UNTUK INDONESIA
Menakjubkan, 9 Manfaat Garam untuk Mempercantik Diri
Garam memiliki banyak manfaatnya, tak terkecuali meningkatkan kesehatan tubuh dan kulit. Berikut khasiat garam untuk kecantikan.
Garam untuk mempercantik diri. (Foto: medium.com)

Jakarta - Garam bisa dimanfaatkan untuk mempercantik diri. Sebab, sejumlah kandungannya seperti mineral, magnesium, natrium, kalsium, dan kalium sangat berperan penting dalam proses meningkatkan kesehatan tubuh dan kulit. 

Berikut Tagar rangkumkan manfaat atau khasiat garam untuk kecantikan. 

1. Toner

Garam bisa dimanfaatkan sebagai toner untuk kulit wajah. Dikarenakan, garam dapat membantu membersihkan pori-pori kulit. 

Selain itu, butiran kecil ini bisa menyeimbangkan produksi minyak dalam kulit, sekaligus menghalau bakteri yang bisa memicu timbulnya jerawat.

2. Menenangkan Kulit

Sama halnya dengan madu, garam juga memiliki banyak kandungan anti inflamasi di dalamnya.

Kandungan tersebut berfungsi untuk menenangkan kulit, jerawat dan iritasi yang terjadi pada kulit. Garam juga membantu menahan hidrasi dan menyeimbangkan produksi minyak di lapisan kulit.

3. Meremajakan Kulit

Garam juga dapat meremajakan kulit. Terlebih, jika dikombinasikan dengan lidah buaya dan lavender, maka fungsinya bisa membuat kulit lembab, membantu pergantian sel kulit, sekaligus berperan sebagai antiseptik alami yang meningkatkan sirkulasi.

4. Body Scrub

Garam bisa digunakan sebagai scrub alami. Bumbu dapur ini bisa mengeksfoliasi kulit dan mengangkat sel-sel kulit yang mati.

Selain itu, kandungan mineral yang ada di dalam garam dapat menghaluskan kulit dan menyimpan hidrasi di dalamnya.

5. Menghilangkan Ketombe

Bumbu dapur yang memiliki rasa asin ini, bermanfaat untuk menghilangkan serpihan ketombe yang mengganggu di rambut dan kulit kepala. 

Garam juga bisa merangsang sirkulasi agar kulit kepala menjadi lebih sehat. Selain itu, dapat menyerap minyak dan kelembaban berlebih. Hal ini dapat mencegah pertumbuhan jamur dan menghambat ketombe.

6. Menyerap Racun

Garam bisa menyerap kotoran dan racun. Bahkan, dapat membersihkan pori-pori kulit bagian dalam. Manfaat lainnya, yaitu membantu memulihkan pelindung di kulit dan menahan hidrasi. 

Kandungan magnesium pada garam juga dapat menolong mengurangi retensi air dalam tubuh, contohnya seperti kembung.

7. Pembersih Mulut Alami

Jika di rumah stok moutwash (obat kumur) sedang habis, Anda bisa mencoba menggunakan garam sebagai penggantinya.

Bumbu dapur ini bisa menjadi disinfektan yang bisa membunuh bakteri penyebab bau mulut dan radang gusi. Caranya hanya kumur-kumur saja dengan menggunakan air yang diberi garam. Larutan ini juga dipercaya sebagai obat ketika mengalami sakit gigi.

8. Pemutih Gigi

Garam dapat berfungsi sebagai alat pemutih gigi, yaitu dengan cukup mengkombinasikannya bersama baking soda.

Kedua bahan itu memang sebagai abrasif lembut yang dapat membantu proses pemutihan gigi. Hal itu dikarenakan garam memiliki sumber fluoride alami.

9. Memperkuat Kuku

Mengurangi warna kekuningan dan noda pada kuku bisa menggunakan garam. Caranya campurkan bersama baking soda dan lemon, maka kuku akan terlihat lebih sehat dan cerah. []

Baca juga:

Berita terkait
Pisang Kesukaan Vanessa Angel Rawat Kecantikan
Pisang menjadi rahasia Vanessa Angel menjaga kecantikan kulit secara alami.
Tips Memilih Serum untuk Kulit Berminyak
Kulit berminyak bagi sebagian orang dianggap bermasalah karena kulit akan rentan muncul jerawat, komedo, dan noda lainnya.
Merawat Kulit dan Rambut dengan Minyak Marula
Minyak marula berkhasiat meremajakan kulit dan bagus untuk rambut.
0
Oppo Reno 3 Unggul Fotografi Malam
Oppo Reno 3 unggul dalam fotografi malam atau jepretan pada lokasi yang minim pencahayaan.