Wajib Simak! Ini Tips Investasi Emas Secara Online yang Aman

nvestasi emas online merupakan sebuah kemudahan yang ada di zaman sekarang. Dengan berbagai jenis penjualan barang online. Berikut tipsnya.
Ilustrasi - Emas batangan. (Foto: Tagar/Antara)

Jakarta- Investasi emas online merupakan sebuah kemudahan yang ada di zaman sekarang. Dengan berbagai jenis penjualan barang atau jasa secara online, kini investasi pun sudah bisa dilakukan dengan cepat dan praktis termasuk investasi emas. Investasi emas secara online kini sudah semakin diminati karena dianggap mudah selama melakukan transaksi.

Pasalnya, harga jual beli emas cenderung lebih stabil dengan kenaikan yang terjadi di setiap tahunnya. Inilah mengapa emas menjadi jenis investasi yang banyak diincar, tetapi sebelum terjun ke dunia tersebut, kiranya akan lebih bijak bagi pemula untuk mengetahui tips investasi emas online, berikut tipsnya.


1. Kenali jenis investasi emas online yang akan dipilih

Berinvestasi menggunakan emas bisa dilakukan dalam berbagai tipe. Emas batangan, koin emas, dan perhiasan adalah tiga jenis investasi emas secara fisik, alias memiliki barang dan menyimpannya secara mandiri.

Sementara itu, investasi emas yang dilakukan dalam bentuk online bisa berupa menabung emas, jual beli emas, hingga konsinyasi emas.

Semua jenis investasi tersebut pasti ada untung ruginya, kelebihan dan kekurangannya. Oleh karena itu, pastikan kamu mengenali dengan baik jenis investasi yang akan kamu pilih sebelum benar-benar melakukan investasi.


2. Terus pantau laju harga emas online

Semua benda yang memiliki nilai jual pasti cenderung fluktuatif, bisa naik, atau justru bisa turun harganya. Untuk itu, kamu bisa terus melakukan pengecekan dan memantau harga emas setiap saat.

Pemantauan harga emas adalah kunci untuk kamu bisa melakukan transaksi. Jadi, kamu bisa memutuskan kapan membeli emas untuk tambahan koleksi, atau justru menjualnya kepada pihak lain. Waktu jual yang tepat adalah ketika harga emas sedang sangat tinggi, sementara waktu beli terbaik adalah ketika harganya sedang menurun.


3. Kenali tempat investasi emas online

Melakukan investasi secara online memang disinyalir lebih aman dibandingkan menyimpan logam mulia tersebut dalam bentuk fisik di rumah. Hanya saja investasi secara online, perlu diwaspadai perusahaan yang dipilih untuk tempat berinvestasi.

Alasannya, jika perusahaan tersebut gulung tikar, bisa kesulitan untuk menarik investasi yang sudah dilakukan. Meski sangat jarang terjadi, tetap saja perlu berhati-hati dalam memilih tempat investasi.


4. Tentukan tujuan untuk melakukan investasi emas online

Hal yang terakhir perlu kamu lakukan tentu memiliki tujuan, seperti halnya dengan investasi emas online. Kamu mungkin melakukan investasi sebagai modal di masa depan, untuk modal usaha, membeli properti, menunaikan ibadah haji atau umrah, atau membeli kendaraan.

Namun, apapun tujuan yang ingin kamu capai melalui investasi emas ini, kamu tetap perlu mengingat bahwa emas yang kamu beli harus sesuai dengan kemampuan.

(Emilya Rahmawati)

Berita terkait
Dear Pemula, Begini Lho Cara Investasi Emas
Bagi investor global, emas bukanlah pilihan investasi, melainkan pilihan solusi untuk melindungi nilai uang dari inflasi (hedging).
Cara Mudah Menghitung Dividen Investasi Saham
Dividen saham adalah salah satu hal yang diharapkan oleh investor di pasar modal. Dividen adalah hal yang diinginkan oleh para investor.
Begini Cara Memulai Investasi Pertama di Aplikasi Ajaib
Dengan mencoba aplikasi Ajaib pendanaan akan terasa mudah dan tidak khawatir jika mengalami resiko. Begini cara memulai investasi di apliasi Ajaib.
0
Wajib Simak! Ini Tips Investasi Emas Secara Online yang Aman
nvestasi emas online merupakan sebuah kemudahan yang ada di zaman sekarang. Dengan berbagai jenis penjualan barang online. Berikut tipsnya.