Pemerintah Kota Makassar

5 Buah Asli Indonesia yang Jarang Diketahui

Buah-buahan ini belum banyak diketahui karena musim panennya yang jarang dan juga bertempat di daerah pedalaman di Indonesia.
Ilustrasi buah-buahan. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta – Indonesia merupakan negara tropis yang terkenal dengan keanekaragaman hayatinya. Karena keberagaman tersebut Indonesia memiliki buah-buahan yang unik dan melimpah, bahkan belum banyak orang mengetahuinya. Buah-buahan ini belum banyak diketahui karena musim panennya yang jarang dan juga bertempat di daerah pedalaman di Indonesia.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 buah asli Indonesia yang jarang diketahui.


1. Kecapi

Buah dengan nama ilmiah sandoricum koetjape atau biasa disebut dengan kecapi, memiliki bentuk pipih dengan diameter sekitar enam centimeter, serta warna kulit buah yang kuning keemasan dan memiliki bulu halus. Buah ini memiliki rasa manis dan asam yang mirip seperti manggis. Kecapi biasanya banyak ditemukan di Kalimantan tepatnya Banjarmasin.


2. Buni

Buah buni dapat dijumpai di daerah Jawa Barat tepatnya di Bogor. Biasanya buah ini sering digunakan sebagai campuran bumbu rujak di daerah Bogor. Buah buni memiliki ciri khas yaitu buahnya berada dalam satu tanda dan mirip cranberry. Buah ini memiliki warna kuning, merah, dan hitam kemerahan yang bergantung pada tingkat kematangan buah tersebut.


3. Kelubi

Buah kelubi merupakan buah yang menyerupai salak, bahkan buah ini sering dijuluki sebagai salak rimba. Kelubi memiliki nama latin Eleiodoxa conferta yang memiliki rasa sangat asam dan mengandung banyak vitamin C. Buah ini biasanya ditemui di Lampung, Sumatera Selatan, Riau dan Kalimantan Timur.


4. Wanyi

Buah wanyi merupakan buah yang bentuknya mirip seperti buah kedondong dan mangga muda. Buah ini memiliki daging buah berwarna putih dan bertekstur lembut, serta rasa yang mirip dengan tapai. Buah wanyi memiliki dua jenis yakni, wanyi asam dan wanyi manis. Buah ini biasanya banyak ditemukan di daerah Kalimantan.


5. Manau

Buah manau merupakan buah dari pohon rotan dan banyak ditemukan di Kepulauan Bangka, Kepulauan Belitung, Pulau Sumatra dan Kalimantan. Buah ini memiliki rasa asam manis dan biasanya diolah menjadi asinan. []

(Fadhil Ramadhan)


Baca Juga





Berita terkait
Berikut Resep Olahan Buah Naga yang Patut Dicoba
Selain dikonsumsi langsung sebagai pelengkap menu harian, buah naga bisa diolah ke berbagai hidangan tidak kalah menggoda lidah antara lain:
Buah-buahan yang Baik Dikonsumsi Saat Menjalani Diet
Konsumsi buah bisa membantu menurunkan berat badan karena kandungan seratnya, sehingga membuat rasa kenyang lebih lama dan menekan rasa lapar.
Bolehkah Buah Dicampur Susu? Ini Penjelasannya
Konsumsi buah dan susu bersamaan dianggap bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan.
0
5 Buah Asli Indonesia yang Jarang Diketahui
Buah-buahan ini belum banyak diketahui karena musim panennya yang jarang dan juga bertempat di daerah pedalaman di Indonesia.