UNTUK INDONESIA

Mahfud MD: Artidjo Alkostar Menginspirasi Saya Jadi Dosen

Mahfud MD mengungkapkan Almarhum Artidjo Alkostar yang telah menginspirasinya menjadi dosen.
(Foto: Facebook/Artidjo Alkostar).

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menko Polhukam) Mahfud MD mengungkapkan bahwa Almarhum Artidjo Alkostar pernah menjadi dosennya saat ia kuliah di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini juga mengungkapkan Almarhum Artidjo Alkostar yang telah menginspirasinya menjadi dosen dan aktivis penegakkan hukum.

"Thn 1978 Artidjo menjadi dosen sy di FH-UII. Dia jg yg menginspirasi sy menjadi dosen dan menjadi aktivis penegakan hukum dan demokrasi," tulis Mahfud MD di akun Twitter pribadinya @mohmahfudmd, Minggu, 28 Februari 2021.

Jenazah Almarhum Artidjo Alkostar, rencananya akan dikebumikan di pemakaman keluarganya sekaligus tempat kelahirannya yakni di daerah Situbondo Jawa Timur.

Mahfud dan Artidjo pernah menjadi peneliti akademis di Columbia University New York Amerika Serikat pada tahun 1990.

"Pada 1990/1991 saya dan Mas Artidjo sama2 pernah menjadi visiting scholar (academic researvher) di Columbia University, New York. RIP, Mas Ar," kata Mahfud.

Anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Artidjo Alkostar menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Minggu, 28 Februari 2021 sekitar pukul 14.00 WIB. Kabar duka ini, diketahui dari unggahan akun Twitter Menko Polhukam, Mahfud MD.

"Kita ditinggalkan lagi oleh seorang tokoh penegak hukum yg penuh integritras," cuit Mahfud melalui akun Twitter @mohmahfudmd.

"Mantan hakim agung Artidjo Alkostar yang kini menjabat sebagai salah seorang anggota Dewan Pengawas KPK telah wafat siang ini. Inna lillah wainna ilaihi raji’un. Allahumma ighfir lahu," tambahnya.

Baca juga: Artidjo Alkostar Pensiun, Napi Koruptor Ajukan PK
Baca juga: Menanti Ketok Palu Artidjo Alkostar untuk Ahok

Jenazah Almarhum Artidjo Alkostar, rencananya akan dikebumikan di pemakaman keluarganya sekaligus tempat kelahirannya yakni di daerah Situbondo Jawa Timur. []

Berita terkait
Jadi Dewas KPK, Artidjo Alkostar Ungkapkan Mimpinya
Mantan Hakim Mahkamah Agung (MA) Artidjo Alkostar mengungkapkan mimpinya yang saat ini menjabat sebagai Dewan Pengawas KPK.
Artidjo Alkostar Pensiun, Pakar: Rasa Malu Hakim Agung Hilang
Pensiunnya mantan Hakim Agung (HA) Artidjo Alkosar dinilai berpengaruh terhadap tren pemotongan hukuman untuk para koruptor.
Dewas KPK Artidjo Alkostar Tutup Usia, Dikenal Sebagai Algojo Koruptor
Dewan Pengawas KPK Artidjo Alkostar yaang sering disebut sebagai algojo para koruptor tutup usia, berikut berita selengkapnya.
0
Mahfud MD: Artidjo Alkostar Menginspirasi Saya Jadi Dosen
Mahfud MD mengungkapkan Almarhum Artidjo Alkostar yang telah menginspirasinya menjadi dosen.