UNTUK INDONESIA
Mengenal Ayurha Anjani, Dara Multitalenta Asal Sulawesi
Ayurha Anjani Sanjaya memiliki suara yang merdu dan merupakan pelatik karate. Dia baru saja menggapai gelar sarjana dengan predikat cum laude.
Ayurha Anjani Sanjaya saat bernyanyi di acara wisuda bersama Rektor UNM (Tagar/Aan Febriansyah).

Makassar - Ayurha Anjani Sanjaya tidak hanya memiliki paras cantik dan bersuara merdu. Ternyata wanita yang baru saja diwisuda ini merupakan salah satu atlet karate kebanggaan Sulawesi Selatan. 

11 September menjadi hari yang begitu membahagiakan baginya. Ayurha, sapaannya, berhasil menyabet gelar sarjana dengan rentang waktu yang tidak lama. Dia juga berhasil menjadi salah seorang wisudawati terbaik di Program Studi Pendidikan dan Kepelatihan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar (UNM). 

Nilai indeks prestasi komulatif yang diraihnya saat dinyatakan lulus dari kampus tersebut adalah 3,52. Predikat cum laude pun berhasil Ayurha gapai, tanpa ia sangka, karena pada saat yang bersamaan dia kerap sibuk menjalani beberapa rutinitas berbeda, seperti dalam dunia tarik suara dan menjadi altlet karate.

Tahun 2018 menjadi juara turnamen Karate Nasional yang berlangsung di Makassar, dan piala Mendagri menjadi juara keempat.

"Sejak tingkat sekolah dasar, Saya sudah mencintai olahraga bela diri karate. Terus pada tahun 2009 saya tidak hanya latihan biasa, namun juga menekuni kegiatan karate secara profesional," kata Ayurha dengan tawa girangnya sambil memegang ijazah, di UNM Makssar, Rabu, 11 September 2019.

Anak keempat dari lima bersaudara ini mengaku, di lain sisi menggeluti olahragawati sekaligus penyanyi, namun dia berhasil menjaring beberapa medali membanggakan dari tingkat nasional, hingga tingkat regional menjadi koleksiannya.

"Pada tahun 2017 lalu, Saya menjadi juara dua nasional kejuaraan karate tingkat Nasional Ikatan Karate-Do, terus pada tahun 2018 menjadi juara turnamen Karate Nasional yang berlangsung di Makassar, dan piala Mendagri menjadi juara keempat pada tahun 2016," ujar Ayurha.

Wanita yang memimpikan dapat menjadi bagian dari Korps Wanita Angkatan Darat (AD) ini tercatat menjadi pelatih juga di berbagai instansi, termasuk instansi AD. Selain melatih banyak orang, Ayurha mengaku juga membuka kelas untuk les privat.

Dara kelahiran tahun 1998 ini juga memiliki prestasi di bidang tarik suara. Dia mengaku pernah menjadi juara pertama di ajang musikalisasi puisi tingkat Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, yang berlangsung pada tahun 2015 silam.

Kemudian dia sempat ambil bagian dalam peserta seleksi musikalisasi puisi tingkat nasional tahun 2017. Berawal dari iseng, Ayurha mampu menempa bakat lain, untuk memperbanyak opsi pijakan selanjutnya.

"Dulu sering menyanyi hanya di kamar mandi rumah saja. Tetapi karena banyak yang memuji, akhirnya Saya terus latihan dan mencoba menjadi profesional di bidang tarik suara," ucap wanita berambut pendek ini.

Agenda Padat Membuatnya Sempat Diterpa Stres

Ayurha Anjani Sanjaya MakassarAyurha Anjani Sanjaya memperlihatkan toganya (Foto: Tagar/Aan Ferbriansyah)

Perjuangan untuk meraih gelar sarjana bukan hal yang mudah bagi Ayurha, meski berhasil menamatkan studi sarjana hanya 3 tahun 10 bulan saja, putri pasangan Ansar Sijaya dan Nurhaeni ini mengaku pernah suatu waktu sempat dirundung stres, karena jadwal kuliah dan jadwal pertandingan karatenya bertabrakan.

"Dulu itu pernah ada dalam satu pekan banyak pertandingan karate, baru selesai satu event, ada event lain lagi yang harus diikuti. Sementara di jadwal kuliah, juga bertepatan dengan ujian semester di mana ujiannya juga tidak bisa susulan, hingga akhirnya hampir semua nilai mata kuliah saya error. Pas tahu itu, saya sempat down beberapa saat," tutur Ayurha.

Seingatnya agenda yang sangat dilematik adalah saat ingin ujian proposal, namun pada saat yang bersamaan dia terlanjur meneken kontrak untuk menyanyi di luar Makassar. Ayurha harus mengorbankan salah satu.

"Hari itu mau tidak mau, saat itu ujian proposal saya tunda dan meminta izin untuk memenuhi undangan job yang sudah beberapa lama dijadwalkan. Saat itu hampir seminggu saya berada di luar Makassar," ucapnya.

Hapir tiba digaris finish kuliah, Ayurha kerap mendapat sokongan motivasi positif dari lingkungan sekitarnya. Mereka menyemangati untuk meneruskan fokus untuk ujian proposal.

