UNTUK INDONESIA
Masa Corona, 5 Tips Cegah Gemuk Saat Kerja di Rumah
Bekerja dari rumah akibat virus Corona, bisa mengubah pola makan menjadi meningkat dan berdampak pada kenaikan berat badan.
Ilustrasi Work From Home. (Foto: entrepreneur.com/Shutterstock)

Jakarta - Bekerja dari rumah akibat virus Corona atau Covid-19, ternyata dapat mengubah gaya hidup seseorang, khususnya pola makan. Kebiasaan ini justru harus diperhatikan agar berat badan tetap stabil.

Biasanya ketika segala aktivitas kerja dilakukan di rumah, selera makan pasti akan meningkat. Sehingga, hal ini berdampak pada kenaikan berat badan.  

Dilansir dari Times of India, berikut Tagar rangkumkan cara mencegah kenaikan berat badan ketika bekerja di rumah akibat wabah virus Corona.

1. Membuat Jadwal Makan

Membuat jadwal makan menjadi salah satu cara untuk menjaga pola makan saat bekerja di rumah. Luangkan sedikit waktu di tengah-tengah kesibukan kerja untuk menyiapkan real food dan hindari memesan makanan dari restoran.

Memasak makanan sendiri menjadi aktivitas yang tepat untuk mengisi waktu istirahat dikala bekerja. Momen ini juga bisa digunakan sembari mencoba mempelajari resep baru dan memasak makanan sehat untuk diri sendiri.

2. Aktif

Tak sedikit orang yang bekerja di rumah menjadi malas beraktivitas lantaran memulai kerja sebelum mandi, leyeh-leyeh di atas tempat tidur, atau sambil bersantai di sofa. Kondisi ini bisa membuat tubuh tidak bergerak, sehingga risiko bertambahnya berat badan meningkat.

Sebaiknya jika ingin beristirahat, manfaatkanlah waktu di sela-sela pekerjaan untuk meregangkan otot seperti berjalan di halaman rumah. Yoga dan latihan aktivitas fisik lainnya bisa dilakukan untuk memastikan tubuh tetap bugar meski bekerja di rumah.

3. Tetap Sibuk

Bekerja sendirian di rumah bisa berdampak pada kebosanan. Dengan alasan ini pastinya camilan ringan akan menemai Anda ketika dalam kondisi ini. Namun, hal inilah yang bisa menjadi faktor kenaikan berat badan. 

Salah satu cara untuk menghindari keinginan ngemil yaitu dengan tetap sibuk. Pikiran yang sibuk bisa membuat lebih sedikit waktu untuk mengunyah. Disarankan memilih tempat kerja yang jauh dari dapur atau kulkas.

4. Jangan Lewatkan Waktu Makan

Ketika bekerja di rumah, tak sedikit orang melewati waktu makan. Padahal ini menjadi salah satu kebiasaan buruk. Sehingga, Anda dianjurkan makan tepat waktu. Pastikan makanan yang dikonsumsi itu bergizi dan sehat agar tubuh tetap fit dan bugar.

5. Terhidrasi

Mencukupi kebutuhan air atau tetap terhidrasi menjadi salah satu cara guna memastikan berat badan stabil. Cukup meletakkan sebotol air dekat dengan meja kerja dan minumlah saat muncul keinginan untuk ngemil. Tidak selalu air putih, teh hijau atau jus juga bisa menjadi minuman pilihan yang menyegarkan dan menghidrasi tubuh. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Tampil Cantik Kerja di Rumah Cegah Corona
Meski kerja di rumah lantaran virus Corona, para kaum hawa harus tetap cantik. Begini tipsnya.
Anjuran WFH, 7 Pekerjaan BKN Ini Tak Bisa di Rumah
Badan Kepegawaian Negara (BKN) mendukung imbauan untuk bekerja dari rumah (work from home - WFM) dalam menekan penyebaran virus corona Covid-19.
Tips Menjaga Lingkungan Kerja Agar Terhindar Corona
Akibat dua warga depok terkena virus Corona, semua masyarakat mulai menjaga kesehatan, terutama di lingkungan kerja.
0
Masa Corona, 5 Tips Cegah Gemuk Saat Kerja di Rumah
Bekerja dari rumah akibat virus Corona, bisa mengubah pola makan menjadi meningkat dan berdampak pada kenaikan berat badan.