Makan Kacang Akan Menimbulkan Jerawat, Mitos atau Fakta?

Oleh sebab itu, selalu perhatikan bagaimana pola makan karena secara tidak langsung dapat berefek ke kesehatan kulit Anda.
Kacang (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Sejak dulu, kacang dianggap sebagai musuh kulit karena dapat menimbulkan jerawat. Padahal, mitos tentang jerawat yang sudah beredar sejak lama ini tidak benar adanya.

Penyebab jerawat yang utama adalah penyumbatan pori oleh tiga faktor, yaitu infeksi bakteri, sel kulit mati, dan produksi minyak berlebih. Ketiga faktor tersebut memang dapat dipicu oleh berbagai hal, mulai dari kebiasaan mencuci muka hingga faktor genetik.

Kacang memang mengandung lemak yang tinggi, namun tidak cukup banyak sampai membuat penumpukan dan penyumbatan lemak pada pori-pori kulit hingga menyebabkan jerawat. Penyebab jerawat sebenarnya bukan konsumsi kacang, melainkan karena adanya alergi terhadap kacang.

Untuk mengetahui apakah kamu alergi terhadap kacang, kamu bisa coba menghindari makan kacang selama 1-2 bulan lalu lihat perubahannya. 

Bila setiap kali makan kacang, wajahmu jadi jerawatan, namun setelah dua bulan tidak makan kacang, wajahmu bersih dan bebas jerawat, maka mungkin kamu punya alergi terhadap kacang.

Sebenarnya, alasan utama mengapa kacang disebut dapat menyebabkan jerawat adalah aktivitas sistem pencernaan setelah mengonsumsi makanan ini. Kandungan lemak dan protein yang tinggi pada kacang membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit saat mengolahnya.

Jadi, jangan takut makan kacang, karena menurut penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Dermatology, jerawat tidak disebabkan karena mengonsumsi cokelat, es krim, ataupun makanan seperti kacang. 

Beberapa ahli malah percaya bahwa mengonsumsi kacang justru seharusnya dapat mengurangi jerawat, karena makanan tersebut kaya akan asam lemak omega-3 yang memiliki sifat anti-radang.

Bila ingin makan kacang, sebaiknya konsumsilah kacang yang dipanggang. Hindari makan kacang yang digoreng karena mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi. Hal ini karena minyak yang digunakan untuk menggoreng kacang mengandung lemak jenuh.

Oleh sebab itu, selalu perhatikan bagaimana pola makan karena secara tidak langsung dapat berefek ke kesehatan kulit Anda. Jadi hanya mitos ya makan kacang itu dapat menimbulkan jerawat. []


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Resep Es Kacang Hijau Spesial
Manfaat mengonsumsi kacang hijau salah satunya adalah mencegah kanker dan osteoporosis. Kacang hijau bisa diolah jadi berbagai varian makanan.
6 Manfaat Kacang Almond Sebelum Berhubungan Seksual
Mencari camilan yang sehat sebelum berhubungan seksual dengan pasangan? Kacang almond jawabannya.
Resep Mudah Membuat Urap Kacang Panjang Lezat
Kacang panjang bisa diolah menjadi berbagai hidangan salah satunya urap. Berikut resep membuat urap kacang panjang.
0
Makan Kacang Akan Menimbulkan Jerawat, Mitos atau Fakta?
Oleh sebab itu, selalu perhatikan bagaimana pola makan karena secara tidak langsung dapat berefek ke kesehatan kulit Anda.