UNTUK INDONESIA
Lima Penyebab Bayi Susah Tidur pada Malam Hari
Menidurkan bayi terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi sang ibu, sebab tak jarang si kecil sulit tidur pada malam hari. Berikut penyebabnya.
Ilustrasi bayi. (Foto: pixabay.co./jarmoluk)

Jakarta - Menidurkan bayi terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi sang ibu terutama yang baru melahirkan. Sebab, tidak jarang bayi mengalami sulit tidur pada saat malam hari.

Ada beberapa penyebab yang dapat membuatnya menjadi susah tidur, dan hal ini biasanya ditandai dengan bayi rewel. Padahal, dalam kondisi tersebut terkadang bayi sudah mengantuk, sehingga para orang tua bisa lebih peka lagi apa yang membuat bayinya tak nyaman dan sulit tidur.

Berikut lima penyebab bayi sulit tidur pada malam hari, yang Tagar kutip dari Times of India, Rabu, 12 Agustus 2020.

1. Tidak Nyaman

Kondisi yang tidak nyaman, seperti popok yang penuh atau kebesaran, susunya terlalu hangat atau dingin tentu bisa membuat bayi menjadi sulit tidur saat malam hari. Sehingga, orang tua sebaiknya memeriksa tanda-tanda yang membuat bayi tidak nyaman agar bisa tidur dengan nyenyak.

2. Lapar

Lapar atau haus mungkin menjadi faktor penyebab bayi menjadi sulit tidur, hasilnya dia akan mengekspresikan diri dengan tangisan, jeritan, dan menjadi rewel. Sebab, bayi yang baru lahir memerlukan air susu sesering mungkin. Dengan begitu, cobalah pastikan memberinya susu lagi saat si kecil sulit mengalami kesulitan tidur.

3. Lelah

Kelelahan sepanjang hari bisa membuat bayi sulit tidur dan berujung menjadi rewel. Sehingga, orang tua sebaiknya memperhatikan tanda-tanda sang buah hati mengantuk dengan membedongnya agar terasa aman dan nyaman, sehingga si kecil bisa tidur kembali.

4. Ingin Bersama Orang Tua

Terkadang, bayi akan merasa senang jika orang tuanya menenangkannya untuk tidur kembali. Sehingga, sebaiknya para orang tua coba untuk menggendongnya, memberikan kontak fisik, atau memeluknya hingga dia tidur kembali dengan nyenyak.

5. Ritme Sirkadian Belum Sinkron

Bayi memiliki ritme sirkadian tersendiri, yakni sebuah proses yang mengatur siklus tidur dan bangun pada tubuhnya. Terlebih pada bayi yang baru lahir, biasanya butuh waktu lebih dari 12 minggu agar si kecil bisa mempelajari perbedaan antara siang dan malam hari.

Para orang tua bisa mengajarinya secara perlahan agar terjaga pada siang hari, sehingga saat malam hari tidur si kecil bisa nyenyak. Selain itu, Anda juga bisa membawa sang buah hati keluar rumah sebentar agar terpapar cahaya alami, cara ini mampu membantu mengatur kembali siklus tidur bayi.

Baca Juga:

Aturan Pemeriksaan Kehamilan Saat Pandemi Corona

Cara Mengobati Biang Keringat pada Bayi di Rumah

Berita terkait
Olahraga Jalan Kaki yang Benar untuk Kesehatan Tubuh
Salah satu jenis olahraga kardio yang mudah untuk dilakukan, yaitu berjalan kaki. Berikut cara olahraga jalan kaki yang benar untuk Kesehatan.
Cara Aman Menyusui Bayi di Tengah Pandemi Corona
Para ibu yang tengah menyusui bayinya harus berhati-hati di tengah pandemi corona ini. Berikut cara aman menyusui di tengah pandemi covid-19
Amankah Mencukur Rambut Kemaluan Saat Hamil?
Tak sedikit mitos bagi ibu hamil salah satunya mencukur rambut kemaluan, lantas apakah boleh hal tersebut dilakukan? Berikut penjelasannya.
0
Lima Penyebab Bayi Susah Tidur pada Malam Hari
Menidurkan bayi terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi sang ibu, sebab tak jarang si kecil sulit tidur pada malam hari. Berikut penyebabnya.