Tips Menabung yang Mudah dan Unik untuk Pemula

Mengumpulkan uang tidak harus di bank, kamu juga bisa melakukannya di rumah asal mengetahui tips menabung di celengan.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Pada masa pandemi seperti sekarang ini tabungan menjadi penting sebagai cadangan dana darurat maupun untuk mewujudkan berbagai tujuan keuangan.

Mengumpulkan uang tidak harus di bank, kamu juga bisa melakukannya di rumah asal mengetahui tips menabung di celengan. Kuncinya memang harus kreatif supaya bisa meningkatkan semangat menabung.

Berikut cara unik menabung yang bikin semangat buat kamu.


1. Menabung dalam toples transparan

Saat menabung dalam toples tembus pandang bisa jadi cara semangat menabung yang terbukti efektif. Kamu tinggal menggunakan toples atau wadah kaca tembus pandang.

Kenapa harus tembus pandang? Biasanya wadah ini bisa mensugesti seseorang untuk melihat jumlah uang yang ditabung setiap hari.

Seolah kamu bisa melihat proses membangun mimpi setahap demi setahap dan kian menanjak setiap harinya. Supaya lebih termotivasi, kamu bisa menempelkan tulisan beserta foto tujuan kamu menabung.

Jumlah uang ditabung tidak perlu langsung besar, melainkan bertahap mulai dari pecahan Rp 10 ribu atau Rp 20 ribu. Bila konsisten menyisihkan Rp 20 ribu sehari, kamu bisa mengumpulkan uang Rp600 ribu dalam sebulan dan Rp7,2 juta dalam setahun.


2. Menabung sesuai nominal tanggal

Cara menabung dengan jumlah nominal sesuai tanggal atau jumlah uang sama dengan tanggal hari ini.

Misalnya bila mulai menabung tanggal 1 September, maka nominalnya bisa Rp1.000, Rp11.000, Rp111.000 dan Rp1.111.000.

Begitu pula dengan tabungan setelahnya harus tetap sesuai angka yang tertera di kalender tepat pada hari uang ditabung.

Kamu bisa melakukan aktivitas itu selama satu bulan full dari tanggal 1 sampai tanggal 29. Sementara tanggal 30 dan 31, bisa untuk istirahat sejenak.


3. Mengumpulkan koin

Koin kerap dianggap sepele oleh banyak orang dan tidak jarang diletakkan begitu saja. Bila hendak menabung, kamu jangan menyiakan uang koin karena bisa jadi cara tambahan untuk mengumpulkan uang sesuai target.

Simpan uang receh sisa kembalian dalam dompet atau celengan khusus untuk menyimpan uang koin itu. Tips menabung di celengan ini relatif mudah karena kamu cukup memasukkan uang koin bila tersedia dan tak perlu menentukan target yang besar.


4. Membuat target menabung

Nah, kamu bisa menentukan target dari kegiatan menabung misalnya ingin berwisata ke luar negeri atau membeli mobil dengan cara menabung 20 juta atau 50 juta dalam 1 tahun.

Adanya target atau tabel menabung bulanan untuk memotivasi kamu supaya lebih giat dalam menabung. Selain itu, kamu juga bisa membuat gambar atau tulisan target jumlah uang itu lalu meletakkannya di dompet atau di celengan.

Bila masih kurang memotivasi, kamu bisa menyertakan foto tempat wisata atau rumah idaman supaya lebih disiplin menabung.


5. Sisakan uang saku

Cara cepat menabung tentu dengan menyimpan uang saku harian. Uang saku bisa disisihkan untuk jajan, transportasi, maupun untuk keperluan membeli alat tulis. Sisa uang harian bisa dimasukkan ke dalam celengan atau tempat tabungan. Kamu bisa menabung 2000 atau lima ribu per hari dengan mengurangi jatah jajan untuk menambah jumlah target tabungan. Bila rutin menyimpan uang di tempat yang aman, bukan tidak mungkin bagi kamu untuk membeli apapun yang kamu mau dengan cara menabung.

Nah, semoga cara agar semangat menabung diatas cocok buat kamu yang lagi butuh inspirasi menyimpan uang ya! []


Baca Juga:

Berita terkait
Rekomendasi Tabungan untuk Para Pelajar
Membuka tabungan merupakan hal yang sulit untuk pelajar karena biasanya bank memiliki setoran awal yang besar.
Mau Nabung Halal di Bank? Inilah 7 Keunggulan Sukuk Tabungan
Tapi kini sudah ada investasi syariah yang memberikan imbal hasil besar tapi tetap mengikuti syariat agama.
Berapa Banyak Tabungan Darurat yang Harus Disiapkan?
Jika Anda adalah bagian dari rumah tangga dengan dua pendapatan, pengeluaran tiga bulan mungkin cukup.
0
Tips Menabung yang Mudah dan Unik untuk Pemula
Mengumpulkan uang tidak harus di bank, kamu juga bisa melakukannya di rumah asal mengetahui tips menabung di celengan.