UNTUK INDONESIA
7 Manfaat Air Dingin untuk Kecantikan Kulit Wajah
Air dingin bermanfaat untuk kecantikan wajah. Berikut sejumlah manfaat air dingin yang ampuh untuk mempercantik kulit wajah.
ilustrasi mencuci wajah dengan air dingin. (Foto: www.shefinds.com)

Jakarta - Air dingin ternyata memiliki beragam manfaat untuk mempercantik wajah dengan lebih efektif dibandingkan air hangat. Sebab, air dingin mampu mengatasi berbagai masalah kulit wajah yang kerap mengganggu.

Air hangat memang bisa mengangkat kotoran setelah beraktivitas seharian, namun cara ini bisa membuat kulit menjadi kering dan semakin sensitif. Untuk itu, cobalah gunakan air dingin agar kesehatan kulit wajah tetap terjaga dan terhindar dari berbagai masalah.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar berikan ulasan mengenai manfaat air dingin untuk kecantikan wajah.

1. Mengurangi Pembengkakan

Sebagian orang mungkin kerap mengalami wajah sembap setelah bangun tidur terutama di area mata. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba membersihkan wajah dengan memakai air dingin setiap pagi.

Air dingin ini berkhasiat mengurangi pembengkakan, sehingga wajah tampak lebih segar. Selain itu, kantong mata yang sembap dan menghitam juga bisa diatasi dengan cepat.

2. Mengecilkan Pori-pori

Bagi yang memiliki masalah kulit wajah seperti pori-pori membesar, ada baiknya Anda membasuhnya dengan air dingin atau es batu. Ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengecilkan pori-pori di wajah. 

Selain meningkatkan nilai estetika, pori-pori yang lebih kecil bisa melindungi kulit dari infeksi bakteri yang menjadi pemicu timbulnya jerawat. Tetapi cara ini hanya sementara, untuk mendapatkan pori-pori yang lebih kecil diperlukan perawatan lainnya seperti memakai masker madu dan lemon.

3. Membuat Kulit Kencang

Air dingin bisa membantu kulit menjadi lebih kencang karena tidak akan membuat minyak alami kulit hilang. Cara ini bisa dikatakan lebih efektif dibandingkan dengan air hangat. Namun agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat mengombinasikan dengan produk pembersih wajah yang tepat agar tidak hanya membersihkan wajah saja melainkan tidak membuat kulit terasa tertarik atau menjadi lebih kering setelahnya.

4. Menunda Penuaan Dini

Mencuci wajah menggunakan air dingin secara berkala bisa membantu menunda tanda penuaan dini seperti timbulnya keriput. Tetapi, cara ini perlu dibarengi dengan perawatan kulit lainnya agar hasilnya tampak lebih maksimal.

5. Menyegarkan Wajah

Mencuci wajah menggunakan air dingin tentu bisa membuat kulit wajah menjadi lebih rileks. Kulit wajah akan terasa lebih segar dan cara ini lebih baik daripada air hangat. Cobalah lakukan ini saat bangun tidur di pagi hari atau malam usai beraktivitas seharian penuh.

6. Membuat Makeup Tahan Lama

Dengan menyemprotkan spray berisi air dingin juga bisa menjadi solusi membuat makeup tahan lebih lama. Cara ini tentu bisa dilakukan saat berdandan untuk beraktivitas seharian penuh.

7. Menghilangkan Efek Sunburn

Berbagai masalah kulit seperti kemerahan, kusam, kulit mengeluarkan minyak berlebih, kulit terbakar, bisa muncul akibat sengatan sinar matahari. Jadi untuk menghindari persoalan kulit tersebut, Anda bisa menerapkan dengan mencuci wajah menggunakan air dingin.

Air dingin mampu meringankan gejala akibat dari sunburn atau paparan polusi dibandingkan air hangat. Anda juga bisa memakai tambahan produk-produk lain untuk menjaga dan membersihkan kulit dari masalah tersebut.

Nah, itulah sejumlah manfaat air dingin untuk membantu menjaga kesehatan dan membuat wajah tampak cantik. Sehingga, kulit wajah bisa terhindar dari berbagai masalah yang kerap datang dan mengganggu aktivitas. []

Baca Juga:

Berita terkait
Manfaat Baking Soda untuk Kulit Wajah
Baking soda memiliki beragam manfaat dalam merawat wajah agar tampak lebih cantik dan berikilau. Berikut ini penjelasannya.
Manfaat Kentang untuk Kecantikan Wajah
Kentang menjadi salah satu bahan alami yang bisa dijadikan sebagai alat mempercantik diri. Berbagai permasalahan kulit bisa diatasi dengan kentang.
Waspadai, Faktor Penyebab Pori-pori Wajah Membesar
Pori-pori wajah membesar bisa menyebabkan berbagai masalah lainnya. Sehingga penting untuk mengetahui faktornya agar bisa ditangani.
0
Istri Cawalkot Medan Akhyar Nasution Bagi-bagi APK di Masjid
Kehadiran Nurul Khairani tanpa diundang. Di tempat ibadah itu, dia membagikan alat peraga kampanye suaminya, Akhyar Nasution.