UNTUK INDONESIA
Manfaat Buah Delima untuk Merawat Kulit Wajah Berseri
Buah delima kerap dijadikan sebagai bahan untuk perawatan kulit wajah. Berikut manfaat buah delima untuk merawat kulit wajah tetap berseri.
Ilustrasi Buah delima. (Foto: Pixabay/Fruchthandel_Magazin)

Jakarta - Buah delima kerap dijadikan sebagai bahan untuk perawatan kulit wajah. Ini karena kandungan nutrisi dalam buah tersebut, nyatanya ampuh untuk mengatasi noda hitam, kulit kering, jerawat, hingga tanda penuaan. 

Untuk memperoleh khasiatnya Anda bisa mengonsumsinya secara langsung dengan dijadikan campuran yogurt atau oatmeal. Berikut Tagar rangkum dari berbagai sumber mengenai manfaat buah delima untuk kulit wajah. 

1. Membantu Mengatasi Jerawat

Dilansir dari Healthline, konsumsi buah delima bisa meningkatkan kadar antioksidan, vitamin A, E, dan C di dalam tubuh. Sehingga, ampuh untuk mencegah timbulnya jerawat

Selain ampuh mencegah timbulnya jerawat, buah delima juga ternyata berkhasiat untuk mendetoksifikasi hati dan menjaga kesehatan pencernaan. 

2. Melembapkan Kulit

Dr. Ellen Marmur dari Rumah Sakit Mount Sinai di New York, Amerika Serikat (AS) mengatakan sari buah delima bermanfaat mengatasi kulit kering. Sumber vitamin C yang terkandung di dalam buah tersebut ternyata terbukti ampuh melembapkan dan melembutkan kulit. Bahkan, kandungan asam punicic yang ada pada buah delima juga dapat menenangkan kulit kering, iritasi, dan pecah-pecah. 

3. Mengurangi Tanda Penuaan

Manfaat buah delima lainnya yaitu melindungi tubuh dari sengatan matahari. Bila kulit terlalu banyak terkena paparan sinar matahari bisa membahayakan kesehatan kulit. 

Hal ini bisa berakibat pada kerusakan oksidatif di sel-sel kulit. Bila ini terjadi tentu meningkatkan risiko penuaan seperti keriput, kulit terbakar, dan kanker. Buah delima juga terbukti ampuh memperbaiki kerusakan DNA, mencegah hiperpigmentasi, dan flek hitam.

4. Regenerasi Kulit

Dokter spesialis kulit Debra Jaliman asal New York menyebutkan minyak biji buah delima dapat melindungi lapisan luar kulit atau epidermis dan lapisan dalam kulit (dermis), serta meningkatkan regenerasi epidermis. Manfaat lainnya buah delima juga dapat meningkatkan sirkulasi, penyembuhan kulit, memperbaiki jaringan dan penyembuhan luka. 

5. Mencegah Garis Halus dan Keriput

Asam ellagic yang disimpan buah delima dapat mengatasi keriput di kulit wajah. Apalagi asam punicic yang terkandung di dalam buah ini dapat melembapkan kulit. Bila kelembapan kulit wajah Anda selalu terjaga, tentu meminimalisir risiko pengeriputan dini. 

Bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan kulit, disarankan agar mengonsumsi buah delima secara rutin agar kulit tetap ternutrisi. Bila terlalu asam untuk dikonsumsi, Anda bisa mencampurkannya ke dalam oatmeal dan tambahkan madu. 

Jika ingin mendapatkan khasiat buah delima tersebut, Anda disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin agar kesehatan kulit tetap terjaga. []

Baca juga:

Berita terkait
Manfaat Mandi Air Hangat yang Harus Diketahui
Mandi air hangat memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat mandi air hangat yang harus diketahui.
7 Manfaat Madu untuk Perawatan Rambut Sehat Berkilau
Madu bisa digunakan sebagai bahan perawatan rambut agar tampak cantik dan berkilau. Berikut penjelasannya.
7 Manfaat Air Dingin untuk Kecantikan Kulit Wajah
Air dingin bermanfaat untuk kecantikan wajah. Berikut sejumlah manfaat air dingin yang ampuh untuk mempercantik kulit wajah.
0
Manfaat Buah Delima untuk Merawat Kulit Wajah Berseri
Buah delima kerap dijadikan sebagai bahan untuk perawatan kulit wajah. Berikut manfaat buah delima untuk merawat kulit wajah tetap berseri.