UNTUK INDONESIA

Melayat Viktor Sirait, Jokowi Disambut Sihol Manullang

Presiden Jokowi melayat ke rumah duka almarhum Viktor S Sirait. Mantan Ketua Bara JP Sihol Manullang turut menyambut kehadiran Jokowi.
Presiden Jokowi melayat ke kediaman almarhum Viktor S Sirait. Kepada istri dan dua putra almarhum, Jokowi menyampaikan rasa duka citanya yang mendalam atas wafatnya Pendiri dan CEO Tagar.id sekaligus Ketua Umum Bara JP tersebut. (Foto: Tagar/Eno Dimedjo)

Jakarta - Presiden Jokowi datang langsung ke rumah duka Pendiri dan CEO portal berita Tagar.id, Viktor S Sirait, Jumat, 19 Februari 2021. Kehadiran Jokowi untuk melayat ini turut disambut Ketua Barisan Relawan Jokowi Presiden periode 2014 - 2019, Sihol P Manullang. 

Presiden Jokowi tiba di rumah duka Viktor Sirait, di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sekira pukul 17.40 WIB. Kehadiran orang nomor satu di Indonesia ini disambut pihak keluarga. Nampak di antara rombongan keluarga, sahabat sekaligus senior almarhum di Bara JP, Sihol Manullang.

Berbincang sejenak usai turun dari mobil kepresidenan, perwakilan keluarga dan Sihol Manullang mendampingi Jokowi masuk ke rumah duka. Sesaat sebelum masuk rumah, mantan Wali Kota Solo ini menuju sebuah kursi, lantas duduk dan melepas sepatunya. 

Jokowi yang petang itu mengenakan setelah kemeja lengan panjang warna putih kombinasi celana hitam selanjutnya masuk ke ruangan tempat jenazah Viktor Sirait disemayamkan. Setelah memberi salam ke pihak keluarga, Presiden langsung menuju depan peti jenazah dan memanjatkan doa. 

"Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bapak Presiden Jokowi yang datang langsung ke rumah duka untuk mendoakan almarhum," tutur Sihol Manullang. 

Selesai berdoa, Presiden Jokowi kemudian berbincang sejenak dengan istri dan dua putra almarhum, Ethan dan Daniel. Kepada keluarga, Jokowi menyampaikan rasa duka citanya yang mendalam atas wafatnya Viktor Sirait.

Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bapak Presiden Jokowi yang datang langsung ke rumah duka untuk mendoakan almarhum.

Jokowi melayat2Presiden Jokowi memanjatkan doa di depan jenazah Viktor S Sirait. (Foto: Tagar/Eno Dimedjo)

Pihak keluarga, diwakili kakak almarhum, Lontas Sirait, turut menyampaikan rasa terima kasih atas perhatian dan kepedulian dari Presiden Jokowi.  

"Terima kasih Bapak Jokowi, kami keluarga merasa terhormat, beliau memberikan penghormatan terakhir ke mendiang adik kami," ucap Lontas Sirait.

Kabar meninggalnya Viktor S Sirait pertama kali disampaikan Redaktur Eksekutif Tagar, Fetra Tumanggor. Fetra menuturkan Pendiri dan CEO portal berita Tagar.id (PT Tagar Hexa Utama) sekaligus Ketua Umum Bara JP periode 2019 - 2024 tersebut wafat pada Kamis dini hari, 18 Februari 2021. 

Pria yang juga menjabat Komisaris Independen di PT Waskita Karya ini mengembuskan napas terakhirnya dalam usia 47 tahun karena serangan jantung. 

"Beliau meninggal dunia sekitar pukul 03.00 WIB di Rumah Sakit Sentra Medika Cibinong," ucapnya.

Viktor S Sirait merupakan alumnus Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung. Almarhum lahir di Porsea, Toba Samosir, Sumatera Utara, 17 Oktober 1974. 

Nama pengusaha berdarah Batak ini mulai dikenal publik sewaktu ikut membidani lahirnya Bara JP, organisasi yang mendorong dan menyokong Joko Widodo untuk maju dalam kontestasi Pemilihan Presiden pada 2014 lalu.

Jokowi melayat3Presiden Jokowi melepas sepatunya sesaat sebelum masuk rumah duka almarhum Viktor S Sirait. (Foto: Tagar/Eno Dimedjo)

Baca juga: 

Pada perjalanannya, Bara JP sukses menghantar Jokowi duduk di kursi Presiden Republik Indonesia, selama dua periode. Viktor Sirait akhirnya terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Bara JP lewat Kongres Nasional yang digelar di Bogor, pada Jumat, 2 Agustus 2019.

Pria yang dikenal ramah dan pekerja keras itu menggantikan Ketua Umum Bara JP sebelumnya, yakni Sihol Manullang dalam Kongres Nasional yang turut pula dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Sebelum berkecimpung di dunia politik, Viktor Sirait telah dikenal lebih dulu sebagai pengusaha. Ia tercatat pernah memimpin beberapa perusahaan di berbagai bidang, termasuk menjabat Manajer Proyek PT Pharma Kasih Sentosa pada 2008 - 2010, Komisaris Utama PT Mitra Taruli Perkasa (mekanikal elektrikal) pada 2012 - 2015, dan Komisaris PT Hexindo Multi Utama (konstruksi, mekanik, listrik) (2011 - sekarang).

Pada April 2015, Viktor Sirait dipercaya untuk duduk sebagai Komisaris Independen di PT Waskita Karya. Ia kembali menduduki jabatan yang sama saat Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Waskita Karya pada Jumat, 5 Juni 2020. []

Berita terkait
Viktor Sirait Wafat, Presiden Jokowi Beri Penghormatan Terakhir
Presiden Jokowi turut berduka atas wafatnya Viktor S Sirait, pendiri dan CEO Tagar.id. Jokowi beri perhormatan terakhir ke Ketua Umum Bara JP.
Viktor Sirait, Sepotong Kenangan
Pendiri Tagar.id ini ingin media Tagar menjadi media yang berkualitas. Kenangan Lestantya R. Baskoro atas sosok Viktor Sirait.
Presiden Jokowi Berduka atas Wafatnya Viktor S Sirait
Presiden Joko Widodo kirimkan karangan bunga ungkapan duka cita atas meninggalnya Viktor S. Sirait.
0
Akibat Pandemi, Taman Umi Depok Banting Setir Jualan Tanaman Hias
Berikut cerita Taman Umi, penjual tanaman proyek yang banting setir jualan tanaman hias saat pandemi.