Cara Membuat Masker Kain Tanpa Mesin Jahit

Penggunaan masker jenis apapun menjadi sangat penting dalam situasi Covid-19. kita bisa membuat masker sendiri dari pada membeli setiap saat.
Ilustrasi masker kain. (Foto: Tagar/Freepik/@svetlanasokolova)

Jakarta - Melonjaknya kasus positif Covid-19 membuat banyak pihak semakin khawatir. Terbaru, Pemerintah telah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa dan Bali per 3 Juli 2021. 

Jadi, pastikan tetap menjaga jarak atau social distancing dengan sesama untuk mencegah penyebaran virus. Penggunaan masker jenis apapun menjadi sangat penting dalam situasi Covid-19. Tak ada salahnya juga kita bisa membuat masker sendiri yang lebih efisien dibanding harus membelinya setiap saat. 

Yuk, cari tahu beberapa cara membuat masker kain tanpa perlu mesin jahit berikut ini.

Untuk membuat masker kain yang lebih efektif, kamu bisa mengikuti langkah ini.

  • Sisipkan kertas filter kopi ke bagian dalam masker kain: Kertas filter kopi dapat membantu menghalang partikel kecil.
  • Gunakan kain berbahan rapat dengan seratus persen katun: Biasanya saat meregang, bahan kain tidak menghasilkan lubang besar, contohnya kain perca, sarung bantal, dan kain tirai.


Masker dari Kain Perca dan Karet

Salah satu cara membuat masker kain tanpa mesin jahit (dan jarum pentul) adalah dengan menggunakan ikat rambut sehari-hari. Teknik ini sangat mudah dan hanya membutuhkan waktu pengerjaan satu menit, cocok kalau tiba-tiba butuh masker nih.

Bahan:

  • Kain perca (bentuk kotak sekitar 50 x 50 cm
  • 2 buah Karet atau ikat rambut


Cara Membuat Masker dari Kain Perca dan Karet.

  • Lipat kain menjadi dua
  • Lalu lipat bagian bawah ke atas, dan bagian atas ke bawah hingga kedua bagian bertemu di tengah.
  • Untuk lingkaran telinga: Masukkan dua ikat rambut di bagian ujung kiri dan kanan. Pindahkan beberapa cm ke bagian tengah, dan tetap sisihkan jarak 15 cm di antara kedua ikat rambut.
  • Lipat bagian ujung kiri dan kanan kain ke bagian tengah hingga saling bertumpang tindih. Lalu masukkan ujung yang satu ke dalam ujung yang lainnya.
  • Gunakan bagian kain permukaan yang halus sebagai bagian luar masker. Kalau masker kain terlalu ketat, atur posisi karet agar berjarak lebih jauh satu dengan yang lainnya. []


Baca Juga: Kapolda Metro: Tidak Pakai Masker Bisa Mati

Berita terkait
Wiku: Jangan Dobel Masker Medis, Kombinasikan dengan Kain
Wiku Adisasmito mengatakan masker medis bisa dijadikan lapisan pertama, kemudian dirangkap dengan masker kain.
7 Negara yang Izinkan Warganya Lepas Masker
Sejumlah negara dunia sudah mengizinkan warganya untuk melepaskan masker di tempat umum dan sudah melonggarkan protokol kesehatan di negaranya.
Kunker: Ketua Umum TP PKK Serahkan Bantuan Masker di Berau
Ketua Umum Tim Penggerak PKK Tri Tito Karnavian dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, menyerahkan bantuan masker.
0
Cara Membuat Masker Kain Tanpa Mesin Jahit
Penggunaan masker jenis apapun menjadi sangat penting dalam situasi Covid-19. kita bisa membuat masker sendiri dari pada membeli setiap saat.