Mendagri Optimis Kekayaan SDA di Banggai Bisa Tingkatkan PAD

Kabupaten Banggai memiliki potensi yang luar biasa, diantaranya sektor pangan, pertambangan, minyak, dan gas bumi.
Mendagri Tito Karnavian (Foto: setkab.go.id/Dokumentasi Humas Setkab)

Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian didampingi Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar, melakukan ke Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Pada kesempatan ini, Mendagri meminta Kabupaten Banggai memanfaatkan peluang kekayaan sumber daya alam (SDA) untuk menggenjot sektor penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) karena realisasi pendapatan Kabupaten Banggai yang lebih kecil dari belanjanya. Apalagi setelah turunnya pendapatan yang bersumber dari dana transfer Pemerintah Pusat akibat adanya refocusing dalam rangka penanganan pandemi Covid-19.

“Kami menyarankan kepada Bapak Bupati agar ada upaya untuk meningkatkan pendapatan,” kata Mendagri di Kantor Bupati Banggai, Sulawesi Tengah, Sabtu, 25 September 2021.



Banyak sekali sebetulnya potensi-potensi yang bisa dikembangkan di sini, kekayaan sumber daya alam yang ada ini dapat dimanfaatkan.



Menurut Mendagri, Kabupaten Banggai memiliki potensi yang luar biasa, contohnya, sektor pangan yang tetap bisa tumbuh positif di tengah pandemi. 

Selain itu, juga terdapat potensi di sektor pertambangan, minyak dan gas bumi, dan lainnya.

“Banyak sekali sebetulnya potensi-potensi yang bisa dikembangkan di sini, kekayaan sumber daya alam yang ada ini dapat dimanfaatkan,” ujar Mendagri.

Mendagri meyakini, Kabupaten Banggai dapat bangkit dan memulihkan sektor ekonomi. Apalagi, menurut Mendagri, Bupati Banggai memiliki spirit dan antusiasme untuk membuat lompatan dalam membangun Kabupaten Banggai, namun tetap megendalikan penanganan pandemi dan menjaga perekonomi di daerahnya agar tetap hidup. []


Baca Juga : 





Berita terkait
Mendagri Minta Pemerintah Daerah Berinovasi Meningkatkan PAD
Hampir sebagian besar pendapatan daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota hingga 17 September 2021, masih di bawah 65 persen.
Ditjen Politik dan PUM Kemendagri Gelar Bimtek Kehumasan
Sekretaris Ditjen Politik dan PUM, Imran mengatakan bahwa Bimbingan Teknis Online ini ditujukan untuk segenap aparatur yang menjadi PIC kehumasan.
Kemendagri Dukung Penyelengaraan Urusan Pemerintahan di Bidang Perpustakaan
Kemendagri mendukung penuh penyelengaraan urusan pemerintahan di bidang perpustakaan melalui regulasi yang dikeluarkan.
0
Mendagri Optimis Kekayaan SDA di Banggai Bisa Tingkatkan PAD
Kabupaten Banggai memiliki potensi yang luar biasa, diantaranya sektor pangan, pertambangan, minyak, dan gas bumi.
5 Fakta Tentang Lord Adi
Opini: Yusril Bukan Kuasa Hukum Moeldoko