Manfaat dan Risiko Konsumsi Telur Mentah Bagi Kesehatan

Telur adalah pilihan yang baik sebagai bagian dari diet sehat dan seimbang. Berikut manfaat dan resiko konsumsi telur mentah bagi kesehatan.
Ilustrasi - Telur Mentah. (Foto: Tagar/pcrm.org)

Jakarta - Telur adalah pilihan yang baik sebagai bagian dari diet sehat dan seimbang. Selain sebagai sumber protein, telur juga mengandung vitamin dan mineral. Jika Anda ingin menambahkan lebih banyak protein dan nutrisi ke dalam diet Anda, telur adalah pilihan makanan yang bergizi.

Telur mentah padat nutrisi dan dikemas dengan protein, lemak baik, vitamin, mineral, dan antioksidan yang melindungi mata, otak, dan jantung Anda. Kuning telur mengandung sebagian besar nutrisi. Telur mentah juga tinggi lutein dan zeaxanthin. Antioksidan penting ini melindungi mata Anda dan dapat mengurangi risiko penyakit mata terkait usia.

Penting untuk dicatat bahwa hampir semua nutrisi ini terkonsentrasi di kuning telur. Putih telur sebagian besar terdiri dari protein. Mereka mengandung mikro dan makronutrien yang penting dan telah muncul dalam banyak penelitian ilmiah.

Selain itu, satu telur mentah mengandung 147 mg kolin (27% dari DV Anda), nutrisi penting yang telah terbukti berdampak positif pada fungsi otak. Kolin juga berperan dalam kesehatan jantung.

Profil nutrisi telur mentah dan profil nutrisi telur matang memiliki beberapa perbedaan yang mencolok, termasuk fakta bahwa makan telur mentah atau makanan yang mengandungnya menimbulkan kekhawatiran tentang risiko tertular infeksi Salmonella

Memakan telur mentah bisa berpotensi berbahaya jika mengandung Salmonella. Sekitar satu dari 20.000 telur tidak. Salmonella adalah bakteri yang biasa ditemukan dalam makanan yang menyebabkan diare, demam, kram, dan muntah.

Dalam kasus yang serius, Anda dapat mengembangkan masalah kesehatan kronis, parah, atau mengancam jiwa dari makan bakteri yang dibawa makanan. 

Salmonella menyebabkan sekitar 30 kematian di Amerika Serikat setiap tahun. Anda biasanya akan mengalami penyakit 1 sampai 3 hari setelah makan makanan yang terkontaminasi bakteri. Namun, Anda bisa sakit di mana saja antara 20 menit dan 6 minggu setelah Anda memilikinya.

Biasanya, memasak telur secara menyeluruh akan membunuh bakteri. Jika Anda menggunakan resep yang membutuhkan telur mentah atau setengah matang, pastikan Anda hanya menggunakan telur yang telah diolah untuk menghancurkan Salmonella melalui pasteurisasi atau produk telur yang dipasteurisasi.

(Putri Fatimah)


Berita terkait
Cara Menjalani Diet Telur, Pilih Versi yang Paling Aman
Ada berbagai versi diet telur dan tidak semuanya sehat, bahkan mungkin tidak bekerja juga.
Cara Memasak Telur yang Benar, Hindari 7 Kesalahan Ini
Meskipun memasak telur itu sederhana, ternyata ada hal-hal kecil yang membuat hasilnya tak sempurna.
Inilah yang Membuat Telur Bebek Lebih Unggul dari Telur Ayam
telur bebek mendapatkan popularitas yang tinggi, terutama di negara-negara Asia.
0
Manfaat dan Risiko Konsumsi Telur Mentah Bagi Kesehatan
Telur adalah pilihan yang baik sebagai bagian dari diet sehat dan seimbang. Berikut manfaat dan resiko konsumsi telur mentah bagi kesehatan.