UNTUK INDONESIA
Empat Makanan Berlin, Kota Sandhy Sondoro Ngamen
Sandhy Sondoro salah satu penyanyi kebanggaan Indonesia, Sandy diketahui sempat jadi pengamen di Berlin.
Empat Makanan Berlin, Kota Sandhy Sondoro Ngamen. (Foto: Instagram/feelgoodfoodandmore)

Jakarta - Siapa tak kenal dengan Sandhy Sondoro, ipar dari Sarah Sechan ini dikenal dengan suaranya yang merdu. Sebelumnya, Sandy diketahui sempat mengamen di Berlin Jerman.

Berlin merupakan sebuah kota yang menarik untuk wisata, mulai dari Tempat Wisata di Berlin yang beraneka ragam hingga aneka makanan yang cocok untuk para penggemar wisata kuliner.

Jika sedang mencari makanan khas yang bisa dicicipi, berikut Tagar berikan rekomendasi makanan khas Berlin yang terkenal di kalangan wisatawan luar Jerman.

1. Bratwurst

BratwurstEmpat Makanan Berlin, Kota Sandhy Sondoro Ngamen. (Foto: Instagram/station_berlin)

Bratwurst merupakan salah satu sosis khas Jerman yang dikenal dengan kelezatannya, karena hanya menggunakan daging untuk bahan isinya. 

Pada umumnya menggunakan daging sapi muda, tapi lebih sering digunakan daging babi oleh sebagian orang khususnya di Amerika Utara. 

Setiap daerah di Jerman memiliki sosis dengan ciri khasnya masing-masing. Karena daging olahan ini menjadi salah satu produk terbesar dari olahan daging di Jerman. 

Kini ada sekitar 1500 jenis sosis yang sudah menjadi makanan favorit masyarakat Jerman sejak zaman kuno. Bratwurst adalah sosis khas dari kota Nürnberg di negara bagian Bayern, Jerman. 

Campuran bumbu dari Bratwurst sendiri adalah berbagai rempah-rempah termasuk jahe, pala, dan ketumbar atau jintan. Sebelum dikonsumsi, harus dimasak terlebih dahulu biasanya dipanggang dengan saus barbekyu atau digoreng selama 20 sampai 25 menit.

2. Lebkuchen

LebkuchenEmpat Makanan Berlin, Kota Sandhy Sondoro Ngamen. (Foto: Instagram/meinkeksdesign)

Lebkuchen atau roti jahe adalah jenis kue tradisional khas Jerman. Roti yang memiliki rasa jahe ini dibuat dari adonan tepung dengan madu, telur, hazelnut, walnut, badam, manisan jeruk, potongan lemon, marzipan dan rempah-rempah seperti kayu manis, jahe, adas manis, pimento, ketumbar, dan kapulaga.

Walaupun roti jahe telah dibuat di Eropa selama berabad-abad, Jerman merupakan negara yang memiliki sejarah terlama dalam tradisi membuatnya.

Lebkuchen dibuat pertama kali di Nürnberg pada tahun 1395. Pada tahun 1643, warga Nürnberg membangun perkumpulan tukang roti Lebkuchen yang dipelopori oleh 14 orang pembuat roti untuk membuat resep dengan aturan yang teliti.

Sampai tahun 1867, Lebkuchen masih dibuat dengan tangan. Saat ini, sebagian besar sudah dibuat menggunakan mesin, namun masih banyak produsen roti membuatnya dengan tangan. 

Sekarang, diperkirakan sekitar 2000 buah Lebkuchen dibuat per menitnya di Nürnberg dengan tenaga kerja sebanyak 4000 orang. Beberapa dibuat oleh perusahaan besar dan beberapa oleh perusahaan keluarga yang resepnya diwariskan secara turun temurun. 

Resep roti jahe tertua dari abad ke-16 masih disimpan di Museum Nasional Jerman.

3. Currywurst

CurrywurstEmpat Makanan Berlin, Kota Sandhy Sondoro Ngamen. (Foto: Instagram/feelgoodfoodandmore)

Currywurst yang dalam bahasa Jerman berarti sosis kari merupakan masakan khas Jerman dengan bahan utama sosis daging yang dipotong tipis, kadang campur saus tomat atau pasta tomat bercampur kari) dan bubuk kari secukupnya. 

Currywurst biasanya disajikan dengan kentang goreng atau gulungan roti. Sangat terkenal di kawasan metropolitan kota Ruhr, Berlin, dan Hamburg. 

Saus dan sosis yang disajikan juga bervariasi menurut daerah. Di Jerman, currywurst dijual di kios makanan dengan mesin yang akan memotong dan membumbui sosis. 

4. Pretzel


Pretz

PretzelEmpat Makanan Berlin, Kota Sandhy Sondoro Ngamen. (Foto: Instagram/etzelspretzels)

el merupakan kue berupa tiga simpul atau belitan. Memiliki rasa asin dan sedikit manis. Ada dengan tekstur yang lunak dan ada pula yang keras.

Pretzel yang keras telah dikembangkan ke beberapa variasi bentuk dari simpul yang berputar sampai ke bentuk lurus "tongkat pretzel" (disebut dengan "Salzstangen" atau tongkat garam karena ditaburi garam dan di Hungaria bernama Ropi). 

Adonan pretzel dibuat dari tepung terigu, air, gula, dan ragi, dan ditaburi dengan garam kasar.

Pretzel umum ditemui di bagian selatan Jerman (Swabia, Baden, dan Bavaria), dan Swiss. Di tempat-tempat itu pretzel sering diiris secara horisontal, diberi mentega, dan dijual sebagai pretzel mentega. Di Bavaria mereka makan pretzel untuk sarapan, dengan saus sosis putih. Di Hungaria pretzel dengan jenis itu disebut dengan perec. []

Berita terkait
Kuliner Halal Jepang Bikin Menggugah Selera
Kuliner halal Jepang menjadi incaran semua orang, ketika akan mengunjungi negara tersebut.
6 Spot Kuliner Halal di Bali, Rasanya Maknyos Abis
Bali memang salah satu tempat wisata yang memukau di Indonesia. Berikut Tagar rangkumkan 6 spot kuliner halal di Pulau Dewata.
Kemiripan Kuliner Jepang dan Kuliner Indonesia
Memiliki akulturasi yang berbeda, ternyata dari segi kuliner atau makanannya, Indonesia dan Jepang punya kemiripan.
0
Hepatitis A Menyerang Kota Depok, Kenali Gejalanya
Kasus meradangnya Hepatitis A di Depok sempat mencemaskan warga setempat, bagaimana mencegah penyakit ini terjadi, berikut ulasannya.