Cara Menghaluskan Kulit Wajah Tanpa Produk Kimia

Kulit wajah halus dan sehat merupakan dambaan semua orang terutama perempuan. Berikut cara menghaluskan kulit wajah tanpa produk kimia.
Ilustrasi - Kulit wajah halus. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Kulit wajah halus dan sehat merupakan dambaan semua orang terutama perempuan, demi mendapatkan kulit yang mulus, banyak orang rela merogoh kocek lebih dalam untuk menjalani perawatan kulit. 

Kehalusan kulit Anda ditentukan oleh beragam faktor, mulai dari usia, paparan polusi udara, cara merawat kulit, hingga pola makan. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghaluskan wajah secara alami.


1. Tidur cukup

Tidur yang cukup terbukti dapat menyehatkan dan menghaluskan kulit wajah. Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Nature Cell Biology, hal ini disebabkan karena perbaikan kolagen lebih banyak terjadi ketika Anda tidur.

Kolagen merupakan serat-serat protein yang menyusun kulit, rambut, dan kuku. Jika kulit memiliki kolagen yang cukup, penampilannya akan tampak halus, kenyal, dan sehat. Jadi, jika Anda ingin menghaluskan wajah secara alami, cobalah cara yang satu ini.


2. Rajin minum air

Cara yang satu ini terbukti membantu mencerahkan kulit secara alami. Kekurangan asupan air dalam jangka panjang dapat menyebabkan dehidrasi. Salah satu tanda dehidrasi yaitu kulit tampak kering, kusam, dan bahkan bersisik.

Menurut sejumlah penelitian, rutin minum air putih 2,25 liter sehari bisa memengaruhi kepadatan dan ketebalan kulit. Studi lainnya dari University of Missouri, AS, pun mengungkapkan bahwa minum 500 mL air dapat meningkatkan aliran darah menuju kulit.


3. Eksfoliasi secara rutin

Eksfoliasi bertujuan untuk membersihkan lapisan kulit mati dan minyak yang menumpuk pada wajah. Cara ini juga bisa mempercepat pembelahan sel kulit dan meningkatkan aliran darah sehingga wajah Anda mendapatkan cukup oksigen dan nutrisi.

Ada banyak bahan alami yang dapat Anda jadikan sebagai eksfoliator, antara lain kopi, oatmeal, serta scrub gula dan garam. Gunakan bahan-bahan ini secara rutin sebanyak 3 kali seminggu.


4. Olahraga secara teratur

Olahraga meningkatkan denyut jantung, merangsang produksi kolagen, serta memacu aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi untuk kulit. Jadi, cara ini tidak hanya menyehatkan tubuh, tapi juga membantu menghaluskan kulit wajah secara alami.

Sebuah studi pada hewan pun mengungkapkan bahwa olahraga dapat memperlambat munculnya tanda penuaan dini. Untuk mendapatkan manfaat ini, coba awali dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau jogging 30 menit dalam sehari.


5. Melembapkan dan melindungi kulit wajah

Wajah yang cerah bermula dari wajah yang lembap dan terawat. Air putih, sayuran, dan buah-buahan sebenarnya dapat melembapkan kulit wajah secara alami. Namun, Anda juga bisa menambahkan kelembapan kulit dengan madu atau gel lidah buaya.

Selain itu, jangan lupa gunakan tabir surya sebelum beraktivitas untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari. Oleskan kembali setiap 2 – 3 jam sekali, terutama bila Anda berkegiatan di luar rumah dalam cuaca yang terik. []

Berita terkait
Cara Membuat Serum Wajah Sendiri dengan Hemat Biaya
Nah, daripada harus membeli serum yang kerap dibandrol dengan harga mahal, Anda bisa mengasah kreativitas dengan membuat serum wajah sendiri.
7 Manfaat Clay Mask untuk Wajah Bersih Alami
Clay mask merupakan masker yang terbuat dari beberapa jenis tanah liat. Berikut manfaatnya bagi kesehatan kulit wajah agar bersih alami.
5 Manfaat Daun Seledri Bagi Wajah Berjerawat
Hampir semua jenis tumbuhan yang ada di muka bumi memiliki manfaat tersendiri sebut saja daun seledri yang juga miliki manfaat untuk kulit wajah.
0
Cara Menghaluskan Kulit Wajah Tanpa Produk Kimia
Kulit wajah halus dan sehat merupakan dambaan semua orang terutama perempuan. Berikut cara menghaluskan kulit wajah tanpa produk kimia.