4 Tips Menabung Paling Mudah

Membuka rekening khusus adalah salah satu keputusan terbaik agar uangmu tak tercampur dengan uang untuk kebutuhan sehari-hari.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Menabung tentunya perlu dilakukan untuk mempersiapkan uang dimasa depan. Tetapi banyak dari kita yang merasa menabung merupakan suatu kegiatan yang sulit untuk dilakukan. Dengan begitu banyak yang semangat menabung hanya pada saat membuka tabungan saja, tapi seiring berjalannya waktu menjadi malas menabung. Dengan begitu maka berikut ada beberapa tips menabung untuk kamu yang sulit menabung.


1. Membuka tabungan khusus

Untuk tips berikut ini, kamu bisa membuat rekening tabungan khusus yang terpisah dari rekening utama. Hal tersebut dilakukan, dengan tujuan agar uang tabungan tidak tercampur dengan uang untuk kebutuhan sehari-hari. Sebab, jika tercampur, bisa terjadi kemungkinan kamu memakai uang tabungan secara tidak sadar. Sehingga, tiba-tiba uang tabungan bisa habis tidak tersisa. Untuk jenis rekening tabungan, saat ini sudah banyak perbankan yang mengeluarkan berbagai jenis produk tabungan.


2. Batasi atau kurangi pengeluaran

Bagi kamu yang punya gaji mepet ada dua kunci utama untuk mengurangi pengeluaran. Pertama rajin mencatat pengeluaran. Kedua, mampu membedakan kebutuhan dan keinginan. Caranya adalah kurangi frekuensi belanja secara bertahap, kurangi jajan keluar, dan beli barang disaat yang tepat.


3. Buat ‘notes’ di setiap Tabungan

Bagi beberapa orang cara yang satu ini cukup ampuh untuk diterapkan. Saat kamu ingin menerapkan tips menabung pisahkan dulu kebutuhan nabung kamu untuk apa. Saat sudah mengetahui tabungan yang kamu lakukan untuk apa, maka kamu dapat membuat notes kecil di setiap celengan tersebut sesuai dengan keperluan kamu. Cara seperti ini tentu akan mempengaruhi psikologis kamu untuk terus menabung dan menyisihkan dana kamu untuk keperluan tersebut.


4. Membuat target

Menabung bukanlah sebuah paksaan, melainkan niat tulus diri sendiri dalam mencapai keinginan. Biasanya kita akan terlalu pusing memikirkan berapa banyak uang yang harus ditabung dan yang harus dipakai. Untuk mengatasi hal itu, kita bisa menargetkan jumlah uang yang ingin ditabung. Sehingga kita masih memiliki uang untuk digunakan membeli kebutuhan yang lain meskipun sedang dalam proses menghemat uang. []

(Anfasya Qurratul Aini)


Baca Juga

Berita terkait
Tips-tips Menabung bagi Kamu Generasi Cashless
Jika ingin yang lebih konvensional, simpan uang dalam bentuk emas karena harganya yang lumayan stabil dan lebih awet tentunya.
Ini Dia 3 Cara Jitu untuk Menabung dengan Mudah
Dengan begitu banyaknya kebutuhan sehari-hari dan pengeluaran yang diperlukan, rasanya menabung menjadi hal yang semakin sulit dilakukan.
Cara Menabung Emas di Shopee
Dalam hal ini, Shopee berkolaborasi dengan PT Pegadaian (Persero) dan menerbitkan fitur tabungan emasnya.
0
Jepang dan Vietnam Pertimbangkan Pertahanan Siber Hadapi China
Dua negara Asia itu dengan cepat tingkatkan kerjasama militer di tengah adanya kekhawatiran atas langkah China memperkuat pengaruhnya di kawasan