UNTUK INDONESIA
Lima Kuliner Labuan Bajo NTT Wajib Dicoba
Saat berkunjung ke Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Anda wajib mencoba lima kuliher khas ini.
Sambel Ikan Teri. (Foto: Fimela)

Jakarta - Labuan Bajo merupakan salah satu daerah di Indonesia yang dikenal dengan keindahan alam yang menarik pandangan mata. Namun tidak hanya itu, daerah yang berada di Nusa Tenggara Timur (NTT) ini juga dikenal dengan beragam kuliner khasnya.

Berikut Tagar rangkumkan lima kuliner Labuan Bajo yang menggugah selera. Wajib Anda coba saat berkunjung ke sana.

1. Kolo

KoloKolo. (Foto: Labuan Bajo Tour)

Kolo merupakan makanan khas Labuan Bajo yang terbuat dari bahan utama beras. Teknik memasak kolo ini cukup mudah yaitu beras dicampur bumbu-bumbu yang membuat kolo kaya akan rasa, lalu dimasukkan ke dalam kayu bambu yang dapat membuat hawa kolo ini semakin menggugah selera, setelah itu dibakar dengan bara api. Tidak butuh waktu lama, 30 menit Kolo sudah matang.

Jika kamu sedang berada di Labuan Bajo, makanan ini tidak bisa sembarang ditemukan, biasanya hanya ada pada saat gelaran upacara adat.

2. Jagung Bose

Jagung BoseJagung bose. (Foto: Instagram/@doc_kitchen)

Banyaknya olahan berbahan dasar jagung membuat masyarakat di sini terbiasa mengkonsumsinya baik sebagai pengganti nasi maupun dijadikan makanan selingan. Salah satunya jagung bose, makanan ini terbuat dari jagung yang ditumbuk, lalu jagung yang terpisah dari kulitnya ini dicampur dengan kacang merah dan santan. Setelah itu dimasak hingga matang, bentuknya seperti bubur.

Kamu tidak boleh melewatkan makanan yang satu ini apabila sedang berada di Labuan Bajo. Selain rasanya yang manis serta gurih, makanan ini juga sehat untuk tubuh. Apalagi ketika dimakan sedang hangat-hangatnya akan semakin menambah rasa nikmat.

3. Aneka Seafood

SeafoodSeafood. (Foto: Labuan Bajo Tour)

Selain panorama bawah lautnya yang indah, Labuan Bajo juga dikenal dengan biota lautnya yang beraneka ragam. Maka dari itu, tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi olahan seafood ketika berkunjung ke sini. Hidangan seperti ikan bakar, dan lain-lain patut dicoba.

Apalagi menyantap hidangan seafood ini di pinggir pantai, pasti semakin lahap menyantap makanannya.

4. Sambal Ikan Teri

Sambel Ikan TeriSambel Ikan Teri. (Foto: Fimela)

Beragam jenis biota laut yang ada di Labuan Bajo menjadikan beberapa jenis ikan sebagai kuliner khas. Seperti ikan teri yang dijadikan sambal oleh masyarakat di sana. Setiap warung makan yang ada di sana biasanya menyediakan sambal ikan teri. Olahan ini menjadi salah satu kuliner khas yang ada di sana.

Ikan teri yang masih segar dilumuri merahnya cabai yang dihaluskan ditambah dengan nasi hangat rasanya cukup membuat perutmu kenyang.

5. Ikan Kuah Asam

Ikan Kuah AsamIkan Kuah Asam. (Foto: Borneo News)

Salah satu kuliner khas Labuan Bajo yang menggugah selera adalah olahan ikan ini. Ikan segar yang dimasak dengan kuah berwarna kuning memiliki cita rasa asam dan gurih. Selain itu disertai potongan belimbing wuluh yang hijau membuat rasa ikan kuah asam ini semakin kaya dengan rasa segarnya yang dijamin membuat mata kamu melek.

Beberapa makanan tersebut merupakan kuliner khas asal Labuan Bajo yang Anda harus nikmati ketika berkunjung ke sana. Rasanya memang tidak lengkap ketika berkunjung suatu daerah tetapi tidak mencicip kuliner khas setempat yang tidak bisa didapatkan di mana saja. []

Baca juga:

Berita terkait
Resep Ikan Kuah Kuning Kuliner Khas Natal di Ambon
Tiap daerah di Indonesia memiliki masakan khas untuk menyambut Natal, seperti halnya Ambon yang menyajikan ikan kuah kuning. Mau tahu resepnya?
Kuliner Halal Jepang Bikin Menggugah Selera
Kuliner halal Jepang menjadi incaran semua orang, ketika akan mengunjungi negara tersebut.
6 Spot Kuliner Halal di Bali, Rasanya Maknyos Abis
Bali memang salah satu tempat wisata yang memukau di Indonesia. Berikut Tagar rangkumkan 6 spot kuliner halal di Pulau Dewata.
0
Akun FB Anggota Dewan Aceh Singkil Kena Hack
Akun Facebook milik anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Singkil, Ahmad Fadli diretas oleh orang tak dikenal.