Cara Menghilangkan Garis Senyum Agar Wajah Tampak Mulus

Garis senyum biasanya muncul begitu seseorang menginjak usia paruh baya. Untuk mencegahnya, Berikut caranya.
Ilustrasi - Cara menghilangkan garis senyum. (Foto: Tagar/Shutterstock)

Jakarta - Garis senyum biasanya muncul begitu seseorang menginjak usia paruh baya. Untuk mencegahnya, Anda perlu menjalani gaya hidup sehat, rajin minum air putih, makan makanan dengan gizi yang seimbang, dan rajin merawat kulit sejak dini.

Namun, langkah-langkah pencegahan tersebut mungkin tidak menghilangkan garis senyum yang sudah muncul. Sebagai gantinya, Anda membutuhkan perawatan berikut ini.


1. Operasi

Tidak sedikit yang memilih menghilangkan garis senyum dengan cara operasi karena hasilnya bertahan lebih lama. Dokter bedah pun biasanya tidak hanya menghilangkan garis di sekitar bibir, tapi juga garis di sekitar mata dalam satu prosedur yang sama.

Kendati efektif, prosedur yang dikenal sebagai operasi facelift ini juga mempunyai kekurangan. Operasi umumnya jauh lebih mahal dari metode lain. Namun, pasien bisa mengalami efek samping infeksi, nyeri, dan pembentukan jaringan luka pada kasus tertentu.

Garis senyum merupakan keriput yang terbentuk di sekitar bibir dan mata. Anda dapat mencegahnya dengan merawat kulit dan menjalani pola makan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit sejak usia 20-an.


2. Suntik filler

Suntik filler bertujuan untuk menghilangkan garis-garis senyum tanpa operasi. Caranya dengan menyuntikkan bahan tertentu pada lekukan di sepanjang bibir hingga hidung. 

Cara ini dapat menghilangkan garis senyum dalam waktu singkat. Hasilnya pun bisa bertahan hingga beberapa bulan. Akan tetapi, suntikan yang diberikan berulang kali kemungkinan dapat meninggalkan bekas luka pada wajah.


3. Suntik botox

Botox (Botulinum toxin) merupakan obat yang terbuat dari racun bakteri Clostridium botulinum. Pada dosis yang tepat, racun ini dapat melemaskan otot wajah sehingga wajah tampak lebih mulus serta bebas dari keriput.

Hasil suntik botox biasanya terlihat dalam beberapa hari dan dapat bertahan selama 3 – 4 bulan. Guna mempertahankan penampilan kulitnya, pasien mungkin akan disarankan untuk menjalani perawatan tambahan hingga beberapa kali ke depan.


4. Perawatan laser

Ini merupakan teknik menghilangkan garis senyum dengan cara meratakan permukaan kulit. Sinar laser akan menghilangkan lapisan teratas kulit hingga hanya tersisa lapisan kulit baru yang bersih, mulus, dan sehat.

Teknik ini juga kerap menjadi andalan untuk memudarkan flek hitam dan keriput pada bagian wajah yang lain. Pasien mungkin akan mengalami nyeri dan bengkak pada area wajah yang dilaser, tapi efek samping ini biasanya hilang setelah beberapa hari. []


Berita terkait
Cara Menghaluskan Kulit Wajah Tanpa Produk Kimia
Kulit wajah halus dan sehat merupakan dambaan semua orang terutama perempuan. Berikut cara menghaluskan kulit wajah tanpa produk kimia.
Cara Membuat Serum Wajah Sendiri dengan Hemat Biaya
Nah, daripada harus membeli serum yang kerap dibandrol dengan harga mahal, Anda bisa mengasah kreativitas dengan membuat serum wajah sendiri.
Cara Meratakan Warna Kulit Wajah Secara Alami
Warna kulit tidak merata alias kulit belang membuat sebagain orang tampil tak percaya diri. Berikut cara alami mengatasinya.
0
Cara Menghilangkan Garis Senyum Agar Wajah Tampak Mulus
Garis senyum biasanya muncul begitu seseorang menginjak usia paruh baya. Untuk mencegahnya, Berikut caranya.