UNTUK INDONESIA
Lima Bahan Alami Mengatasi Rosacea Pada Kulit
Rosacea atau kondisi kulit kemerahan dan timbulnya benjolan atau bintik seperti jerawat bisa diatasi dengan beberapa bahan alami.
Ilustrasi Rosacea. (Foto: theskinnerd.com)

Jakarta - Rosacea atau kondisi kulit kemerahan diikuti benjolan seperti jerawat tak bisa dipungkiri kerap dialami kaum hawa. Namun, tak perlu cemas, masalah tersebut bisa diatasi dengan pengobatan memakai bahan alami.

Munculnya rosacea terkadang juga dianggap sepele karena benjolan hanya sebatas jerawat biasa. Rata-rata rosacea dijumpai perempuan setengah baya dengan tipe kulit kering, tetapi bukan berarti anak muda tak mengalaminya. 

Umur bukan penyebab utama munculnya rosacea. Ada sejumlah faktor seperti genetik, kondisi lingkungan, dan pola makan kurang sehat yang menjadi pemicunya.

Bagi Anda yang mulai risih dengan adanya masalah di kulit tersebut, berikut bahan alami yang dapat dipakai untuk menghilangkan rosacea sehingga kesehatan kulit bisa tetap terus terjaga.

1. Madu

Madu

Ilustrasi madu. (Foto: Pixabay)

Madu menjadi salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan rosacea. Sebab, cairan satu ini mempunyai sifat emolien yang bisa menjaga kulit agar tetap lembab.

Selain itu, sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang dikandung madu bisa untuk menenangkan kulit dan mengurangi peradangan. Cara memakainya cukup mudah, hanya perlu pijatkan madu di area kulit yang terkena selama 3-5 menit, biarkannya meresap ke dalam kulit, diamkan selama setengah jam, kemudian bilas dengan air hangat.

2. Oatmeal

Oatmeal

Ilustrasi salad. (Foto: pixabay.com/shixugang)

Sifat melembabkan dan anti-inflamasi yang dikandung oatmeal mampu membersihkan kulit dan melawan peradangan. Caranya, haluskan 1/2 cangking oatmeal dan tambahkan 1/4 gelas air agar teksturnya berubah seperti pasta.

Kemudian, oleskan pasta oatemal pada kulit wajah yang terkena rosacea dan diamkan hingga 20 menit agar mengering sebelum dibilas dengan air dingin. Dengan begitu, masalah kulit satu ini bisa teratasi dengan cepat dan mudah.

3. Mentimun

Mentimun

Mentimun. (Foto: pixabay)

Mentimun juga menjadi salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan rosacea. Sebab, dinginnya mentimun dan sifat anti-inflamasinya bisa menenangkan kulit dan peradangan.

Selain itu, kadar air dalam mentimun sangat tinggi, sehingga cocok untuk mengatasi kemerahan dan radang yang dialami. Caranya, poton mentimun yang sudah didinginkan di dalam kulkas, letakkan irisan di daerah kulit yang terkena rosacea, biarkan selama 10-15 menit kemudian bilas.

4. Aloe Vera

Ilustrasi Lidah Buaya

Ilustrasi lidah buaya. (Foto: Pixabay/AtakOnArt)

Sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang dikandung aloe vera dipercaya bisa mengurangi kemerahan dan radang pada kulit. Sehingga, bahan alami satu ini cocok untuk digunakan untuk mengatasi rosacea.

Caranya, oleskan sedikit gel aloe vera pada kulit yang terkena rosacea, biarkan kurang lebih selama 15-20 menit hingga mengering dan bilas dengan air dingin. Selain itu, usahakan untuk mengambil aloe vera yang segar dari pohonnya.

5. Teh Hijau

Teh Hijau HangatIlustrasi Teh Hijau (Foto: Twitter/@Beauty6912048)

Teh hijau memiliki beragam manfaat dalam mengatasi masalah di wajah salah satunya rosacea. Sebab, bahan alami satu ini memiliki sifat antioksidan yang kuat dan anti-inflamasi yang bisa menenangkan peradangan pada kulit.

Caranya, seduh secangkir teh hijau, diamkan sebentar dan masukan ke kulkas selama 45 menit. Kemudian, celupkan lap kain ke dalam teh dan rendam sebentar, setelah itu oleskan ke bagian yang sakit. Jangan lupa, pijat dengan lembut wajah dan biarkan kulit meyerap khasiat dari teh hijau tersebut.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi rosacea. Sehingga, masalah satu ini bisa cepat teratasi dan kesehatan kulit tetap terjaga nantinya.

Baca Juga:

Berita terkait
Tips Mudah Menghilangkan Flek Hitam Akibat Jerawat
Jerawat memang kerap dialami dan dikeluhkan banyak orang. Apalagi kalau ada flek hitam akibat jerawat bisa mengganggu rasa percaya diri seseorang.
Kebiasaan Tak Disadari Bisa Bikin Badan Cepat Kurus
Mungkin banyak orang tidak tahu ternyata ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari bisa membuat badan cepat kurus dan ramping. Ini penjelasannya.
7 Manfaat Air Dingin untuk Kecantikan Kulit Wajah
Air dingin bermanfaat untuk kecantikan wajah. Berikut sejumlah manfaat air dingin yang ampuh untuk mempercantik kulit wajah.
0
Lima Bahan Alami Mengatasi Rosacea Pada Kulit
Rosacea atau kondisi kulit kemerahan dan timbulnya benjolan atau bintik seperti jerawat bisa diatasi dengan beberapa bahan alami.