UNTUK INDONESIA
Lima Makanan Khas Bali Menggugah Selera
Bali bukan hanya terkenal dengan keindahan wisata saja, tetapi makanan khasnya juga sangat lezat dan menggugah selera.
Jaje Uli khas Bali. (Foto: Instagram/@hudayahomemade)

Jakarta - Bali bukan hanya terkenal dengan keindahan wisata saja. Tetapi, daerah ini juga mempunyai makanan khas yang sangat lezat dan menggugah selera. 

Makanan khas Pulau Dewata tersebut bisa ditemukan di mana saja, termasuk ketika perayaan Galungan atau Kuningan. 

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah makanan khas Bali yang terkenal lezat dan menggoyangkan lidah penikmatnya. 

1. Jaje Uli

Jaje Uli Khas BaliJaje Uli khas Bali. (Foto: Instagram/@hudayahomemade)

Jaje uli memang camilan khas Bali yang biasa dihidangkan saat acara keagamaan. Namun, jajanan tradisional ini juga telah menjadi makanan yang dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Bali. 

Kudapan khas Pulau Dewata ini dibuat dengan bahan utama ketan atau tepung beras. Penyajian dan pengolahan kuliner tersebut dijumpai dalam 2 macam, yaitu jajanan kering dan basah. 

Jaje uli kering berukuran tipis dan biasanya berbentuk lingkaran. Sementara, jaje uli basah, bisa dibuat cukup dengan mengepalkannya dengan tangan. 

Camilan tradisional ini memiliki rasa manis, sehingga membuat lidah penikmatnya ketagihan. Jadi, bila ingin mencicipi kelezatan makanan tersebut, segera temukan di Bali. 

2. Lawar

Lawar Khas BaliLawar khas Bali. (Foto: Instagram/@madewedastra)

Lawar juga salah satu makanan khas Bali yang patut dicicipi ketika berkunjung ke daerah tersebut. Kuliner ini juga sering disajikan saat perayaan Galungan, namun kerap dijual di rumah-rumah makan. 

Makanan khas Pulau Dewata ini terdiri dari campuran sayuran dan daging cincang yang dimasak dengan bumbu khas daerah tersebut. Daging yang digunakan beragam, seperti ayam, bebek, kerbau, atau babi.

Namun, traveler juga bisa menemukan jenis lawar yang unik yaitu lawar komoh. Makanan ini dicampur bersama darah cair dan jarang sekali diminati. 

Lawar komoh hanya berisi hati yang diiris kecil-kecil dan dituangkan ke dalam semangkuk darah segar, serta dicampur bumbu matang.  

Bagi masyarakat Bali, lawar komoh atau lawar merah dipercayai sebagai makanan yang mampu memberikan energi tambahan kepada siapa saja yang menikmatinya. 

3. Tape Ketan

Tape Ketan Khas BaliTape ketan kudapan khas Bali. (Foto: Instagram/@iien_soegie)

Kudapan ini dikenal sebagai makanan khas Bali yang kelezatan dan kenikmatannya patut diacungkan jempol. Kuliner tersebut berbahan dasar ketan atau beras hitam (injin).

Makanan khas Bali ini juga sering dijumpai ketika perayaan Galungan. Namun, jangan khawatir jajanan Nusantara tersebut juga banyak dijual di kawasan Pulau Dewata itu. 

Biasanya, tape ketan selalu dijadikan dessert yang sangat nikmat. Apalagi ketika disantap setelah makan lawar dan sate. Makanan ini juga bisa diperas kembali dan dijadikan brem sebagai sarana upacara. 

4. Sate Lilit

Sate Lilit Khas BaliSate Lilit Khas Bali. (Foto: Instagram/@so.felicious/kayukayurestaurant)

Sate lilit salah satu makanan tradisional khas Bali yang sangat menggiurkan. Daging yang digunakan juga beragam, mulai dari ayam, babi, atau ikan tenggiri, namun tergantung selera masing-masing.

Kuliner tersebut dibuat dengan daging yang sudah dihaluskan terlebih dahulu. Kemudian, daging yang telah dihaluskan itu, nantinya dililitkan pada tangkai bambu atau daun serai agar makanan itu harum dan menggugah selera.

5. Nasi Tepeng

Nasi Tepeng Khas Gianyar, BaliNasi Tepeng khas Gianyar, Bali. (Foto: Instagram/@horisonseminyak/www.thebalidaily.com)

Nasi Tepeng merupakan makanan khas Gianyar, Bali yang unik. Hidangan kuliner ini mirip seperti bubur yang dilengkapi dengan kacang merah, kacang panjang, nangka muda, daun kelor, terong, kelapa parut, telur, dan suwiran daging ayam. 

Perpaduan bahan tersebut nantinya akan disiram dengan bumbu rempah-rempah khas Bali yang akan menyempurnakan cita rasa dari nasi tepeng, sehingga mampu membuat lidah bergoyang. []

Baca juga:

Berita terkait
Tujuh Makanan dan Minuman Pemicu Serangan Jantung
Pengidap penyakit jantung perlu mengatur makanan dan minuman untuk mengkindari risiko terjadinya serangan jantung.
Anyang Pakis Makanan Khas Tempat Lahir UAS di Asahan
Tempat lahir Ustaz Abdul Somad (UAS) di Asahan mempunyai makanan khas yaitu anyang pakis.
Dayok Nabinatur, Makanan Khas Orang Simalungun
Ayam dalam adat Simalungun, hewan yang istimewa. Karena dahulu ayam hanya diperuntukkan untuk para kaum bangsawan.
0
Ricuh Eksekusi Lahan di Maluku Tengah
Eksekusi lahan di Desa Waai, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis 5 Maret 2020, berakhir ricuh. Dua polisi luka terkena lemparan batu