Mantan Wartawan Bakal Pimpin DPRD Humbahas 2019-2024

Dia merupakan mantan wartawan dan hampir pasti menduduki jabatan Ketua DPRD Kabupaten Humbahas, karena partainya, PDIP menjadi pemenang.
Ramses Lumbangaol. (Foto: Tagar/Karmawan Silaban)

Doloksanggul - Dari 25 anggota DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, untuk periode 2019-2024 salah satunya adalah Ramses Lumbangaol, 59 tahun.

Dia merupakan mantan wartawan dan hampir pasti menduduki jabatan Ketua DPRD Kabupaten Humbahas, karena partainya, PDIP menjadi pemenang dalam Pileg 2019 di Kabupaten Humbahas.

Sebelum terjun ke dunia politik, Ramses cukup lama berkutat menjadi 'kuli tinta' pada era 90-an sampai 2000-an. Sedih, duka dan senang mewarnai perjalanan kariernya dalam mengemban tugas dan fungsi jurnalistik.

"Suka dan duka sebagai wartawan, banyak pengalaman dan tantangan. Sesuai dengan tuntutan tugas profesi wartawan," kata suami Nurcahaya boru Pardede itu, Senin 30 september 2019 di sela sebelum pelantikan dan pengambilan sumpah anggota DPRD terpilih.

Terjun ke dunia politik merupakan pilihan putra kelahiran Doloksanggul, Kabupaten Humbahas itu. Dia akhirnya memang terpilih menjadi wakil rakyat untuk periode 2004-2009 lalu.

Kepercayaan masyarakat khususnya di Dapil I meliputi Kecamatan Doloksanggul, Pollung, Baktiraja dan Onanganjang menghantarkan mantan siswa SD Negeri Pollung itu kembali duduk di kursi legislatif pada periode 2009-2014 dari PDIP.

Saya akan mengemban amanah ini, untuk kepentingan masyarakat

Kepiawaian berpolitik, mampu membangun kepercayaan 'partai wong cilik' pimpinan Megawati Soekarnoputri, membawakan aspirasi masyarakat di lembaga terhormat sebagai bukti kepercayaan rakyat atas dirinya. Sehingga dia terpilih kembali menjadi anggota DPRD periode 2014-2019.

Mencintai tugas dan fungsinya sebagai anggota DPRD, merupakan kunci keberhasilannya. Apapun profesi dan pekerjaan, bila dilaksanakan dengan sepenuh hati akan membuahkan hasil.

"Siapapun kita, apapun status kita, apabila kita melaksanakan tugas dengan benar, akan mendapatkan hasil yang benar," sebut mantan siswa SMP Negeri Pollung itu dengan optimis.

Berangkat dari optimisme, pada Pileg 2019-2024, kembali dia terpilih menjadi anggota DPRD dari PDIP. Kali ini, dengan nomor urut 3 dari Dapil I Humbahas, angka tersebut direstui dewi fortuna menghantarkannya sebagai Ketua DPRD Humbahas periode 2019-2024.

"Di samping kepercayaan Tuhan, terlebih pimpinan saya, juga masyarakat Humbahas. Bahwa dewi fortuna masih berpihak kepada upaya yang kita lakukan. Saya akan mengemban amanah ini, untuk kepentingan masyarakat," katanya.

Berikut perolehan kursi DPRD Kabupaten Humbahas periode 2019-2024:

PDI Perjuangan 7 kursi

1. Daniel Banjarnahor

2. Ramses Lumban Gaol

3. Jamanat Sihite

4. Kepler Torang Sianturi

5. Tingkos Martua Silaban

6. Masria Sinaga

7. Minter Hulman Tumanggor.

Partai Golkar 5 kursi

1. Marolop Manik

2. Marolop Situmorang

3. Bantu Tambunan

4. Manaek Hutasoit

5. Laston Sinaga.

Partai Hanura 4 kursi

1. Roberto Simanullang

2. Labuan Sihombing

3. Martini Purba

4. Sanggul Rosdina Manalu.

Partai Nasdem 3 kursi

1. Marsono Simamora

2. Normauli Simarmata

3. Mutiha Hasugian.

Partai Gerindra 2 kursi

1. Jimmy Togu Purba

2. Moratua Gajah.

Partai Perindo 2 kursi

1. Guntur Sariaman Simamora

2. Charles Ary Herianto Purba

Partai Demokrat 1 kursi

1. Bresman Sianturi

Partai PSI 1 kursi

1. Poltak Purba.[]

Berita terkait
Kabut Asap Tak Mengganggu Produksi Ikan di Humbahas
Peternakan dan Perikanan Humbahas, tidak ada kata terganggu dalam melakukan kegiatan produktivitas ikan.
Jalan Penghubung Humbahas-Tapanuli Tengah Putus Total
Jalan penghubung Kabupaten Humbang Hasundutan-Kabupaten Tapanuli Tengah di Kecamatan Pakkat, Kabupaten Humbahas, Sumatera Utara, putus total.
DPRD Tak Bahas P-APBD 2019, Pilkada Humbahas Terganggu
DPRD Kabupaten Humbahas, Sumatera Utara, menemui jalan buntu untuk menetapkan agenda rapat penyusunan penjadwalan pembahasan Perubahan APBD.
0
Rusia Disebut Nyaris Gagal Bayar Obligasi
Rusia berjuang untuk mempertahankan pembayaran obligasi yang beredar sebesar 40 miliar dolar AS sejak invasinya ke Ukraina