"Saya sudah mau menyerah dan pasrah tidak selesai dalam waktu yang cepat, tapi ada banyak orang-orang di belakang saya yang mendorong untuk tetap melanjutkan perjalanan untuk menyelesaikan pendidikan," tuturnya dengan nada riang

Ayurha mengaku tidak pernah menyangka bisa lulus kuliah di bawah empat tahun, karena harus membagi waktu pendidikan dengan hobi secara bersamaan. Kegigihan, menurut dia, sangat berpengaruh untuk menjadi pribadi yang sukses.

"Alhamdulillah pas sehari jelang masuk pergantian semester, Saya bisa melakukan ujian tertutup. Saat itu juga Saya berada di kampus mulai pagi hingga malam, sebelum gerbang kampus ditutup," tutur wanita yang memulai kuliah pada tahun 2015.

Ayurha Anjani  MakassarAyurha Anjani Sanjaya bersama keluarga di acara wisuda bersama Rektor UNM (Tagar/Aan Febriansyah).

Tagar mencoba mencari tahu siapa saja yang berperan atas kelulusan Ayurha. Sebab, menurut gadis yang lahir di Kabupaten Gowa ini, dia bisa lulus dan berdiri mengenakan toga, berkat sahabatnya dan orang tua, yang tidak pernah bosan memberi semangat, mulai dari mengurus persiapan ujian proposal, hingga ujian tertutup.

"Mereka menemani saya tidak hanya di kampus, tapi juga menemani saya ke lokasi tempat penelitian akhir saya di Kabupaten Gowa," kata dia.

Tanpa dorongan semangat dari sahabat-sahabatnya, Ayurha menyatakan, bisa jadi dirinya saat ini belum diwisuda. Menurutnya, banyak urusan yang ia tidak bisa dikerjakan sendiri dan kerap dibantu teman-teman di kampus.

"Mulai dari support-nya, bantu tanya ini dan itu ke kampus, bantu koreksi hasil revisi, dan temani kerja skripsi sampai selesai," ujarnya.

Wanita yang sewaktu kecil bercita-cita ingin menjadi polisi wanita ini mengakui, dirinya bukanlah sosok yang rajin dalam hal mengerjakan tugas-tugas semasa kuliah.

"Rada kurang rajin kerjain tugas, mungkin iya karena kadang kalau ada tugas dari kampus, Saya kadang kerja, terus suka bergaul sama senior-senior di kampus, atau kalau di kampus suka nyanyi bareng-bareng sama teman-teman di kantin," ucapnya.

Bakat Menyanyi dari Ayah

Ayurha MakassarAyurha Anjani Sanjaya saat bernyanyi di acara wisuda bersama Rektor UNM (Tagar/Aan Febriansyah).

Bakat Ayurha di bidang tarik suara, telah dibuktikannya di atas podium wisuda, berduet dengan rektor UNM Husain Syam. 

Sedang riang gembira, dia turut menghibur ribuan peserta wisudawan dan wisudawati di aula wisuda dengan suaranya yang merdu.

Untuk menonjolkan keindahan suaranya, Ayurha menyanyikan dua tembang milik penyanyi barat Adele serta melantunkan lagu legendaris milik Pance F Pondang.

Ibunda Ayurha, Nurhaeni sempat kaget karena sebelumnya tidak menerima pemberitahuan apabila putrinya bakal menghibur para peserta wisuda lainnya. 

"Sempat kaget juga melihat anak saya menyanyi di depan umum. Sebab tidak ada pemberitahuan sebelumnya juga baik dari Ayurha maupun oleh panitia," ujarnya tersipu malu.

Nurhaeni menuturkan, bakat menyanyi yang dimiliki Ayurha tak lain turun dari sang ayah, Ansar Sijaya. Menurut dia, sejak dulu memang suaminya dikenal sebagai pria yang kerap menyanyi dari panggung ke panggung.

"Saya juga bangga, memang Ayurha kalau di rumah suka menyanyi dan suara juga merdu," kata Ansar melanjutkan kisah istrinya.

Meski suara yang dimiliki Ayurha bisa membuatnya menjadi penyanyi profesional, tetapi Ansar berharap agar anaknya ini bisa melanjutkan pendidikan dengan memegang titel S-2 dan ilmu yang dimiliki dapat bermanfaat bagi orang banyak

"Harapannya bisa lanjut magister. Dan ilmu yang telah didapakan selama ini bisa diaplikasikan di tengah masyarakat," jelas Ansar. []

Berita terkait
Siswi Cantik Peraih Medali Turnamen Karate di Gowa
Siswi kelas 1 SMA di Kabupaten Gowa ini meraih medali emas pada turnamen Karate Bupati Cup
Anggota DPRD Parepare Paling Cantik
Apriyani Jamaluddin, Perempuan berusia 37 tahun untuk kedua kalinya terpilih sebagai anggota (DPRD) Kota Parepare, selain pintar dia juga cantik.
Tiga Anggota DPRD Jawa Tengah Tercantik
Sebanyak 120 anggota DPRD Jawa Tengah (Jateng) periode 2019-2024 resmi dilantik di Gedung Berlian,Kota Semarang, pada Selasa, 3 September 2019.
0
Man United Gagal Menang, Lallana Selamatkan Liverpool
Manchester United kembali gagal menang setelah ditahan Liverpool 1-1 di laga Liga Premier Inggris di Old Trafford, Minggu 21 Oktober 2019.