UNTUK INDONESIA
Melawan Polisi, Residivis Curanmor Makassar Ditembak
Penjahat kambuhan spesialis pencurian kendaraan bermotor berhasil dilumpuhkan anggota polisi dari Polsek Tamalanrea setelah berusaha kabur.
Residivis pencurian kendaraan bermotor usai menjalani perawatan medis di RS Bhayangkara Makassar. (Foto: Tagar/Muhammad Ilham)

Makassar - Penjahat kambuhan spesialis pencurian kendaraan bermotor, Gufran Gifari alias Gupe, 19 tahun, berhasil dilumpuhkan anggota Opsnal Polsek Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, lantaran melawan dan mencoba kabur saat mencari sepeda motor hasil kejahatannya, Kamis 27 Februari 2020, dini hari.

Akibatnya, Gufran yang merupakan warga Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar merintih kesakitan setelah timah panas polisi menembus kaki kananya hingga dilarikan ke RS Bhayangkara Makassar untuk mendapatkan perawatan medis.

Dia saat akan ditangkap langsung kabur dengan mengendarai sepeda motor.

"Pelaku merupakan residivis dalam kasus yang sama berusaha kabur ketika dilakukan pencarian barang bukti hasil kejahatannya dengan mendorong petugas sehingga diberikan tembakan peringatan tetapi hal itu tidak diindahkan oleh pelaku hingga diberikan tindakan tegas yang mengenai kaki kanannya," kata Panit 2 Reskrim Polsek Tamalanrea, Ipda Muh Iqbal Kosman.

Sebelumnya kata Iqbal, residivis kambuhan ini berhasil ditangkap saat diketahui melintas di daerah Kecamatan Moncongloe, Kabupaten Maros, sehingga dilakukan pengejaran dan berhasil tertangkap.

"Dia saat akan ditangkap langsung kabur dengan mengendarai sepeda motor, sehingga terjadi kejar-kejaran antara pelaku dengan anggota. Tapi berhasil kami tangkap," ujarnya.

Berdasarkan keterangan Gufran, dirinya telah melakukan aksi pencurian kendaraan bermotor sebanyak dua kali setelah keluar dari Rutan Makassar, bersama dengan rekannya bernama, Hendra Juniarto alias Botak yang sementara dalam pengejaran.

"Dia keluar dari rutan pada bulan November 2019. Setelah bebas Gufran kembali beraksi pada bulan Februari sebanyak dua kali di wilayah Tamalanrea. Rekannya juga merupakan residivis dalam kasus yang sama," ungkapnya.

Dari tangan pelaku kata Iqbal, pihaknya menyita barang bukti satu unit sepeda motor yang merupakan hasil kejahatannya.

"Saat Ini masih dilakukan pencarian terhadap satu pelaku lainnya. Sementara Gufran akan di bawa ke mapolsek," pungkasnya.

Usai menjalani perawatan medis di RS Bhayangkara Makassar, Gufran Gifari alias Gupe bersama barang buktinya di bawa ke Mapolsek Tamalanrea guna pemeriksaan lebih lanjut. []

Berita terkait
Hari Terburuk Benni Kehilangan 5 Anggota Keluarga di Makassar
Lima peti jenazah berjejer rapi di dalam ruangan di rumah duka di Makassar. Kain satin putih melapisi peti-peti tersebut.
Aktivis Makassar Minta Polisi Gencar Razia Apartemen
Digrebeknya pabrik narkotika di apartemen Makassar mengagetkan warga Makassar. Aktivis Anti Narkoba meminta polisi agar intensif razia apartemen.
Pelajar Makassar Tawuran Bawa Parang dan Busur
Sekelompok pelajar terlibat tawuran di area Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 11 Makassar. Ini penyebabnya.
0
Khofifah: May Day Risiko Besar Penularan Covid-19
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta kepada buruh untuk tidak turun ke jalan memperingati May Day Hari Buruh Internasional.