Mengenal Jenis Lampu pada Kendaraan Bermotor

Lampu merupakan salah satu elemen terpenting dari kendaraan bermotor. Berikut ini merupakan jenis-jenis lampu yang beredar dipasaran saat ini.
Ilustrasi - Lampu kendaraan. (Foto: Tagar/unsplash/@murilog8)

Jakarta – Lampu merupakan salah satu elemen terpenting dari kendaraan bermotor. Seperti yang kita ketahui jika lampu berguna menerangi jalan dimalam hari dan juga memberi isyarat kepada pengguna jalan lain.

Berkendaraan dimalam hari adalah kegiatan yang biasa dilakukan orang-orang saat ini. Oleh karena itu lampu memegang peranan yang sangat penting untuk membantu pengendara supaya dapat berkendara secara aman.

Baik kendaraan roda dua maupun lebih sangatlah mengandalkan lampu utama mereka disaat melewati jalanan yang gelan apa lagi medan yang ekstrim. Namun taukah kalian jika lampu kendaraan yang umun dipasaran memiliki beberapa jenis dan tipenya. Berikut ini merupakan jenis-jenis lampu yang beredar dipasaran saat ini.


1. Lampu Halogen

Lampu kendaraan halogen masih sangat sering ditemui dijalanan dan dipasaran. Ciri dari lampu halogen ini adalah waranya yang cenderung oranye dan tidak putih. Cara kerja lampu halogen ini seperti lampu pijar yaitu menggunakan filamen pada suhu yang tinggi.

Kelebihan dari lampu ini adalah harganya yang mudah dan mudah ditemui dipasaran. Lampu ini juga memiliki kelebihan tembus kabut dan masih dapat menerangi jalan dengan baik disaat hujan.

Penggunaan daya yang cukup besar menjadi salah satu masalah dalam penggunaan lampu halogen ini. Lampu ini juga cenderung kalah terang dibadingkan jenis lampu yang lainnya, meskipun begitu lampu ini masih bisa diandalkan.


2. HID (Hight Intensity Discharge)

Lampu HID cukup mudah ditemui pada mobil-mobil baru saat ini. Sistem pengoperasian lampu jenis ini berbeda dengan lampu halogen, jika lampu halogen menggunakan filamen untuk menghasilkan cahaya lampu HID menggunakan Xenon yang berada dalam tabung.

Keunggulan dari lampu ini adalah lebih terang dibandingkan lampu halogen dan masa pakai yang cenderung lebih lama. Namun kelemahan lampu jenis ini adalah jika lampu lain akan mati dan harus diganti, lampu ini cenderung meredup sehingga kualitas pencahayaan kurang maksimal.

kekurangan lainnya juga pemasangan lampu ini yang agak rumit karena memerlukan ballast untuk menyeimbangkannya.


3. LED (High Emitting Diodes)

Lampu jenis LED merupakan lampu yang paling disarankan jika ingin berpergian jarak jauh. Lampu ini memiliki kualitas penerangan yang sangat baik dan bisa dibilang paling baik dibandingkan jenis lampu lainnya.

Jika kalian ingin mengganti lampu sangat disarankan untuk menggunakan lampu jenis LED ini, lampu ini memiliki kelebihan cahaya yang sangat bagus dan pemasangan yang mudah. Penggunaan daya pada lampu LED juga sangat kecil membuat lampu ini dikatakan hemat daya dan memiliki umur yang panjang.

Kekurangan dari lampu ini adalah harganya yang mahal, meskipun dengan haraga yang mahal lampu ini sangat sesuai dengan kualitas yang diberikannya.

Setelah mengetahui jenis lampu pada kendaraan, ada hal lain yang perlu diperhatikan pengendara sebelum berkendara yaitu jangan lupa mengatur lampu kendaraan anda. Mengatur tinggi rendahnya cahaya sangat diperlukan supaya lampu anda tidak menggangu pengendara lainnya.

(Dimas Rafika)

Berita terkait
Pebalap Motor Asal Bogor Berikan Perak untuk Jabar di PON XX
Ketua IMI Korwil Kabupaten Bogor, Aan Triana Al Muharom mengapresiasi pebalap motor asal Bogor yang berikan perak untuk Jabar di PON XX Papua.
5 Tips Sebelum Anda Memutuskan Membeli Motor Bekas
Motor bekas saat ini cukup banyak diminati oleh masyarakat harganya yang lebih murah dari pada harga barunya. Berikut tips sebelum membelinya.
Tips Membeli Motor Honda PCX secara Kredit di Marketplace
Membeli motor Honda PCX sudah bisa dilakukan secara online dengan memanfaatkan marketplace.
0
Mengenal Jenis Lampu pada Kendaraan Bermotor
Lampu merupakan salah satu elemen terpenting dari kendaraan bermotor. Berikut ini merupakan jenis-jenis lampu yang beredar dipasaran saat ini.