UNTUK INDONESIA
Manfaat Sehat Kembang Sol Sepatu untuk Tubuh
Kembang sol sepatu menyimpan beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh, berikut Tagas ulas khasiatnya.
Manfaat Sehat Kembang Sol Sepatu untuk Tubuh. (Foto: pinterest)

Jakarta - Kembang sol sepatu yang memiliki nama latin Hibiscus rosasinesis menyimpan manfaat untuk pengobatan generik maupun herbal. Kandungan antioksidan berupa antitoksin dan flavonoids dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit.

Kembang sol sepatu bisa dikonsumsi sebagai obat, diolah menjadi teh. Ekstrak kembang diminum dengan campuran air lemon. Nah, Tagar akan ulas dari berbagai sumber beberapa manfaat dari kembang sol sepatu untuk kesehatan tubuh.

1. Menyehatkan Rambut

Perasan daun dari kembang sol sepatu bisa digunakan untuk membersihkan rambut. Zat yang terkandung dipercaya dapat memberi nutrisi, sehingga rambut tumbuh kuat, lebat, dan sehat.

Sebuah penelitian mengatakan hasil perasan kembang sol sepatu tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan rambut, masalah kerontokan maupun kebotakan bisa ikut teratasi.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengonsumsi teh kembang sepatu secara rutin dapat meningkatkan imunitas tubuh. Ekstraknya dapat menstimulasi perkembangan sel yang berfungsi melawan infeksi dan kuman di dalam tubuh yang dikenal dengan T cells dan E cells. 

3. Menurunkan Gula Darah

Teh dari kembang sepatu bermanfaat bagi pengidap penyakit diabetes. Akar dari bunga ini mengandung zat antidiabethic, dapat mencegah naiknya kadar gula darah di dalam tubuh.

Seperti diberitakan Curejoy, mengonsumsi teh ekstrak kembang sepatu dalam 21 hari berturut-turut bisa menurunkan kadar gula darah sampai 46 persen.

4. Menurunkan Kolesterol

Beberapa penelitian mengatakan ekstrak kembang sepatu bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh hingga dua puluh persen. 

Selain itu, kandungan zat sapponins yang dimiliki ekstrak kembang sepatu mampu mengikat kolesterol, sehingga tidak ikut terserap ke dalam tubuh.

5. Menyembuhkan Gangguan Pernafasan

Teh kembang sepatu dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan gangguan pernafasan, seperti batuk, flu, bahkan bronkhitis. Bunga ini mengandung vitamin C yang tinggi. 

Selain diminum, bisa meracik ramuan kembang sepatu dengan merebus bagian kelopak dan daun. []

Berita terkait
Rekomendasi Makanan Baik Dikonsumsi Sebelum Berenang
Berenang salah satu olah raga yang mampu membantu menambah massa otot, tidak bisa sembarangan mengonsumsi makanan sebelumnya.
Trik Mengatasi Depresi Secara Efektif
epresi dapat diatasi dengan penanganan yang tepat dan cepat. Berikut Tagar bagikan ulasannya.
Lima Alasan Pentingnya Mencuci Muka Sebelum Tidur
Mencuci muka sebelum tidur sangat penting untuk dilakukan karena menyimpan sejumlah manfaat. Berikut Tagar ulas efeknya bagi kulit.
0
Jokowi Lantik Hakim Konstitusi Manahan MP Sitompul
Presiden Joko Widodo hari ini, Kamis, 30 April 2020 resmi melantik Manahan MP Sitompul sebagai Hakim Konstitusi 2020-2025.