Mengapa Orang yang Sudah Divaksin Harus Tetap Menggunakan Masker?

Saat ini, masker diklaim sebagai benda yang sangat penting, juga mudah ditemukan dan dipakai.
Ilustrasi masker. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), merekomendasikan agar orang yang sudah divaksinasi lengkap tetap menggunakan masker dimanapun. Meski di dalam ruangan.

Hal ini dikarenakan beberapa varian baru Covid-19 yang kasusnya semakin meningkat, seperti varian Delta dan Omicron di berbagai negara Eropa.

Masker diklaim sebagai benda yang sangat penting, juga mudah ditemukan dan dipakai.

Dikutip dari situs The Healthy, berikut ini alasan mengapa orang yang sudah divaksinasi lengkap, harus tetap menggunakan masker meski di dalam ruangan.


1. Kasus Covid-19 semakin melonjak

Kasus Covid-19 terus melonjak setiap harinya. Di Amerika Serikat sendiri rawat inap Covid-19 lebih banyak di tahun ini daripada tahun lalu.

Sampai saat ini, sudah lebih dari 40 juta orang di Amerika Serikat yang terinfeksi SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19.

Bahkan orang sudah divaksin pun tetap bisa terkena virus ini. Bahkan menurut Dr. Ravina Kullar, hanya butuh 1 detik untuk terinfeksi jika anda melakukan kontak dengan orang yang positif Covid-19.


2. Vaksin tidak sepenuhnya melindungi bagi beberapa orang

Vaksin belum tentu bekerja baik bagi sebagian orang. Orang yang memiliki sistem kekebalan yang lemah karena mereka menggunakan obat imunosupresif setelah transplantasi organ, menjalani kemoterapi, menderita HIV/AIDS, atau kondisi lain tidak mendapatkan perlindungan sebanyak orang lain.


3. Kekebalan vaksin semakin berkurang seiring berjalannya waktu

 Ada sebuah bukti yang menunjukkan bahwa kekebalan vaksin akan berkurang seiring berjalannya waktu. Inilah sebabnya mengapa Amerika Serikat menginginkan adanya booster vaksin pada bulan September lalu.


4. Masker efektif melindungi diri anda dari berbagai virus 

Berbagai penelitian mengkonfirmasi bahwa masker bekerja untuk memperlambat infeksi Covid-19. Tidak ada yang tahu persis berapa banyak, tetapi penelitian menunjukkan pengurangan bisa setinggi 70 persen, 80 persen, atau lebih tinggi. Tetapi Anda harus memiliki masker yang tepat dan memakainya dengan benar. Masker bedah dan N95 atau KN95, dianggap sebagai masker yang paling bagus kualitasnya untuk melindungi diri dari virus. []


Baca Juga



Berita terkait
Inilah Jenis Masker Terbaik untuk Mencegah Paparan Omicron
Masker yang tidak menutupi hidung dan mulut dengan perlindungan yang baik, tidak dapat mencegah paparan Omicron.
Mengapa Vaksinasi Anak Dilakukan di Sekolah? Ini Alasannya
Alangkah lebih baik jika vaksinasi di sekolah juga menghadirkan orang tua agar bisa menyaksikan.
Cara Membuat Masker Kain Tanpa Mesin Jahit
Penggunaan masker jenis apapun menjadi sangat penting dalam situasi Covid-19. kita bisa membuat masker sendiri dari pada membeli setiap saat.