Makanan Ekstrem dan Unik Khas Daerah yang Harus Diketahui

Daerah yang ada di Indonesia tentu memiliki beragam makanan khas yang unik dan ekstrem. Berikut ini makanan ekstrem dan unik khas daerah.
Ilustrasi Tikus Panggang. (Foto: Zetizen.com)

Jakarta - Daerah yang ada di Indonesia tentu memiliki beragam makanan khas yang unik dan ekstrem hingga sekilas terlihat menjijikan, tetapi menjadi makanan favorit masyarakat sekitar. 

Mungkin mendengar nama makanannya pasti membuat orang terkejut hingga efeknya mempengaruhi selera makan. Namun, bagi mereka yang suka traveling ke berbagai daerah di Tanah Air, diwajibkan harus mencicipi makanan atau kuliner unik dan ekstrem khas dari tempat tersebut. 

Berikut Tagar rangkum dari berbagai sumber mengenai kuliner atau makanan ekstrem dan unik khas daerah yang wajib Anda ketahui. 

1. Lawar 

LawarIlustrasi Makanan Khas Bali yaitu Lawar. (Foto: reddoorz.com)

Lawar yang menjadi makanan tradisional khas Bali ini memang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi mereka yang beragama Islam. Ini karena bahan baku makanan tersebut terbuat dari daging babi, darah babi yang segar, parutan kelapa, dan bumbu rempah lainnya. 

Hidangan ini memang sejak awal selalu disajikan khusus saat upacara adat dan keagamaan. Namun seiring berjalannya waktu, kuliner ini menjadi salah satu menu makanan yang ada di hotel berbintang Bali. Lawar ini memang menyerupai dengan trancam yaitu makanan khas yang ada di Jawa, tapi bedanya hanya pada bahan dasarnya saja. Perbedaannya makanan khas Bali ini berbahan dasar  daging babi cincang, darah babi, sayuran dan parutan kelapa.

2. Ulat Sagu Panggang

Ilustrasi Ulat Sagu PanggangIlustrasi Ulat Sagu Panggang. (Foto: kembangpete.com)

Ulat sagu panggang ini merupakan salah satu kuliner khas Suku Kamoro di Papua. Ulat sagu ini biasanya ada di pohon sagu dan pohon kelapa yang sudah mati. 

Masyarakat Papua biasanya mengonsumsi ulat sagu ini mentah-mentah. Tetapi, ulat sagu ini juga dipanggang menjadi obat kuat dan jamu. Meski terlihat menjijikan, kuliner khas Papua ini ternyata memiliki banyak kandungan vitamin. Bagi Anda yang hendak berwisata ke Papua, disarankan untuk mencicipi penganan khas daerah tersebut. 

3. Paniki Santan 

Paniki SantanIlustrasi Paniki Santan. (Foto: explorewisata)

Paniki santan ini merupakan makanan khas manado. Kuliner tersebut berbahan dasar daging kalong atau kelelawar. Sebelum mengolahnya menjadi makanan yang menarik, daging kelelawar ini dibakar dahulu agar bulu-bulunya hilang. 

Biasanya kelelawar yang dimanfaatkan untuk diolah menjadi makanan ekstrem dan menarik ini adalah jenis kelelawar pemakan buah. Jenis kelelawar ini sangat berbeda dengan kelelawar lainnya. Ini karena ukurannya yang terlihat lebih besar. 

Paniki santan ini dipenuhi potongan-potongan cabai karena masyarakat di sana sangat menyukai pedas. Cita rasa ini juga untuk menghilangkan aroma amis pada kelelawar. Selain dimasak menjadi sayuran pedas, daging kelelawar tersebut juga bisa diolah dengan cara di goreng atau dalam bentuk santan.

4. Tikus Panggang

 

Tikus PanggangIlustrasi Tikus Panggang. (Foto: Zetizen.com)

Makanan khas Minahasa ini menjadi salah satu makanan ekstrem dan unik yang memang wajib untuk dicicipi ketika singgah di daerah tersebut. Tikus ini dimasak dengan cara dipanggang kemudian dioleskan mentega. 

Ingat ya, tikus-tikus yang diolah tersebut bukanlah dari jenis tikus yang ada di got-got kotor. Khusus makanan ini, tikusnya ditangkap dari hutan dan belum tersentuh dengan sampah-sampah manusia. 

5. Belalang Goreng

Belalang GorengIlustrasi Belalang Goreng. (Foto: travelbyinterest.com)

Belalang goreng ini merupakan khas Gunung Kidul. Makanan khas ekstrem dan unik ini wajib Anda coba, jika akan mengunjungi daerah tersebut. Memang binatang ini sudah biasa dimakan oleh masyarakat asli di sana. Belalang ini biasanya digoreng renyah baru dikonsumsi. 

Belalang goreng tersebut banyak dijumpai di kios dadakan yang terdapat di sepanjang jalan Gunung Kidul. Makanan ini dimasak dengan berbagai varian rasa, seperti manis, pedas, hingga original. []

Baca juga:

Berita terkait
Nitak Makanan Adat Khas Simalungun
Nitak, makanan khas Simalungun, salah satu etnis yang banyak bermukim di Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.
Lima Makanan Khas Bali Menggugah Selera
Bali bukan hanya terkenal dengan keindahan wisata saja, tetapi makanan khasnya juga sangat lezat dan menggugah selera.
5 Kuliner Khas Baturaja Kampung Halaman Firli Bahuri
Kampung halaman Ketua KPK Firli Bahuri yaitu Baturaja menyimpan berbagai kuliner khas yang menggugah selera. Berikut kuliner lezat khas Baturaja.
0
Melihat Epiknya Momen Malam HUT DKI Jakarta Lewat Lensa Galaxy S22 Series 5G
Selain hadir ke kegiatan-kegiatan yang termasuk ke dalam agenda perayaan HUT DKI Jakarta, kamu juga bisa merayakannya dengan jalan-jalan.