7 Manfaat Kacang Edamame bagi Kesehatan

Kacang edamame merupakan sumber protein nabati yang baik dan banyak nutrisi, antioksidan, dan rendah kalori.
Ilustrasi kacang edamame. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Kacang edamame adalah kacang kedelai utuh yang belum matang dan berwarna hijau. Edamame merupakan versi yang lebih muda dari kacang kedelai dewasa. Kacang edamame dipanen ketika masih muda dan biasa disajikan sebagai camilan protein nabati yang sangat baik.

Kacang edamame merupakan sumber protein nabati yang baik dan banyak nutrisi, antioksidan, rendah kalori, tidak mengandung kolesterol bahkan secara alami bebas gluten. Kacang edamame biasa disajikan dengan cara direbus atau ditambahkan ke tumisan, sup atau salad. Dilansir dari Healthline, berikut ini 7 manfaat kesehatan dari kacang edamame.


1. Dapat menurunkan kolestrol

Selain menjadi sumber protein nabati yang sangat baik, edamame juga kaya akan serat, antioksidan, dan vitamin K. Senyawa tanaman ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan memperbaiki profil lipid darah, mengendalikan lemak termasuk kolesterol dan trigliserida.


2. Meningkatkan energi

Kacang edamame mengandung sembilan asam amino esensial, yang menjadikannya sumber protein lengkap. Protein adalah nutrisi yang sangat baik yang menyediakan bahan bakar tubuh dan membantu memperbaiki serta membangun jaringan tubuh. Protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dipecah dalam tubuh, sehingga berfungsi sebagai sumber energi tahan lama.


3. Mencegah gejala menopause

Penelitian telah menunjukkan bahwa produk berbahan dasar kedelai kaya akan isoflavon, yang dikatakan dapat menurunkan risiko osteoporosis pada wanita pascamenopause. Dilansir dari healthline, studi 2017 lainnya menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi produk berbahan dasar kedelai selama 12 minggu memiliki lebih sedikit gejala menopause termasuk kelelahan, dan depresi.


4. Meningkatkan kesehatan mata

Kacang edamame adalah sumber vitamin A yang baik, vitamin esensial yang dikenal untuk meningkatkan kesehatan mata. Vitamin ini juga merupakan komponen rhodopsin, protein yang ada di mata Anda yang memungkinkan Anda melihat dalam kondisi kurang cahaya. Vitamin A juga terkait untuk menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula terkait usia.


5. Mencegah penyakit jantung

Kandungan antioksidan pada kedelai hijau secara aktif dapat menghancurkan lemak yang menumpuk di dalam tubuh yang dapat menjadi pemicu serangan jantung dan hipertensi atau darah tinggi. Kacang edamame berkhasiat pula sebagai zat anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa perih, nyeri, dan pegal dari peradangan.


6. Memperkuat imun tubuh

Kandungan gizi, antioksidan dan multi vitamin pada kacang ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan demikian, edamame sangat tepat dikonsumsi di musim pancaroba apalagi di tengah gencarnya penyebaran virus.


7. Memperbaiki kepadatan tulang dan otot

Hampir semua kacang-kacangan mengandung protein tinggi yang sangat baik untuk kepadatan tulang dan pembentukan otot, termasuk edamame. Kedelai hijau satu ini sangat baik untuk mencegah osteoporosis karena dapat menunjang kepadatan tulang dan terbentuknya otot yang maksimal.

(Fauzi Maulana Rizqi)


Baca juga:





Berita terkait
Ini 5 Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan Tubuh
Berdasarkan warna kulit bijinya, kacang ini memiliki beberapa jenis, yaitu kedelai hijau, kuning, hitam, dan cokelat.
Fakta Kacang Mete untuk Kesehatan Jantung
Sejumlah penelitian juga telah menghubungkan konsumsi beberapa kacang untuk menurunkan kadar kolesterol darah.
8 Manfaat Selai Kacang, Cegah Berat Badan dan Diabetes
Sudah menjadi rahasia umum bahwa kacang-kacangan memiliki manfaat yang berlimpah bagi tubuh.
0
7 Manfaat Kacang Edamame bagi Kesehatan
Kacang edamame merupakan sumber protein nabati yang baik dan banyak nutrisi, antioksidan, dan rendah kalori.