UNTUK INDONESIA
Merawat Kulit dan Rambut dengan Minyak Marula
Minyak marula berkhasiat meremajakan kulit dan bagus untuk rambut.
Minyak Marula untuk kulit dan rambut. (Foto: pixabay)

Jakarta - Ekstrak dari sumber alami seperti tanaman dan pohoh telah ambil peran dalam perawatan kulit dan rambut. Salah satunya adalah minyak marula yang berkhasiat meremajakan kulit dan bagus untuk rambut.

Pada umumnya, orang mengetahui manfaat beberapa jenis minyak untuk perawatan kulit seperti, minyak zaitun atau minyak argan. Namun, kali ini ada minyak marula yang memainkan peran dalam perawatan kulit dan rambut, terutama dengan meningkatkan sintesis kolagen pada kulit.

Biasanya, minyak ini ada di negara Afrika Selatan. Minyak marula diekstrak dari biji buah marula dan dikenal karena khasiatnya yang meremajakan kulit. Bahkan, minyak ini telah digunakan untuk menyembuhkan luka dan mencegah pembentukan bekas luka sejak zaman kuno. 

Mengutip dari laman Boldsky, ada beberapa manfaat minyak marula yang menawarkan untuk perawatan kulit dan rambut.

Manfaat untuk Kulit

1. Menambahkan Kelembapan Kulit

Minyak marula kaya akan asam lemak seperti asam oleat dan memiliki sifat pelembap. Ini meningkatkan retensi kelembapan kulit. Dengan demikian menjaga kulit tetap lembap dan mengurangi kehilangan air dari kulit. Dan bagian terbaiknya adalah bahan yang tidak menyebabkan iritasi yang ideal untuk semua jenis kulit.

2. Mencegah Jerawat

Jerawat adalah masalah yang sebagian besar dihindari. Namun, dengan minyak marula yang mampu merawat kulit berminyak dan rawan jerawat tanpa menambahkan sifat berminyak pada kulit. Karena minyak marula mengandung antibakteri yang menjaga bakteri penyebab jerawat di teluk dan juga mencegah jerawat

Selain itu, juga mengandung zat antioksidan yang kuat seperti vitamin E dan C, yang meremajakan kulit dan menghilangkan masalah seperti jerawat.

3. Mencegah Tanda-tanda Penuaan kulit

Ketika pembentukan kolagen dan elastin pada kulit terganggu, akan terlihat kerutan dan garis-garis halus terbentuk di wajah.

Tak perlu khawatir minyak marula yang kaya dengan zat antioksidan mampu meningkatkan produksi kolagen dan elastin kulit. Ini juga mengurangi tanda-tanda penuaan kulit seperti garis-garis halus dan kerutan.

4. Menyembuhkan Bekas Luka

Kaya akan asam lemak dan vitamin C, minyak marula menembus jauh ke dalam kulit untuk meningkatkan produksi kolagen kulit dan meningkatkan penampilan kulit. Studi menunjukkan bahwa minyak marula membantu menyembuhkan dan memudarkan bekas luka di kulit.

5. Memelihara Kuku

Minyak marula adalah cara yang bagus untuk menyehatkan kuku. Ini membantu melawan kuku yang rapuh dan terkelupas dengan memperkuat dan melembabkannya. Ini akan diserap dengan cepat ke dalam kulit dan membantu menjaga kesehatan kuku dan kutikula. Caranya mudah, cukup menggosok beberapa tetes minyak di tangan.

6. Mengobati Bibir Pecah-pecah

Bibir yang pecah-pecah dapat mengganggu seluruh penampilan. Berkat sifat pelembabnya, minyak marula mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah serta membuat lembut, kenyal, dan montok.

7. Mencegah Stretch Mark 

Kaya nutrisi penting, minyak marula meningkatkan produksi kolagen di kulit dan dengan demikian meningkatkan penampilan kulit.

Selain itu, sifat melembabkan, bergizi dan penyembuhan bekas luka dari minyak marula membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi munculnya stretch mark.

Perlu diketahui, stretch mark adalah gurat peregangan dapat disebabkan oleh hal-hal di luar penyakit yang mendasari. Contohnya kehamilan, kenaikan berat badan akibat obesitas, pertumbuhan yang sangat cepat pada remaja, efek samping obat, atau peningkatan ukuran otot secara pesat melalui angkat beban.

Biasanya terlihat pada kulit bagian tubuh letak lemak terkonsentrasi seperti payudara, perut atas, lengan, paha, dan bokong.

Untuk Rambut

1. Membersihkan Rambut 

Kehadiran asam lemak dan antioksidan membuat minyak marula menjadi bahan yang bagus untuk memelihara dan membersihkan kulit. Selain itu, juga melindungi rambut dari sinar UV yang berbahaya dari matahari.

2. Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Minyak Marula memiliki sifat antibakteri yang membantu menangkal bakteri berbahaya dan dengan demikian menjaga skal bersih dan sehat.

3. Kondisi rambut

Minyak marula membantu mengurangi hilangnya kelembapan dari rambut. Ini juga merupakan bahan yang mudah menembus ke kulit kepala dan dengan demikian mengkondisikan rambut untuk melawan rambut kusut dan sulit diatur.

Cara Menggunakan Minyak Marula 

Untuk Kulit

  • Ambil beberapa tetes minyak marula di telapak tangan.
  • Panaskan dengan menggosokkannya di antara telapak tangan kita.
  • Oleskan pada wajah dan tubuh.

Untuk Rambut

  • Ambil beberapa tetes minyak di telapak tangan.
  • Pijatkan ke kulit kepala bahkan keseluruh panjang rambut.
  • Kemudian biarkan selama beberapa jam sebelum keramas. []
Berita terkait
Tips Awet Muda dengan Buah Goji Berry
Produk alami seperti halnya buah Goji Berry yang bermanfaat untuk membuat awet muda.
Tips Merawat Kulit dengan Madu dan Habbatussauda
Milenial memilih produk-produk kecantikan yakni, madu dan habbatussauda dengan manfaat manjurnya merawat kulit dan kesehatan secara alami.
Tips Kecantikan untuk Perawatan Kulit Setiap Hari
Beberapa tips kecantikan untuk perawatan kulit secara rutin, yang apabila dilakukan setiap hari akan menghindari penuaan dini.
0
Kurang Fokus, PSM Kalah Lawan Persela Lamongan
Akibat kurang fokus, PSM kembali menelan kekelahan 3-1 saat bertandang ke kandang Persela Lamongan dalam lanjutan liga 1 pekan ke 31.