UNTUK INDONESIA
Lima Alasan Pentingnya Mencuci Muka Sebelum Tidur
Mencuci muka sebelum tidur sangat penting untuk dilakukan karena menyimpan sejumlah manfaat. Berikut Tagar ulas efeknya bagi kulit.
Ilustrasi Mencuci Muka Sebelum Tidur (Foto: mnn/wavebreakmedia/Shutterstock)

Jakarta - Mencuci muka sebelum tidur tentu sangat penting dilakukan. Kebiasaan ini baik untuk membantu menjaga kesehatan kulit. Namun, tidak sedikit orang yang mengabaikannya.

Lupa mencuci muka sebelum tidur bisa membawa efek buruk bagi kesehatan kulit akibat kotoran yang mengendap di wajah. Nah, berikut Tagar rangkumkan lima alasan pentingnya mencuci muka sebelum tidur.

1. Mengurangi Kemungkinan Berjerawat

Jerawat bisa timbul akibat pori-pori pada kulit yang tersumbat. Membersihkan kulit pada malam hari membuka sumbat pori-pori, dan tentunya mampu menghilangkan semua kotoran.

Penyebab lainnya yang mampu menyebabkan masalah kulit yaitu membiarkan riasan di wajah sepanjang malam. Permasalahan ini menimbulkan noda hitam dan komedo.

2. Membersihkan Pori-pori Kulit

Penumpukan sel-sel kulit mati akan terjadi akibat mengalami regenerasi. Hal ini akan membuat pori-pori tersumbat. Membiarkan riasan wajah menempel dan meresap pada kulit akan membuat pori-pori tersumbat, jika tidak dibersihkan secepatnya.

Membersihkan wajah di malam hari sangat berguna untuk menghindari pori-pori tersumbat.

3. Melawan Kulit Kusam

Kulit yang sering terpapar kotoran, debu, polusi, hingga asap di siang hari mengakibatkan rentan terhadap kerusakan dan akan terlihat lelah serta kusam.

Membersihkan wajah di malam hari, khususnya sebelum tidur merupakan salah satu cara agar kulit terlihat lebih cerah dan sehat.

4. Proses Peremajaan Kulit akan Tertunda

Sel-sel kulit mati akan terlepas dengan sendirinya pada malam hari. Setelah tidur dalam jangka waktu enam sampai 8 jam, kulit akan terlihat lebih sehat dari sebelumnya.

Proses peremajaan kulit tidak akan maksimal jika tidak dilakukan pembersihan pada saat saat malam hari.

5. Melindungi Bulu Mata

Mencuci muka pada malam hari, khususnya sebelum tidur akan melindungi bulu mata. Apalagi setelah menggunakan maskara dengan jangka waktu lama yang akan membuat bulu mata kaku, rapuh, dan mudah patah.

Tidak dianjurkan untuk menggunakan eyeliner dekat dengan mata, karena sejumlah bahan kimia yang terkandung tidak baik ada di dekat mata, efeknya akan menyebabkan iritasi serta infeksi mata. []

Berita terkait
Tips Memilih Sunscreen Kulit Rentan Jerawat
Para perempuan harus mulai pintar memilih sunscreen khusus untuk merawat kulitnya yang rentan berjerawat. Berikut ulasannya.
Pengaruh Posisi Jerawat di Wajah dengan Kesehatan
Posisi jerawat di wajah bisa menjadi tanda tubuh akan terserang penyakit. Mau tahu apa? Berikut ulasannya.
Lima Kebiasaan Memicu Timbulnya Jerawat
Jerawat selalu menjadi permasalahan yang mengganggu, apa saja pemicu dari masalah yang kerap timbul ini?
0
Kejati Tangani Kasus Tilap Uang Masjid Raya Sumbar
Kasus dugaan penilapan uang infak Masjid Raya Sumatera Barat ditangani Kejati Sumbar.