Yogyakarta - Rindu dengan jajanan tempo dulu, gelaran ini sayang jika dilewatkan. Hadirkan 117 stand kuliner tradisional, Pasar Kangen Jogja bakal kembali digelar mulai akhir pekan ini.

Tepatnya, Pasar Kangen Jogja digelar pada 12 hingga 20 Juli 2019. Seperti pada tahun- tahun sebelumnya, Pasar Kangen diadakan di Taman Budaya Yogyakarta.

Lokasinya berada di jantung kota tak jauh dari Malioboro, yakni di Jalan Sriwedani. Dari Titik Nol Kilometer, tinggal ke arah timur. Kurang dari 300 meter, Anda tinggal masuk ke utara atau ke kiri setelah menemukan Gedung Taman Pintar.

117 stand kuliner bakal disajikan dengan konsep pasar tradisional. Jajan- jajanannya super langka dan dijamin jarang dijumpai. Misalnya saja minuman bir jawa, burger ala Kraton, sate kere, dan masih banyak lagi.

Koordinator Acara Pasar Kangen Jogja Wasdiyana mengatakan, pihaknya menerapkan seleksi ketat jajanan dan minuman yang ikut acara.

Relasi antara pedagang dan pembeli bukan semata-mata transaksi ekonomi, tapi ada tegur sapa

"Syarat mutlaknya adalah harus makanan yang benar-benar memenuhi kriteria tradisi. Baik bahan, peralatan, maupun cara pembuatannya," ujarnya kepada Tagar, Senin 8 Juli 2019.

Syarat lain yang tak kalah penting, yakni produk makanan kemasannya bukan franchise. Ini tak lepas dari konsep Pasar Kangen Jogja 2019 yang bertema Ketahanan Pangan dan Kemandirian.

"Salah satu kekuatan pasar itu adalah relasi kemanusiaan yang begitu intim terbangun. Relasi antara pedagang dan pembeli bukan semata-mata transaksi ekonomi, tapi ada tegur sapa. Spirit inilah yang coba kita hadirkan dalam pasar kangen ini," jelasnya.

Selain kuliner, gelaran ini juga dimeriahkan 93 stand barang kerajinan, serta pertunjukan kesenian tradisional yang diikuti oleh 32 kelompok seni. Acara ini terbuka bagi umum dan gratis, berlangsung dari pukul 12.00 - 22.00 WIB.

Pasar Kangen Jogja pertama kali digelar pada 2007. Konsepnya memadukan antara kesenian tradisi dan kuliner tradisi yang ada di Yogyakarta. Tahun ini Pasar Kangen Jogja memasuki tahun ke-12 penyelenggaraan Pasar Kangen Jogja. Penasaran apa yang baru di Pasar Kangen Jogja? Siap- siap saja di akhir pekan ini. Jumat 12 Juli, Pasar Kangen Jogja resmi dibuka pukul 15.00 WIB.[]

Baca juga: