UNTUK INDONESIA
Cara Mengobati Biang Keringat pada Bayi di Rumah
Biang keringat menjadi salah satu masalah yang biasa dialami anak-anak khususnya bayi. Berikut cara untuk mengatasi masalah tersebut.
Ilustrasi Biang Keringat Pada Bayi. (Foto: babything.net)

Jakarta - Biang keringat menjadi salah satu masalah yang biasa dialami anak-anak khususnya bayi. Masalah ini muncul biasanya ditandai dengan ruam dan kemerahan di kulit, sehingga keseharian sang buah hati terganggu dan tidak nyaman.

Sebagian besar biang keringat bisa sembuh dengan sendiri dalam beberapa hari kecuali jika terjangkit infeksi. Namun tetap masalah ini bisa membuat kulit bayi terasa gatal, sehingga ini bisa membuat mereka menjadi rewel dan tidak nyaman. Meski tidak terlalu berbahaya, tetapi sebaiknya para orang tua bisa segera mengatasinya agar kulit bayi menjadi sehat kembali.

Jika biang keringat si kecil sangat parah, jangan sembarangan menggunakan obat krim atau salep pada si kecil, lebih baik tanyakan penanganannya yang sesuai pada dokter.

Dokter umum Abi Noya mengatakan mengatasi biang keringat pada bayi bisa dilakukan dengan cara menghindari sang buah hati dari cuaca panas dan lembap.

"Caranya, pindahkan si kecil ke ruangan yang sejuk. Bila menggunakan AC atau kipas angin, jangan mengarahkan langsung ke tubuhnya. Apabila keluar rumah, jangan lupa membawa kipas dan topi. Pastikan si kecil minum cukup air agar ia tidak dehidrasi," kata dia melalui channel YouTube Alodokter seperti dikutip Tagar Selasa, 4 Agustus 2020.

Kedua, cobalah gunakan pakaian dari serat alami untuk bayi seperti katun agar sirkulasi udara tetap terjaga. Sebaiknya, hindari pakaian berbahan sintetis seperti poliester dan nilon karena bisa menimbulkan panas di kulit si kecil.

Selain itu, Anda juga bisa melonggarkan pakaian sang buah hati. Atau Anda juga boleh tidak mengenakan pakaian maupun popok untuk mereka beberapa waktu. Namun, tetap pastikan juga si kecil tidak kedinginan.

Ketiga, jangan sering menggendong si kecil saat cuaca panas karena ketika digendong dia harus berhadapan dengan dua sumber panas yakni cuaca dan suhu tubuh Anda. "Dianjurkan untuk menidurkan si kecil di ranjang dan membiarkannya berbaring, merangkak, atau berjalan-jalan sendiri ketika terbangun. Semakin jarang digendong, bayi justru tidak akan kepanasan," ucap dr. Abi.

Menjaga kulit bayi agar tetap dingin juga menjadi salah satu cara mengatasi biang keringat. "Dinginkan kulit bayi dengan menggunakan kain lap yang dibasahi dengan air," ujar dr. Abi.

Terakhir, dokter Abi menyarankan untuk menggunakan lotion dan krim hanya bila diperlukan, misalnya, jika si kecil menangis saat Anda menyentuh kulitnya, oleskan lotion calamine pada tubuhnya dan hindari bagian sekitar wajah, serta mata. 

"Jika biang keringat si kecil sangat parah, jangan sembarangan menggunakan obat krim atau salep pada si kecil, lebih baik tanyakan penanganannya yang sesuai pada dokter," tuturnya.

Biang keringat pada bayi memang bisa hilang dengan sendirinya. Namun, jangan ragu untuk segera temui dokter saat suhu tubuh si kecil lebih dari 38 derajat Celcius dan ruam tidak hilang setelah tiga atau empat hari, tampak semakin parah, atau jika muncul tanda infeksi. 

Baca juga:

Berita terkait
Risiko Masker Kain Bagi Anak Usia di Bawah Dua Tahun
Masker kain ternyata tidak diperkenankan digunakan oleh anak-anak khususnya yang berusia di bawah dua tahun. Berikut penjelasannya.
Penyebab dan Cara Mengobati Cantengan di Jari
Kebanyakan orang tentu pernah mengalami cantengan di jarinya. Berikut ini penyebab dan cara mengobati cantengan.
Alasan Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Anak
Selain fisik, nyatanya kesehatan mental menjadi salah satu hal penting dan tak boleh diabaikan dan harus dijaga khususnya pada anak-anak.
0
Cara Mengobati Biang Keringat pada Bayi di Rumah
Biang keringat menjadi salah satu masalah yang biasa dialami anak-anak khususnya bayi. Berikut cara untuk mengatasi masalah tersebut.