Apa yang Terjadi Ketika Anda Sarapan 1 Telur Setiap Hari?

Murah dan mudah dalam penyajian. Telur tinggi protein. Namun, apa yang terjadi ketika Anda sarapan satu telur setiap hari?
Selain kaya akan gizi, telur juga memiliki kandungan protein tinggi yang dapat menghasilkan energi untuk menjalani aktivitas selama berpuasa. (Foto: Pixabay/Beetle)

Jakarta - Murah dan mudah dalam penyajian. Anda hanya membutuhkan beberapa menit untuk memasaknya ketika tergesa-gesa berangkat kerja. Telur adalah cara sederhana untuk meningkatkan asupan protein Anda.

Banyak dari kita mengonsumsi telur ketika sarapan. Telur mengandung banyak nutrisi bermanfaat. Satu butir telur berukuran sedang menyimpan 70 kalori. Itu sama dengan sumber protein baik yang bisa membantu menstabilkan kadar gula darah.

Telur juga menyediakan semua asam amino esensial dan kaya zat besi. Tubuh kita memerlukan sekitar 11 asam lemak esensial, telur mengandung sebanyak sembilan asam lemak tersebut.

Setelah membahas tentang manfaat telur bagi kesehatan, Tagar informasikan apa yang terjadi ketika Anda sarapan satu telur setiap hari. Simak berikut ini:

Energi

Mengonsumsi telur dengan cara digoreng, ceplok, dadar, rebus, atau apapun ketika sarapan bisa menjaga eneregi. Anda bisa merasakan kenyang lebih lama sehingga dapat menghindari camilan lain di pagi hari.

Ilustrasi senang, merayakanIlustrasi berenergi. (Foto: Pixabay)

Sumber protein

Telur dianggap sebagai sumber protein paling lengkap. Telur juga mengandung semua asam amino esensial yang kita butuhkan dari asupan makanan sehari-hari.

Olahraga bersama pasanganPasangan bugar dan sehat sedang bercengkrama. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Tingkatkan Imunitas

Selenium merupakan nutrisi yang membantu mendukung imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Selain itu mengatur hormon tiroid.

Telur kaya akan selenium, jika mengonsumsi satu atau dua butir untuk sarapan pagi bisa membantu Anda melawan risiko infeksi dan tentunya meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Siswa berangkat SekolahIlustrasi seoranng siswa terlihat senang saat berangkat ke sekolah. (Foto: Pixabay)

Baca juga:

Melindungi otak

Telur mengandung nutrisi penting membantu perkembangan otak, kolin. Sebab itu telur disebut sebagai makanan otak. Penelitian telah membuktikan bahwa kekurangan kolin dapat menyebabkan gangguan neurologis dan penurunan fungsi kognitif.

Kekurangan kolin juga dapat meningkatkan risiko demensia dan penyakit Alzheimer. Mengkonsumsi telur secara teratur dapat membantu Anda menjaga kadar kolin tetap normal dan melindungi otak Anda.

IlustrasiIlustrasi stres karena pekerjaan. (Foto: roberthalf.com)

Meredakan stres dan kecemasan

Kandungan 9 asam amino berbeda dalam telur bisa merangsang kesehatan mental. Selain itu bisa mengatur pelepasan serotonin, neurotransmitter yang bertanggung jawab untuk relaksasi, ketenangan, dan suasana hati yang baik.

Kekurangan 9 asam amino tersebut dapat memengaruhi kesehatan mental. Jika mengonsumsi telur untuk sarapan pagi, Anda bisa memulai hari dengan tenang dan santai, serta menjauhi stres dan kecemasan.

Berita terkait
Minum Es Jeruk Usai Makan Seafood Turunkan Kolesterol?
Apakah minum es jeruk setelah makan seafood dapat menurunkan kadar kolesterol?
Merasakan Makanan Seperti Ini? Bisa Jadi Anda Positif Corona
Mereka yang menduga terinfeksi virus corona bisa mengujinya dengan mengetes indera pengecap saat merasakan makanan.
Bikin Awet Muda, 4 Jenis Makanan Ber-Kolagen dari Alam Semesta
Alam semesta yang dikaruniai beragam jenis makanan, juga memiliki aneka resep rahasia awet muda. Salah satunya kolagen.
0
China Tuduh Amerika Politisasi Asal Muasal Virus Corona
China mengecam langkah Amerika Serikat melacak asal muasal virus corona yang disebut China sebagai “mempolitisasi” pelacakan