Mengenal Bahaya DLBCL, Kanker Langka yang Diderita Ari Lasso

Peluang mengidap DLBCL juga dapat meningkat jika Anda memiliki penyakit autoimun, atau sistem kekebalan Anda melemah dengan cara lain.
Ilustrasi sel kanker. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Musisi Ari Lasso menderita kanker DLBCLl dan telah melakukan operasi, kanker langka tersebut menyerang bagian limpa. Meski limpanya diangkat dengan vonis kanker langka, Ari Lasso masih bersyukur karena penyakitnya itu termasuk bisa disembuhkan.

Dilansir dari WebMD, DLBCL atau Diffuse large B-cell lymphoma adalah kanker yang dimulai pada sel darah putih yang disebut limfosit. Biasanya tumbuh di kelenjar getah bening - kelenjar seukuran kacang polong di leher, selangkangan, ketiak, dan di tempat lain yang merupakan bagian dari sistem kekebalan Anda.

DLBCL tumbuh cepat, tetapi 3 dari 4 orang bebas penyakit setelah pengobatan dan sekitar setengahnya sembuh. Dan para peneliti sedang bekerja untuk membuat perawatan menjadi lebih baik.

Ada dua jenis limfoma, yakni Hodgkin dan non-Hodgkin. Keduanya tumbuh dan merespons pengobatan secara berbeda. DLBCL adalah limfoma non-Hodgkin yang paling umum.

Dokter tidak tahu apa yang menyebabkan DLBCL dan limfoma non-Hodgkin lainnya. Namun ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko, antara lain:

  • Setengah baya atau lebih tua (rata-rata, orang didiagnosis dengan DLBCL pada usia 64 tahun)
  • Seorang pria
  • Bukan orang Asia atau Afrika-Amerika
  • Peluang mengidap DLBCL juga dapat meningkat jika Anda memiliki penyakit autoimun, atau sistem kekebalan Anda melemah dengan cara lain.

Tanda pertama DLBCL sering berupa benjolan di selangkangan, ketiak, atau leher Anda. Ini cenderung tumbuh dengan cepat dan bisa menyakitkan atau tidak. Pada sekitar 40 persen orang, DLBCL muncul di area lain seperti perut atau usus Anda. Beberapa gejala yang paling umum antara lain demam, keringatan saat malam hingga basah kuyup, penurunan berat badan, nyeri Perut, terasa tekanan atau nyeri di dada, sesak napas atau batuk, dan gatal.

Gejala awal adanya DLBCL sering berupa benjolan di selangkangan, ketiak, atau leher Anda. Hal ini cenderung tumbuh dengan cepat dan mungkin menyakitkan atau tidak. Pada sekitar 40 persen orang, DLBCL muncul di area lain seperti perut atau usus Anda. 

Jenis pengobatan yang tepat untuk kanker DLBCL tergantung pada hal-hal seperti usia Anda, kesehatan umum Anda, stadium dan subtipe kanker, dan tempat penyebarannya. Dokter menggunakan angka yang disebut skor IPI yang memperhitungkan ini untuk memutuskan seberapa serius kanker Anda. Perawatan paling umum untuk memulai disebut R-CHOP, kombinasi obat dan pil IV, diberikan dalam siklus, biasanya setiap 3 minggu. Semakin serius kanker Anda, semakin banyak siklus yang Anda perlukan. []


Baca Juga :

Olahraga yang Cocok untuk Penderita Kanker Payudara

Zat Berbahaya Rokok Sebabkan Kanker Paru

Waspadai, Tanda-tanda Kanker Payudara Mulai Menyerang

Ciri-ciri Kanker Rahim yang Harus Diketahui





Berita terkait
Pengakuan Ari Lasso Soal Sakit Tumor Langka yang Dialaminya
Ari Lasso bersyukur, kankernya bisa diangkat. Namun ia masih harus menjalani kemoterapi sebagai perawatan lebih lanjut.
Cerita Ari Lasso Menikah Tiga Kali
Ari Lasso mengaku kesulitan mengingat tanggal pasti pernikahan lantaran momen sakral tersebut dilangsungkan sebanyak tiga kali.
Ari Lasso Sumbang 10 Ribu Masker, Risma Semringah
Wajah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini langsung semringah ketika menerima bantuan 10 ribu masker merah putih dari Ari Lasso.
0
Mengenal Bahaya DLBCL, Kanker Langka yang Diderita Ari Lasso
Peluang mengidap DLBCL juga dapat meningkat jika Anda memiliki penyakit autoimun, atau sistem kekebalan Anda melemah dengan cara lain.