UNTUK INDONESIA
Manfaat Makan Buah Semangka Setiap Hari
Semangka telah menjadi buah favorit bagi banyak orang karena mampu menghilangkan dahaga saat udara berasa panas. Berikut manfaat lainnya.
Ilustrasi Semangka. (Foto: Pixabay/StephanieAlbert)

Jakarta - Semangka tentu telah menjadi buah favorit bagi banyak orang karena mampu menghilangkan dahaga saat udara berasa panas di siang hari. Selain itu, buah yang satu ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dokter sekaligus dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta, Maria Silvia Merry menjelaskan warna merah pada daging buah semangka memiliki banyak kandungan nutrisi, vitamin, mineral, kalium, beta karoten, vitamin C, dan serat yang sangat dibutuhkan tubuh.  

"Oleh karena itu mulailah menyediakan semangka sebagai salah satu makanan penutup di setiap menu harian Anda. Berbagai nutrisi dan vitamin yang melimpah pada semangka membantu menjaga dan mempertahankan kesehatan tubuh setiap orang," kata dr. Maria Silvia melalui channel YouTube Dokter 24, seperti yang dikutip Tagar, Selasa, 15 September 2020.

Dokter Silvia begitu panggilan akrabnya itu mengatakan kandungan likopen yang ada pada semangka, ternyata sangat berkhasiat untuk menjaga organ jantung. Bahkan, kandungan beta karoten yang ada di dalam buah ini juga mampu membuat mata menjadi sehat. Beta karoten inilah yang nantinya akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. 

"Vitamin A merupakan vitamin yang menyehatkan organ penglihatan kita," ucap dr. Silvia. 

Manfaat lainnya dari mengonsumsi semangka yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena buah ini kaya akan vitamin C. "Vitamin C memiliki fungsi membantu menyehatkan sistem imun kita. Sehingga tubuh tidak akan mudah sakit di saat cuaca kurang baik atau sangat ekstrem," ujarnya.

Menurut dia, buah semangka juga dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Kandungan senyawa karotenoid pada buah tersebut dapat menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh seseorang.

Selanjutnya rutin mengonsumsi semangka akan membantu organ ginjal menjadi lebih sehat, sehingga aliran urine akan tetap lancar. "Dengan lancarnya aliran urine, maka akan berdampak pula pada kesehatan organ ginjal di dalam tubuh," tutur dr. Silvia.

Dokter Silvia juga menyampaikan kandungan sitrulin pada semangka memiliki peran penting dalam mengurangi lemak berlebih di tubuh. Dengan kandungan nutrisi yang ada pada semangka, Anda sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi buah ini karena manfaatnya sangat menakjubkan. []

Baca juga:

Berita terkait
Manfaat Makan Sayur Brokoli untuk Kesehatan Tubuh
Mengonsumsi brokoli setiap hari nyatanya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat mengonsumsi brokoli secara rutin.
Cegah Kanker dan Sembilan Manfaat Buah Aprikot
Buah aprikot kaya akan manfaat untuk kesehatan, jadi jangan sia-siakan khasiatnya.
Manfaat Minum Air Putih Sebelum dan Setelah Aktivitas
Dokter Ahmad Aulia Ghufron menyarankan setiap orang minum air sebelum, saat dan setelah beraktivitas. Berikut manfaat minum air putih setiap hari.
0
Manfaat Makan Buah Semangka Setiap Hari
Semangka telah menjadi buah favorit bagi banyak orang karena mampu menghilangkan dahaga saat udara berasa panas. Berikut manfaat lainnya.