UNTUK INDONESIA
Mahasiswa Bogor Dukung Revisi UU KPK
Ratusan massa yang yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Bogor Peduli KPK (AMBPK) menggelar aksi mendukung pengesahan revisi UU KPK.
Aliansi Mahasiswa Bogor Peduli KPK aksi mendukung revisi UU KPK di depan gedung DPR, Jakarta, Jumat, 20 September 2019. (Foto: Tagar/Yaqin)

Jakarta - Ratusan orang yang yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Bogor Peduli KPK (AMBPK) menggelar aksi mendukung pengesahan revisi Undang Undang (UU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Senayan, Jakarta, Jumat, 20 September 2019.

Koordinator aksi, Ferga Aziz, menyebut selama ini KPK dipandang tebang pilih dan tidak transparan dalam melakukan pemberantasan korupsi. Maka dari itu, revisi UU KPK, menurut dia akan memberikan dampak terpenuhinya keadilan.

"Kami mendukung revisi UU KPK dan mengapresiasi pihak DPR yang telah mengesahkan UU KPK agar lebih kuat dalam melakukan pemberantasan Korupsi," kata Ferga, Jumat, 20 September 2019.

Selain itu, mereka juga mendukung pimpinan KPK terpilih, serta meminta pelantikan pimpinan KPK agar dipercepat. Pasalnya, Wadah Pegawai (WP) KPK yang gemar menolak pengesahan UU KPK mempunyai kepentingan politik dan berpotensi mengganggu stabilitas.

"Kami meminta agar pimpinan KPK terpilih segera dilantik. Wadah pegawai yang penuh kepentingan itu harus dibubarkan," tegas Ferga dalam orasinya.

"Bahkan kekuasaan seorang presiden sekalipun ada yang membatasi," katanya. Lebih lanjut, mahasiswa asal Sumatra Selatan ini juga menyinggung Pasal 37E tentang Pembentukan Dewan Pengawas KPK. Menurutnya, dalam sistem negara demokrasi tidak ada lembaga yang memiliki kekuasaan tanpa batas.

"Bahkan kekuasaan seorang presiden sekalipun ada yang membatasi," katanya.

Sebelumnya, DPR dan pemerintah sepakat mengesahkan revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU KPK) dalam rapat paripurna Selasa siang 17 September 2019. 

Meski dalam prosesnya mendapat gelombang penolakan tetap tidak membuat DPR dan pemerintah bergeming. []

Berita terkait
Revisi UU KPK Tidak Ujug-ujug Muncul Belakangan Ini
Revisi UU KPK tidak ujug-ujug muncul belakangan ini kemudian disahkan begitu saja. Berikut terjal berliku jalannya dari 2011 hingga 2019.
Mahasiswa Banyuwangi Desak Jokowi Terbitkan Perppu KPK
Mahasiswa Banyuwangi mendesak Presiden Jokowi membuat Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang KKPK.
PMII Aksi Teatrikal, Sapu dan Bakar Foto Pimpinan KPK
Mereka mendesak pimpinam KPK mundur karena terkesan tebang pilih dalam menuntaskan kasus korupsi.
0
Bocah 4 Tahun di Pamekasan Tewas Mengapung di Bak Mandi
Bocah berusia empat tahun di Pamekasan tewas mengapung di bak kamar mandi rumahnya.