UNTUK INDONESIA
Makanan Khas Bone, Tempat Kelahiran Jusuf Kalla
Kabupaten Bone memiliki makanan khas yang unik dan menggugah selera. Berikut makanan khas daerah tempat kelahiran mantan Wapres Jusuf Kalla.
Nasu Liku sangat menggugah selera. (Foto: Tagar/Ist)

Bone - Kabupaten Bone punya banyak makanan khas yang unik dan menggugah selera. Wajar saja, di daerah tempat kelahiran mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla ini merupakan salah satu tempat tumbuh suburnya rempah-rempah yang dikenal merupakan kekayaan Indonesia. Rempah-rempah yang memiliki cita rasa yang khas menjadi salah satu kuliner Bone yang mampu memanjakan lidah.

Di tanah Arung Palakka Bone, kuliner favorit kadang hanya diolah di rumah dengan resep tradisional. Namun belakangan ini, kuliner khas Bone sudah bisa dijumpai di sejumlah rumah makan.

Berikut Tagar merangkum empat makanan khas Bone, tempat kelahiran Jusuf Kalla:

Nasu Likku

Nasu LikuNasu Liku sangat menggugah selera. (Foto: Tagar/Ist)

Masakan daging ayam kampung yang diolah dengan campuran utama lengkuas, Nasu Likku atau Masakan Lengkuas selalu dipadukan dengan pulut kuning. Jika disajikan dengan nasi putih hangat, aroma lengkuasnya sangat terasa.

Masakan ini sengaja menggunakan ayam kampung, karena dimasak lebih lama hingga bumbu mengental dan kuah menyusut. Ayam kampung akan lebih gurih dimasak lama dan tekstur tidak cepat hancur.

Masakan dengan aroma lengkuas yang mendominasi ini selalu ditemukan di rumah-rumah warga pada perayaan lebaran, baik itu Idul Adha maupun Idul Fitri. Jangan mengaku orang Bone, jika Nasu Likku absen menemani perayaan lebaran anda di rumah.

Lawa Bale

Lawa BaelLawa Bale. (Foto: Tagar/Ist)

Sushi atau shashimi ala Bone, diumpamakan jika dimasak di Jepang. Sushi adalah makan Jepang yang terbuat dari bahan ikan mentah, seperti itu juga lawa', bahan dasarnya adalah ikan segar mentah. Meski lawa' belum tersohor luas ke seluruh wilayah di Indonesia, akan tetapi kuliner ini dijamin akan membuat selerah makan anda dari satu piring menuju dua piring.

Jenis ikan sebagai bahan dasar bisa beragam, tergantung dari selerah. Diolah dengan cukup unik. Setelah dibersihkan, ikan segara direndam dengan asam cuka selama 15 menit hingga 30 menit, hingga daging ikan benar-benar matang dalam larutan cuka.

Bumbu utamanya adalah kelapa parut. Ada dua jenis yang bisa digunakan oleh warga Bone, kelapa parut dibakar atau disangrai. Selain itu, mangga muda yang diserut menjadi potongan kecil akan menambah nikmat masakan lawa'.

Bumbu lainnya bisa menggunakan bumbu dapur sesuai selerah. Akan jauh terasa nikmat jika dicampur perasan jeruk nipis, bau ikan mentahnya hilang dan siap untuk dihidangkan.

Poppo

PoppoNasu Poppo (Foto: Tagar/Ist)

Masak Poppo sebenarnya sudah tersohor ke seluruh Indonesia. Namanya adalah Opor Ayam. Yang menjadi pembeda dengan olahan Poppo Bone adalah campuran rempah-rempah dan diolah secara tradisional. Berbagai rempah-rempah penyedap rasa menjadikan daging ayam pada Poppo terasa gurih, juga dengan aroma kuah yang lezat.

Bahan utamanya daging ayam. Untuk aroma yang mengundang selera makan, Poppo khas Bone tidak pernah absen memadukan dengan daun salam dan sereh. Campuran biji palah menjadikan Poppo tidak bisa hilang dari cita rasa khas Bone.

Kue Baruasa

BeruasaBeruasa. (Foto: Tagar/Ist)

Terbuat dari olahan bahan dasar tepung beras dipadukan dengan kelapa parut yang disangrai. Bentuknya bulat, dan termasuk dalam jajaran kue kering khas Bone. Terdapat dua varian rasa untuk kue beruasa, bisa menggunakan gula merah dan juga gula pasir original.

Gurih, dengan cita rasa manis kue beruasa sangat cocok disantap bersama kopi dan teh hangat. Baruasa sering kali disuguhkan oleh warga Bone setiap perayaan hari keagamaan dan pesta pernikahan. []

Berita terkait
Lima Kuliner Labuan Bajo NTT Wajib Dicoba
Saat berkunjung ke Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Anda wajib mencoba lima kuliher khas ini.
Sembilan Kuliner Paling Viral Sepanjang 2019
Kuliner tidak pernah terpisahkan dari gaya hidup, apalagi kuliner kekinian, keunikannya selalu diburu. Berikut kuliner viral sepanjang 2019.
Menikmati Kuliner Pinggir Sungai Opak Yogyakarta
Di Kopi Opak Yogyakarta pengunjung bisa ngopi dan makan sambil menikmati pemandangan alam dan gemercik air Sungai Opak yang mengalir.
0
Perusahaan di Jabar Pastikan Karyawan Bebas Covid-19
Pemprov Jabar melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi melakukan pengawasan dan inspeksi baik sebelum dan setelah PSBB diberlakukan