Jakarta - Salah satu hobi Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah berwisata kuliner. Di setiap sela kunjungan kerjanya, Jokowi kerap mampir ke rumah makan untuk menikmati cita rasa kuliner khas setempat, terlebih saat mudik ke Solo. Tatkala pulang ke kampung halamannya, Presiden Indonesia ke-7 ini hampir selalu menyempatkan diri blusukan ke tempat wisata kuliner favoritnya.

Dihimpun dari berbagai sumber, inilah 5 (lima) tempat makan di Solo yang jadi langganan Jokowi.

1. Rumah Makan Ayam Goreng Mbah Karto

Ini dia ayam goreng favoritnya, Presiden Jokowi. Adapun menu yang hampir selalu dipesannya adalah ayam goreng dengan sambel blondho (sambal hitam). 

Rumah makan ini terkenal bukan hanya karena sajian ayam gorengnya yang gurih dan krenyes, tapi juga karena variasi sambalnya yang beraneka ragam.

Rumah Makan (RM) Ayam Goreng Mbah Karto Tembel terletak di Sukoharjo, atau jaraknya sekitar 30 menit dari Solo. Kini, RM tersebut dikelola oleh generasi kedua keluarga Mbah Karto.

Tempat ini terbuat dari kayu dan tanpa desain berlebihan. Meja dan kursi terbuat dari kayu seperti warung makan sederhana pada umumnya.

2. Nasi Liwet Bu Sri

Nasi liwet yang ditaburi dengan santen kelapa, disajikan pula dengan sayur labu siam, suwiran ayam, dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa). Tekstur nasinya amat pulen. Rasanya gurih dan sangat menggugah selera, terlebih disaat lapar tiba.

Salah satu yang menjadi menu kesukaan Presiden Jokowi yakni, menu nasi liwet buatan Bu Sri yang berjualan di dekat pintu gerbang Pasar Gede Solo, Jalan Lojiwetan, Solo.

3. Nasi Soto Ayam Gading

Presiden Jokowi pernah memposting aktivitasnya saat sarapan soto ayam bersama keluarganya di Soto Gading. 

Soto berkuah kental dari kaldu ayam bening dengan tambahan soun, suwiran daging ayam, dengan irisan daun seledri, disiram kuah kaldu ayam dan tak banyak rempah, menjadikan Soto Gading berkesan istimewa di lidah. 

Sembari makan soto, terdapat juga aneka gorengan seperti tahu, tempe, sate usus, sate daging sapi, empal, dan perkedel yang disajikan di meja makan dan bisa diambil secara langsung. 

Saat masih menjabat sebagai Wali Kota Solo, Jokowi sudah menjadi pelanggan tetap Soto Gading yang terletak di Jalan Gading Kidul atau sekitar Alun-alun Selatan Kota Solo.

4. Sate Kere Bu Tugiyem

Kakek Jan Ethes, juga punya kegemaran menyantap sate kere Bu Tugiyem. Berbeda dengan sate kebanyakan yang berbahan daging, sate kere justru berbahan tempe, tempe gembus (terbuat dari sari kacang kedelai) dan berbagai jeroan. Itulah kenapa disebut sate kere, yang dalam bahasa Jawa, kere artinya miskin.

Sate Kere Bu Tugiyem terletak di Jalan Arifin No 63, dekat parkiran depot es Nini Thowong.

Uniknya, sate kere favorit Jokowi ini dijual di gerobak yang mangkal di dinding tembok tempat parkir. Untuk satu tusuk sate kere dihargai Rp1.500 dan 10 tusuk sate jeroannya sekitar Rp 22 ribu.

Sate Kere Bu Tugiyem ini mulai buka pukul 13.00 WIB hingga dagangannya laris terjual.

5. Timlo Sastro

Timlo, sup khas Solo ini berisi irisan ati ampela ayam, irisan dadar gulung, bihun, ati ampela, telur pindang dan suwiran ayam goreng. Rumah makan yang terletak di belakang Pasar Gede ini, reputasinya sudah begitu melegenda bagi warga lokal. 

Bahkan, tidak sedikit publik figur nasional, termasuk Jokowi, yang menjadikan Timlo Sastro sebagai destinasi kuliner untuk sarapan pagi ataupun makan siang. 

Kuliner dengan kuah hangatnya yang kaya akan rempah, menjadi alasan mengapa sajian ini memiliki banyak peminat yang lezat tuk disantap.

Baca juga: