Manfaat Cokelat Hitam untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berikut Tagar rangkumkan manfaat kesehatan dari dark chocolate atau cokelat hitam yang dikutip dari laman Healthline.
Ilustrasi dark cocholate alias cokelat hitam. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Cokelat hitam mempunyai manfaat untuk memelihara kesehatan dan dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi serta menurunkan risiko penyakit jantung.

Hal yang membedakan cokelat hitam dengan jenis cokelat lain, yakni berbahan dasar dari tanaman kakao yang merupakan salah satu sumber antioksidan.

Kandungan kakao murni pada cokelat hitam antara 35-85 persen, cokelat hitam juga tidak dicampur dengan susu dan mengandung lebih sedikit gula.

Sedangkan jenis cokelat yang banyak ditemui di pasaran biasanya telah dicampur susu, banyak gula, dan hanya 10 persen kandungan kakaonya.

Berikut Tagar rangkumkan manfaat kesehatan dari dark chocolate atau cokelat hitam yang dikutip dari laman Healthline:

Cokelat hitam

Cokelat hitam (Foto: Pixabay)

1. Bergizi

Sebatang cokelat hitam 100 gram dengan 70 – 85 persen kakao mengandung:

  • 11 gram serat
  • 67 persen dari RDI untuk zat besi
  • 58 persen dari RDI untuk magnesium
  • 98 persen dari RDI untuk mangan
  • 89 persen dari RDI untuk tembaga
  • Serta memiliki banyak potassium, fosfot, seng, dan selenium

Namun anda tidak harus mengonsumsi cokelat besar setiap hari dan disarankan dikonsumsi dalam takaran yang tepat. Semua nutrisi ini juga mengandung sekitar 600 kalori dan gula dalam jumlah sedang.

2. Antioksidan Kuat

Biji kakao mentah dan belum diolah merupakan salah satu makanan dengan angka antioksidan tinggi.

Sebuah studi menunjukkan bahwa kakao dalam cokelat hitam mempunyai antioksidan, polifenol, dan flavanol yang lebih banyak daripada buah lain yang diuji, termasuk blueberry dan acai berry.

3. Menjaga dan Menurunkan Tekanan Darah

Flavanol dalam cokelat hitam dapat menstimulasi endotel, lapisan arteri, dan menghasilkan oksida nitrat (NO).

Salah satu fungsi NO ialah mengirim sinyal ke arteri untuk rileks, yang menurunkan resistensi terhadap aliran darah sehingga bisa menurunkan tekanan darah.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa cokelat hitam dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah, meski efeknya ringan.

4. Meningkatkan HDL

Cokelat hitam mengandung nutrisi dan antioksidan yang dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mencegah terjadinya sumbatan pada pembuluh darah (ateroklerosis) yang menjadi penyebab penyakit stroke dan jantung.

5. Melindungi Kulit

Senyawa bioaktif dalam cokelat hitam juga bagus untuk kulit. Sementara kandungan antioksidan flavonoid pada cokelat hitam bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan serta hidrasi kulit, dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan penuaan dini dan kulit keriput.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Kakao dapat secara signifikan meningkatkan fungsi kognitif pada lansia dengan gangguan mental. Hal ini dapat meningkatkan kefasihan verbal dan beberapa faktor risiko penyakit.

Kandungan nutrisi dan antioksidan pada cokelat hitam mempunyai peran besar dalam melancarkan aliran darah ke otak dan memelihara fungsi otak. []

(Cherryn Lagustya)

Berita terkait
Manfaat Positif dan Negatif Jus Seledri untuk Kesehatan
Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan beberapa manfaat positif dan negatif jus seledri untuk kesehatan tubuh.
Empat Jenis Vitamin Terbaik untuk Kesehatan Kulit
Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan 4 vitamin terbaik untuk kulit.
Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah
Berikut Tagar rangkumkan lima 5 manfaat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.