Inilah Tips Jitu Mengenalkan Anak Soal Uang

Mengenalkan soal uang tidak diajarkan di sekolah. Pengetahuan itu akan lebih terasah saat anak Anda duduk di bangku sekolah.
Parenting (Foto:Tagar/Pixels/William Fortunato)

Jakarta - Mengenalkan soal uang tidak diajarkan di sekolah. Pengetahuan itu akan lebih terasah saat anak Anda duduk di bangku sekolah. Mereka akan diajarkan lebih lanjut dalam mengenal angka dan cara berhitung, Pengurangan, penambahan, pembagian, dan perkalian secara sederhana. 

Oleh karena itu, hendaknya para orang tua mengajarkan anak-anaknya berkenalan dan cara mengatur keuangan mereka sedari dini mungkin. Berikut ini cara-cara sederhana yang bisa Anda praktikan dalam mengenalkan anak Anda soal uang.


1. Ajak Anak Berbelanja

Mengajak anak pergi berbelanja adalah cara paling menyenangkan untuk mengajarkan anak soal uang. Anda bisa mengatakan kepada anak, bahwa jika ingin membeli harus ada uang. Selain itu, membeli sesuatu harus mengutamakan kebutuhan dan tentunya sesuai budget.

Cara ini mengajarkan anak Anda berhitung uang mereka, apakah cukup untuk membeli barang yang mereka inginkan. Dengan begitu buah hati Anda akan merasa terlibat dan secara alamiah pelajaran tersebut akan masuk dan terekam dalam memori mereka.


2. Kenalkan lewat mainan

Kenalkan permainan monopoli. Permain monopoli memiliki manfaat bukan hanya sekedar menghibur, tapi juga bisa mengajarkan anak lebih mengenal uang. Dari permainan monopoli, Anda dapat mengajarkan anak mana kebutuhan dan mana keinginan. 

Mengenalkan uang akan lebih menyenangkan lewat permainan online atau game online yang mendidik. Biasanya di game online ada koin-koin uang yang bisa Anda ajarkan pada anak, baik itu soal nominal, menambahkan dan mengurangi, atau lainnya.


3. Beri uang saku

Setelah anak mengenal nilai dan jumlah uang, Anda dapat mengajarkan anak untuk mengatur keuangan mereka. Caranya dengan memberi uang saku atau uang jajan. Anda dapat memberi jatah uang saku harian. Katakan kepada mereka bahwa jatah uang jajannya sekian untuk hari ini, bila sudah habis maka Anda tidak akan memberikannya lagi di hari yang sama. 

Dengan begitu, mereka memiliki rasa tanggung jawab untuk mengelola keuangan mereka sendiri. Jangan lupa, beritahu kepada anak untuk membelanjakan uang mereka sesuai dengan kemampuan dan kebutuhannya.


4. Mengajarkan Anak Menabung dan Beramal

Cara penting lainnya untuk mengajarkan anak soal uang adalah dengan menabung. Katakan pada anak agar mereka menyisihkan uang untuk menabung. Dengan menabung, akan menghindari anak dari perilaku hidup boros. 

Uang dari hasil menabung bisa digunakan si anak untuk membeli sesuatu yang betul-betul mereka inginkan. Jadi hal ini akan mengajarkan anak bahwa untuk mendapatkan sesuatu misalnya mainan, tidak gampang. Harus menabung dulu.

Selain menabung, ajarkan anak Anda untuk menyisihkan sebagian uang saku mereka untuk beramal sebagai bekal atau tabungan akhirat. Uang tersebut disumbangkan untuk orang-orang yang membutuhkan, seperti anak yatim piatu, sehingga anak Anda tumbuh menjadi anak yang peduli dengan sesama.


5. Beri pengertian mengenai kebutuhan dan keinginan

Anda perlu menjelaskan kepada anak apa bedanya antara kebutuhan dan keinginan terhadap keuangan mereka. Ajarkan anak untuk membuat daftar kebutuhan, perkiraan budget, sehingga ini menjadi simulasi sederhana menarik untuk anak Anda. Dengan demikian, anak Anda dapat mengenal kebutuhan sejak dini dan mengontrol keinginan sejak kecil.

Berikan pemahaman seputar keuangan kepada anak sejak kecil. Jika pondasi keuangan ini sudah terbangun sedari kecil, maka mereka akan dan menghargai setiap rupiah yang diperolehnya. Jangan biarkan anak Anda tumbuh menjadi anak yang konsumtif, sehingga akan berpengaruh terhadap masa depannya.[]


(Ratu Mitha Amelia)

Baca Juga:

Berita terkait
Kemensos Dampingi Anak Korban Kekerasan Seksual di Malang
Menteri Sosial Tri Rismaharini menginstruksikan kepada jajarannya agar terus mengawal kasus kekerasan seksual terhadap anak di Malang.
Aturan Pelaksanakan Ibadah dan Peringatan Natal 2021 saat PPKM Level 3
PPKM level 3 diberlakukan untuk mencegah kemungkinan terjadi penyebaran Covid-19 gelombang ketiga.
Berikut 5 Hal yang Cuma Dimiliki Oleh Anak Finance
Setiap perusahaan pasti membutuhkan jurusan finance atau keuangan untuk membantu mencatat dan menghitung berbagai urusan finansial perusahaan.
0
Inilah Tips Jitu Mengenalkan Anak Soal Uang
Mengenalkan soal uang tidak diajarkan di sekolah. Pengetahuan itu akan lebih terasah saat anak Anda duduk di bangku sekolah.