UNTUK INDONESIA
Kuliner Halal Jepang Bikin Menggugah Selera
Kuliner halal Jepang menjadi incaran semua orang, ketika akan mengunjungi negara tersebut.
Onigiri, kuliner halal di Jepang. (Foto: Instagram/@tmytsm)

Jakarta - Kuliner halal Jepang tentu menjadi incaran semua orang, ketika akan mengunjungi negara tersebut. Jangan khawatir, rasanya juga dikenal enak dan lezat.

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah kuliner berlabel halal di Jepang yang diperoleh dari berbagai sumber.

1. Nizakana

NizakanaNizakana, salah satu kuliner halal di Jepang. (Foto: Instagram/@ tripjepangmurah)

Nizakana ini menjadi salah satu masakan tradisional Jepang yang terbuat dari rebusan daging atau ikan yang lembut. Kemudian, dicampur dengan kuah sup bumbu Jepang atau tsuyu.

Namun, sup yang ada dalam makanan ini sangat berbeda yaitu kuahnya sangat sedikit dan tidak seperti biasanya. Kuliner ini memiliki rasa yang lezat dan nikmat, sehingga kamu tidak akan menyesal mencicipi makanan tersebut.

2. Tempura

Tempura Green BeansTempura green beans, salah satu kuliner halal di Jepang. (Foto: Instagram/@hangrythea)

Tempura merupakan masakan dari sayuran atau seafood yang ditepungi lalu digoreng. Paling enak bila dimakan bersama saus celupan dan garam, sehingga rasanya menjadi lebih gurih.

Tempura juga banyak sekali macamnya, ada tempura udang, daun green beans, cumi, terong, kentang, jamur, ubi, shiso atau perilla, dan juga labu Jepang. Jika ingin mencoba rasa kuliner Jepang ini, kamu bisa menemukannya di street food yang ada di sana.

3. Onigiri

OnigiriOnigiri, kuliner halal di Jepang. (Foto: Instagram/@tmytsm)

Onigiri merupakan nasi kepal yang diberi garam. Biasanya di dalam makanan ini dimasukkan sesuatu atau di luarnya dilapisi dengan sesuatu yang gurih.

Selain nasi dan garam, komposisi makanan ini juga terdiri dari Umeboshi (buah plum), rumput laut, salmon panggang, dan lain sebagainya.

Kamu yang akan mengunjungi Jepang, jangan lupa mencicipi kuliner yang satu ini karena rasanya bisa menggoyangkan lidah Anda dengan kenikmatan makanannya.

4. Soba

SobaSoba ini adalah salah satu jenis mie khas Jepang. (Foto: Instagram/ @sobaya.de.jyokigen)

Makanan ini memang sejenis mie Jepang yang terbuat dari tepung gandum kuda. Dalam bahasa Jepang, tumbuhan serealia gandum kuda juga disebut "soba".

Orang Jepang mempunyai tradisi memakan soba di malam tahun baru. Soba yang dimakan di malam tahun baru disebut toshikoshi-soba (soba melewatkan tahun). Selain itu juga terdapat tradisi memakan soba sewaktu baru pindah rumah.

Berbeda dengan soba yang dimakan untuk merayakan tempat tinggal yang baru disebut hikkoshi-soba (soba pindahan). Adapun bumbu yang digunakan dalam pembuatan soba yaitu bawang daun serut sesuai selera, Shichimi Togarashi (Cabe bubuk 7 rasa) untuk soba yang hangat, dan Wasabi untuk soba yang dingin yaitu Mori Soba atau Zaru Soba.

Kamu yang hendak ke berlibur ke Jepang, jangan lupa mencicipi kelezatan dan kenikmatan rasa kuliner ini karena makanan ini akan membuat Anda semakin ketagihan dengan cita rasanya.

5. Yakitori

YakitoriYakitori, makanan khas Jepang yang memiliki kemiripan dengan Sate yang ada di Indonesia. (Foto: instagram/@irokawahiroshi)

Yakitori merupakan sate khas dari Jepang yang umumnya menggunakan daging ayam. Satu tusuk Yakitori terdiri dari 3 sampai 5 potongan daging ayam dan tidak pernah dicampur dengan potongan hati atau jantung.

Sebagai variasi, ada juga Yakitoriya yang mencampur potongan besar daun bawang dan jamur shiitake kedalam tusukan Yakitori. Bahkan, ada juga Yakitori berupa burung gereja (passer montanus) atau burung kecil lainnya dalam bentuk utuh tanpa dipotong-potong.

Restoran yang hanya menyediakan makanan ini disebut Yakitoriya (tukang yakitori) dan Izakaya (bar/restoran khas Jepang, yang menyajikan minuman beralkohol) juga banyak menyediakan Yakitori. []

Baca juga:

Berita terkait
Makanan Khas Kendari, Kota Kelahiran Idham Azis
Kota kelahiran Kapolri Jenderal Idham Azis di Kendari, Sulawesi Tenggara memiliki banyak pesona yang menarik, terutama makanan khasnya.
Nasi Kasreng dan Empat Makanan Khas Kuningan
Berkunjung ke Kabupaten Kuningan,Jawa Barat, tidak puas jika belum mencicipi kuliner khasnya.
Gado-gado dan Lima Makanan Khas Betawi Melegenda
Gado-gado menjadi salah satu makanan khas Betawi yang telah melegenda.
0
Erick Thohir Babat Pegawai BUMN Radikal
Menteri BUMN Erick Thohir akan membabat pegawai di lingkungannya yang terpapar paham radikal. Ia melakukan langkah sesuai perintah Mahfud MD.