Kepergian Ashraf Sinclair Mengagetkan BCL

Kepergian Ashraf Sinclair, kejutkan sejumlah pihak, khususnya sang istri, Bunga Citra Lestari (BCL), Ashraf dikenal tidak memiliki riwayat penyakit
Ashraf dan BCL (Foto: Instagram @ashrafsinclair).

Jakarta - Kabar meninggalnya aktor asal Malaysia, Ashraf Sinclair, mengejutkan sejumlah pihak, khususnya sang istri, Bunga Citra Lestari (BCL). Pasalnya, pria keturunan Inggris-Melayu ini dikenal sebagai orang yang tidak memiliki riwayat penyakit apapun dan sering menerapkan pola hidup sehat.

Ashraf meninggal dunia pada usia 40 tahun karena serangan jantung. Sebelumnya, almarhum sempat dilarikan ke Rumah Sakit MMC Kuningan, Jakarta. Namun nyawanya tak sempat tertolong dan dinyatakan meninggal pada 18 Februari 2020 sekitar pukul 04.51 WIB.

Salah satu musisi Indonesia, Maia Estianty, memberikan keterangan terkait kronologis meninggalnya pria yang aktif bermain sinetron itu.

"Jadi (Ashraf meninggal) pas mau istirahat malam. Ashraf ditinggal Unge (BCL) untuk membersihkan muka. Pas mau pesan mie instan, usai bersihin muka, (Ashraf) nggak bangun-bangun. Jadi peristiwanya amat cepat," ujar Maia.

Kabarnya, Jenazah akan dimakamkan di pemakaman San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat. Almarhum rencananya akan diberangkatkan pukul 14.00 atau 15.00 siang.

Sebelumnya, jenazah Ashraf disemayamkan di kediaman BCL di Jalan Pejaten Barat, Kelurahan Pejaten Barat, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

bcl2Ashraf Sinclair (Foto: Instagram @ashrafsinclair).

Selain keluarga besar BCL dan Ashraf, hadir sejumlah publik figur Tanah Air seperti, Iis Dahlia, Daniel Mananta, dan Rossa. Kepada awak media, Rossa menyampaikan rasa belasungkawanya atas kepergian Ashraf.

"Saya dan seluruh teman-teman berduka cita, semoga Unge dan keluarga diberikan kekuatan untuk ini, dan Ashraf diterima amal ibadahnya," kata Rossa.

1. Karier Ashraf Sinclair

Sebelum berkarier di Indonesia, Ashraf sudah menjadi selebriti di Malaysia. Namanya mulai dikenal setelah membintangi film romansa asal Negeri Jiran, Gol dan Gincu (2005). Dalam film tersebut, Ashraf berperan sebagai Eddy. Sejak saat itu, berbagai tawaran mulai dari film, sinetron, hingga iklan mulai berdatangan.

Beberapa sinetron yang pernah ia bintangi di antaranya, Sekar (2008), Cinta dan Anugerah (2009), Sejuta Cinta Marshanda (2010), Kasih dan Cinta (2011), Putri Bidadari (2012), Pashmina Aisha (2014), Catatan Hati Seorang Istri 1 & 2 (2014 & 2016), Cinta yang Hilang (2018), dan yang terbaru, Dewi (2019-2020). Total Sinetron yang pernah ia bintangi sejak 2008-2020 yaitu sekitar 13 sinetron.

Ashraf juga beberapa kali tampil bersama sang istri di berbagai iklan seperti Tora Bika, LINE, Belvita, dan NYU Creme Hair. Selain itu, ia juga pernah menjadi host dalam acara Box Office Now.

Tak hanya aktif di industri hiburan, Ashraf juga dikenal sebagai seorang pebisnis. Pada 2017, ia bergabung dengan modal ventura Amerika Serikat, 500 Startups.

Di 500 Startups, Ashraf menjadi partner di Asia Tenggara. Tugasnya adalah mencari startup di Indonesia yang layak menerima pendanaan dari 500 startup.

Beberapa startup di Indonesia yang telah menerima kucuran dana dari 500 Startups diantaranya, Konserku, Kredivo, Kudo, dan Bukalapak.

Selain itu, Ashraf juga merupakan Co-founder klub crossfit bersama dua temannya, Brian Panji dan Oka Tripambudi.

2. Menikah dengan BCL

Pada 2007, dunia maya dihebohkan dengan beredarnya foto-foto Ashraf dan BCL. Keduanya kemudian diisukan tengah menjalin hubungan asmara. Hingga pada akhirnya, pria kelahiran London, 18 September 1979 ini pun meminang perempuan pujaannya itu pada 8 November 2008 di Masjid Al Bina Senayan, Jakarta.

Pernikahan Ashraf dan BCL digelar dua kali yaitu di Jakarta dan Kuala Lumpur, Malaysia. Acara Resepsi di Jakarta dilangsungkan di Golden Ballroom Hotel Sultan Carlton. Sementara itu, acara di Malaysia dilaksanakan di The Saujana Kuala Lumpur Hotel, Subang dan Klub Golf Petaling jaya.

Usai melangsungkan pernikahan, Ashraf dan BCL kemudian tampil bersama dalam film Saus Kacang (2008). Dalam film yang ber-setting di Bali itu, BCL berperan sebagai Dewi, seorang juru masak di sebuah hotel bintang 5. Sementara Ashraf berperan sebagai Fredo, turis dari Malaysia.

Beberapa tahun terakhir Ashraf tampil di salah satu film horor, Bayi Gaib: Bayi Tumbal Bayi Mati (2018) dan beradu akting bersama aktor kawakan lainnya seperti Rianti Cartwright, Mario Lawalata, dan Dorman Borisman.

Dalam suatu kesempatan, saudara Aishah Sinclair dan Adam Sinclair ini mengaku menikmati tampil ataupun menyaksikan film-film bergenre horror karena memacu adrenalinnya.

Selama 11 tahun membangun biduk rumah tangga, keduanya tak pernah diterpa isu miring dan nampak harmonis. Terlebih setelah kelahiran putra pertama mereka pada 22 September 2010, Noah Sinclair.

3. Suka Berolahraga

Putra pasangan Mohamed Anthony John Sinclair dan Khadijah Abdul Sinclair ini diketahui gemar melakukan berbagai aktivitas olahraga.

Dari akun instagramnya, @ashrafsinclair, Ashraf sering memamerkan foto-fotonya yang tengah menyelam, bertanding di lapangan futsal, fitnes, hingga bermain golf. []

Berita terkait
Keluarga BCL Gelar Tahlilan untuk Ashraf Sinclair
Suasana pembacaan tahlil yang digelar keluarga artis Bunga Citra Lestari (BCL) untuk mendoakan Almarhum Ashraf Sinclair berjalan hikmat.
Fakta Ariel Noah dan BCL di Lagu Menghapus Jejakmu
Tepat di Hari Valentine 14 Februari 2020, Ariel Noah merilis lagu Menghapus Jejakmu versi video studio session di kanal YouTube bersama BCL.
Ungkapan Duka dari Presiden Jokowi untuk Suami BCL
Presiden Indonesia Jokowi turut mengirimkan karangan bunga sebagai ungkapan berduka cita wafatnya Ashraf Sinclair suami dari BCL.
0
Mendagri Lantik Bupati dan Wakil Bupati Supiori, Serta Penjabat Bupati Boven Digoel
Mendagri melantik Yan Imbab & Nichodemus Ronsumbre sebagai Bupati dan Wakil Bupati Supiori juga Yimin Weya sebagai Penjabat Bupati Boven Digoel.