UNTUK INDONESIA

Empat Jenis Vitamin Terbaik untuk Kesehatan Kulit

Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan 4 vitamin terbaik untuk kulit.
Ilustrasi vitamin untuk kesehatan kulit. (Foto: Freepik)

Jakarta - Perawatan terhadap kulit merupakan hal penting yang perlu dilakukan setiap hari bagi semua orang. Sebelum sampai ke tahap memilih produk skin care (perawatan kulit), ada baiknya untuk ketahui terlebih dahulu kandungan-kandungan penting seperti vitamin yang bermanfaat untuk kulit.

Biasanya, dalam beberapa produk skin care pun juga mengandung vitamin. Perlu diingat bahwa vitamin merupakan yang terpenting karena jika sampai kekurangan, bisa memberikan efek buruk pada kulit.

Vitamin yang baik tidak hanya dapat diperoleh dalam bentuk obat-obatan seperti tablet atau kapsul. Bahan-bahan alami seperti sinar matahari atau dalam bentuk makanan juga mengandung vitamin yang baik untuk kulit.

Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan 4 vitamin terbaik untuk kulit:

Tips merawat Kulit

Tips merawat Kulit agar Sehat dari luar dan dalam. (Foto : Tagar/Pexels)

1. Vitamin D

Vitamin D paling sering dibuat saat sinar matahari diserap oleh kulit. Vitamin ini befungsi untuk membantu menciptakan sel-sel yang sehat, termasuk kulit. Untuk kulit, vitamin D berperandi mana dalam warna kulit, bahkan dapat membantu mengobati psoriasis.

Salah satu jenis vitamin D yang dapat mengobati psoriasis adalah Calcitriol. Terdapat beberapa cara untuk memperoleh vitamin D, antara lain:

  • Terkena paparan sinar matahari selama 10 menit sehari (konsultasikan dulu pada dokter, terutama jika memiliki riwayat kanker kulit).
  • Makan makanan yang diperkaya oleh vitamin D seperti sereal sarapan, jus jeruk, dan yogurt.
  • Makan makanan yang memiliki vitamin D secara alami, seperti ikan salmon, tuna, dan kod.

2. Vitamin C

Vitamin C ditemukan pada tingkat tinggi di epidermis (lapisan luar kulit) serta dermis (lapisan dalam kulit). Sifatnya adalah sebagai antioksidan dan juga perannya dalam memproduksi kolagen dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Inilah sebabnya vitamin C sering ditemukan di produk perawatan kulit antipenuaan.

Selain itu, vitamin C juga dapat membantu memperbaiki dan mencegah kulit kering juga mengatasi kemerahan dan noda hitam.

Jarang terjadi orang yang kekurangan vitamin C karena sudah banyak produk dijual yang mengandung bahan ini, bahkan termasuk makanan yang kita makan.

Namun, jika merasa kekurangan vitamin C, Anda bisa mendapatkannya dari:

  • Makanan atau minuman yang mengandung jeruk (lebih baik untuk makan jeruknya langsung).
  • Makan sumber vitamin C nabati lainnya seperti stroberi, brokoli, dan bayam.
  • Minum suplemen sesuai anjuran dokter.

3. Vitamin E

Seperti vitamin C, vitamin E adalah antioksidan. Fungsi utamanya dalam perawatan kulit adalah melindungi dari kerusakan akibat sinar UV yang dipancarkan matahari. Ini dapat membantu mencegah bintik hitam dan kerutan.

Biasanya, tubuh memproduksi vitamin E melalui sebum (zat berminyak yang dikeluarkan melalui pori-pori kulit). Dalam keseimbangan yang tepat, sebum membantu menjaga kulit tetap terkondisi dan mencegah kekeringan. Selain itu, vitamin E juga membantu dalam pengobatan peradangan kulit.

Meskipun sudah banyak ditemukan kandungan ini di berbagai produk perawatan kulit, Anda tetap harus meningkatkan asupan vitamin E dengan:

  • Makan lebih banyak kacang-kacangan dan biji-bijian seperti almond, hazelnut, dan biji bunga matahari.
  • Mengonsumsi multivitamin atau suplemen vitamin E.
  • Menggunakan produk topikal yang mengandung vitamin E (akan lebih baik jika dalam produk tersebut juga mengandung vitamin C karena akan bekerja lebih efektif).

4. Vitamin K

Vitamin K sangat penting dalam membantu proses pembekuan darah tubuh yang dapat membantu menyembuhkan luka, memar, dan area yang terkena operasi. Fungsi dasar vitamin K juga dianggap membantu kondisi kulit seperti stretch mark, spider veins (pembuluh darah laba-laba), bekas luka, noda gelap, dan lingkaran di bawah mata.

Namun, penelitian tentang efek vitamin K pada kulit lebih terbatas daripada vitamin E dan C. Untuk menambah asupan vitamin K, Anda bisa mendapatkannya dari beberapa sayuran seperti kale, bayam, selada, kubis, dan buncis.

Tubuh Anda mungkin sudah mendapatkan asupan vitamin-vitamin tersebut yang cukup melalui makanan sehari-hari. Jika ingin lebih memastikan, Anda bisa melakukan tes darah untuk mengetahui tentang kekurangan vitamin atau tidak.

Selain itu, penting juga untuk konsumsi suplemen vitamin yang kini sudah sangat mudah untuk dicari di apotek. Namun, untuk hasil lebih baik dan mendapatkan panduan yang tepat, disarankan untuk konsultasikan pada dokter. []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah
Berikut Tagar rangkumkan lima 5 manfaat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah.
12 Jenis Makanan Bantu Menyehatkan Kulit
Berikut Tagar rangkumkan 12 makanan terbaik yang bisa membantu untuk menjaga kesehatan kulit, dikutip dari laman healtline.
7 Tips Mencegah dan Mengatasi Milia Pada Wajah
Berikut Tagar rangkumkan sejumlah tips untuk bantu mempercepat proses penyembuhan dan mencegah milia.
0
Empat Jenis Vitamin Terbaik untuk Kesehatan Kulit
Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan 4 vitamin terbaik untuk kulit.