UNTUK INDONESIA
Manfaat Konsumsi Buah Kelapa untuk Kesehatan
Buah kelapa yang banyak digemari orang, ternyata memiliki beragam manfaat yang tidak terduga bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaatnya.
Ilustrasi Buah Kelapa. (Foto: Pixabay/Lebensmittelfotos)

Jakarta - Buah kelapa yang banyak digemari orang, ternyata memiliki beragam manfaat yang tidak terduga bagi kesehatan tubuh. Selain buahnya, semua bagian pohon kelapa juga bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari. 

 "Daun buah kelapa bisa digunakan sebagai bungkus ketupat, kemudian lidi dan seratnya bisa dipakai untuk membuat sapu. Pelepah dan batangnya bisa untuk kayu bakar, dan buahnya serta kandungan airnya sangat bermanfaat utk menunjang kesehatan tubuh kita," kata Dokter sekaligus dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta, Maria Silvia Merry melalui channel YouTube Dokter 24, seperti yang dikutip Tagar, Senin, 14 September 2020. 

Dokter Silvia mengatakan kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam buah kelapa sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Bila imun tubuh kebal, tentu tubuh tidak mudah terserang berbagai penyakit

"Buah kelapa juga mengandung sumber kalsium dan magnesium untuk kesehatan tulang kita. Maka dari itu untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis yang menyerang pada dewasa atau remaja, bolehlah mengonsumsi buah kelapa ini," ucap dr. Silvia.

Kandungan kalsium dan magnesium pada buah kelapa juga sangat berkhasiat untuk membuat gigi lebih kuat. Nutrisi inilah yang dibutuhkan gigi agar tetap kuat setiap waktu. 

Menurut dia, mengonsumsi buah kelapa secara rutin bisa mampu menjaga kesehatan jantung. "Kandungan lemak jenuh dalam minyak kelapa dapat mengurangi potensi penumpukan lemak di bagian arteri pada organ jantung kita," ujarnya.

Minyak yang berasal dari buah kelapa juga bermanfaat untuk memperlambat proses penuaan dengan cara melindungi tubuh dari radikal bebas. Ini karena buah tersebut memiliki sifat antioksidan.

"Kita terlihat lebih awet muda sepanjang waktu, jika teratur mengonsumsi kelapa," tutur dr. Silvia. 

Selain ampuh melindungi tubuh dari radikal bebas, buah kelapa ternyata dapat menjaga sistem pencernaan. Sehingga, tubuh dapat terhindar dari gangguan pencernaan. Bahkan, dapat menjaga kesehatan rambut hingga bersinar alami.

"Rutin membasahi rambut dengan minyak kelapa di malam hari dan mencucinya pagi hari akan meningkatkan kesehatan rambut dan juga akar rambut kita," ucapnya. []

Baca juga:

Berita terkait
Manfaat Buah Naga Buat Kulit Wajah Cantik Berseri
Buah naga bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja. Tetapi juga berkhasiat untuk kecantikan kulit. Berikut ulasannya.
Tujuh Khasiat Buah Pala untuk Kesehatan
Buah pala selain untuk olahan makanan ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, apa saja?
Enam Khasiat Buah Mengkudu yang Menakjubkan
Mengkudu memiliki bau yang menyengat dan rasa pahit, ternyata menyimpan banyak khasiatnya untuk kesehatan tubuh.
0
Manfaat Konsumsi Buah Kelapa untuk Kesehatan
Buah kelapa yang banyak digemari orang, ternyata memiliki beragam manfaat yang tidak terduga bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaatnya.