asuransi yang sering ditawarkan oleh pihak penyelenggara asuransi demi memberikan proteksi terhadap seseorang atau keluarga akibat kejadian yang tidak terduga.

  • Asuransi perjalanan

Asuransi perjalanan masuk ke dalam kategori macam-macam asuransi berjangka pendek. Asuransi ini bertujuan untuk memberikan proteksi terhadap seseorang yang sedang berada dalam sebuah perjalanan. Biaya premi dari asuransi perjalanan ini biasanya sudah tercantum dalam biaya perjalanan yang harus dikeluarkan, seperti pada tiket perjalanan. Premi yang dibayarkan tersebut nantinya dapat dikonversikan sebagai bentuk tanggungan dalam membayarkan biaya pengobatan atau santunan akibat kecelakaan perjalanan. []


Baca Juga

Berita terkait
Cara Menghitung Premi Asuransi Properti
Agar lebih jelas mengenai perhitungan asuransi properti, simak faktor penentu dan simulasinya berikut ini.
Mengenal Apa Itu Asuransi Properti All Risk
Masih banyak anggapan bahwa asuransi properti adalah hal yang kurang penting atau asuransi itu hanya diperuntukan bagi skala industry saja.
Wajib Tahu! Berikut Hukum Asuransi Syariah Menurut MUI
Prinsip asuransi secara umum bermaksud untuk memberikan proteksi atau perlindungan terhadap risiko kerugian finansial di masa depan.
0
Film Agak Laen Siap Tayang di Bioskop Awal Tahun 2024
Film ketiga dari rumah produksi Imajinari bertajuk “Agak Laen” garapan sutradara Muhadkly Acho pasalnya akan tayang pada awal tahun 2024.