Guys, Gini Nih Cara Menabung Ala Orang Jepang

Selain dikenal melek teknologi yang canggih-canggih orang Jepang juga menerapkan gaya hidup hemat dengan menabung. Nah, berikut caranya.
Ilustrasi - Menabung. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Selain dikenal melek teknologi yang canggih-canggih orang Jepang juga menerapkan gaya hidup hemat dengan tidak menghambur-hamburkan uang untuk hal yang kurang diperlukan, mereka selalu mengutamakan hal yang penting ketimbang keinginan semata. 

Nah, salah satu cara masyarakat Jepang menabung dengan menjalani metode Kakebo dengan tujuan guna mengontrol seluruh pengeluaran seminimal mungkin. Caranya juga cukup mudah, yaitu dengan mencatat setiap detil uang yang sudah mereka keluarkan dan dievaluasi setiap minggu.

Konon, katanya, setiap awal bulan, mereka akan mencatat seluruh uang yang akan digunakan selama satu bulan untuk kebutuhan sehari-hari. Dalam praktiknya, orang Jepang biasanya akan membagi pengeluaran ke dalam empat kategori, seperti.

  1. Dialihkan untuk keperluan biaya sekolah, makan, transportasi, kesehatan, cicilan dan lainnya.
  2. Akan digunakan untuk kebutuhan opsional seperti belanja hingga makan di luar.
  3. Untuk kebutuhan hiburan seperti internet, tamasya dan lain sebagainya.
  4. Pengeluaran ekstra yang bisa juga menjadi pengeluaran tak terduga.

Setelah mengalihkan pengeluaran ke empat kategori tersebut, mereka baru akan mencatat secara rinci berapa uang yang dapat disisihkan untuk ditabung. Semua pengeluaran tersebut harus dicatat setiap awal bulan agar lebih mudah jika terjadi kesalahan atau harus dikoreksi.

Pada setiap minggunya, mereka akan melakukan evaluasi apakah uang yang dikeluarkan sudah sesuai dengan pos masing-masing.

Dengan begitu, mereka jadi memiliki gambaran perihal pengeluaran harian, mingguan dan bulanan. Untuk mendukung penerapan menabung dengan menggunakan metode Kakeibo, mereka juga akan menyimpan seluruh struk belanjaan.

Menabung dengan metode Kakeibo memang terdengar kuno. Akan tetapi jika dilakukan dengan konsisten, uang di tabungan kamu akan segunung. []

Berita terkait
Tips Menabung yang Mudah dan Unik untuk Pemula
Mengumpulkan uang tidak harus di bank, kamu juga bisa melakukannya di rumah asal mengetahui tips menabung di celengan.
4 Tips Menabung Paling Mudah
Membuka rekening khusus adalah salah satu keputusan terbaik agar uangmu tak tercampur dengan uang untuk kebutuhan sehari-hari.
Tips Ampuh Menabung dengan Cepat hingga Tak Terasa
Tips menabung pertama yang bisa kita aplikasikan adalah dengan menentukan tujuan yang jelas.
0
Guys, Gini Nih Cara Menabung Ala Orang Jepang
Selain dikenal melek teknologi yang canggih-canggih orang Jepang juga menerapkan gaya hidup hemat dengan menabung. Nah, berikut caranya.