Kemendagri Dukung Penyelengaraan Urusan Pemerintahan di Bidang Perpustakaan

Kemendagri mendukung penuh penyelengaraan urusan pemerintahan di bidang perpustakaan melalui regulasi yang dikeluarkan.
Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Bahtiar. (Foto: Tagar/Kemendagri)

Jakarta - Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Bahtiar menyatakan dalam sambutannya selama tiga tahun terakhir, Kemendagri mendukung penuh penyelengaraan urusan pemerintahan di bidang perpustakaan melalui regulasi yang dikeluarkan.

Acara yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI ini mempunyai tujuan untuk memberi apresiasi kepada Pemerintah Daerah berupa penghargaan tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka yang diselenggarakan di Gedung Teater Perpustakaan Lantai 2, Perpusnas RI pada Selasa, 14 September 2021. 


Dari sisi pengembangan kelembagaan kami dukung kemudian dari sisi penganggaran pedoman penyusunan APBD.


Hal ini dilakukan Kemendagri sebagai pembina dan pengawas penyelenggara pemerintahan daerah, untuk memastikan pemerintahan daerah memiliki legal standing mendukung program perpustakaan dan pengembangan perpustakaan di daerah.

"Dari sisi pengembangan kelembagaan kami dukung. Kemudian dari sisi penganggaran, pedoman penyusunan APBD," ujar Bahtiar.

Ia juga mengatakan Perpusnas memiliki kelebihan dibandingkan instansi lain yakni netral. Perpusnas bisa menjangkau eksekutif, yudikatif, legislatif, baik di level pusat maupun daerah.

Oleh karena itu, ia mengusulkan agar diberikan penghargaan untuk para pihak di bidang yudikatif baik di tingkat pusat maupun daerah, dan juga lembaga legislatif. []


Berita terkait
Sesditjen Politik & PUM Dampingi Kunker Mendagri ke Papua
Mendagri Tito Karnavian mengatakan, Merauke sudah bisa dimekarkan menjadi provinsi Papua Selatan meskipun hanya sebanyak empat kabupaten.
Menko Polhukam dan Mendagri Kunjungi Perbatasan RI-PNG
PLBN Sota juga bisa dijadikan sebagai objek wisata yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat.
Sekretaris Ditjen Politik dan PUM Dampingi Kunker Mendagri
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menkopolhukam Mohammad Mahfud melaksanakan monitoring lanjutan dan hari terakhir Kunjungan Kerja.
0
Kemendagri Dukung Penyelengaraan Urusan Pemerintahan di Bidang Perpustakaan
Kemendagri mendukung penuh penyelengaraan urusan pemerintahan di bidang perpustakaan melalui regulasi yang dikeluarkan.