UNTUK INDONESIA
Tips Mudah Menghilangkan Flek Hitam Akibat Jerawat
Jerawat memang kerap dialami dan dikeluhkan banyak orang. Apalagi kalau ada flek hitam akibat jerawat bisa mengganggu rasa percaya diri seseorang.
Ilustrasi Lidah Buaya. (Foto: Pixabay/AtakOnArt)

Jakarta - Jerawat memang salah satu masalah kulit yang kerap dialami banyak orang. Bahkan, setelah jerawat pecah biasanya timbul masalah kulit lainnya seperti bopeng atau noda atau flek hitam di wajah yang bisa mengganggu percaya diri sebagian orang.

Timbulnya bekas jerawat di wajah ini karena kelenjar minyak terinfeksi dengan bakteri. Namun jangan khawatir, ada sejumlah bahan alami yang mampu menghilangkan bekas jerawat dibandingkan pergi ke klinik kecantikan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkum sejumlah bahan alami yang bisa menghilangkan Flek hitam atau bekas jerawat.

1. Es Batu

Ilustrasi Es BatuIlustrasi Es Batu. (Foto: Pixabay/Bru-nO)

Seusai jerawat pecah, pori-pori akan terbuka lebar sehingga menyebabkan jerawat muncul lagi akibat tekanan udara yang kotor. Untuk mengatasinya, es batu bisa menjadi solusi mengurangi produksi jerawat dengan cara mengompresnya. Selain itu, es batu juga bermanfaat sebagai astringent alami untuk menyamarkan noda bekas jerawat.

2. Lidah Buaya

Ilustrasi Lidah BuayaIlustrasi Lidah Buaya. (Foto: Pixabay/AtakOnArt)

Selain menghaluskan rambut secara alami, lidah buaya juga dipercaya bisa meredakan peradangan jerawat yang membandel. Caranya tak sulit, cukup mengaplikasikan gel lidah buaya pada kulit wajah yang sedang mengalami masalah kulit tersebut.

3. Tomat

Ilustrasi TomatIlustrasi Tomat. (Foto: Pixabay/MabelAmber)

Tomat juga salah satu bahan alami yang ampuh menghilangkan noda bekas jerawat membandel. Caranya mudah, irislah tomat dan aplikasikan di area bekas pecahnya jerawat.

Tomat akan membantu menyamarkan flek-flek hitam di wajah karena kandungan vitamin A dan karotennya yang berfungsi sebagai suplai pewarna merah. Selain itu, tomat juga dapat menyembuhkan kerusakan jaringan dan akan membentuk sel-sel kulit yang baru.

4. Jus Timun

Jus TimunIlustrasi Jus Timun. (Foto: Pixabay/xxolaxx)

Bahan alami lainnya yang mampu mengatasi noda bekas jerawat, yaitu timun. Ini karena kandungan mineral yang tinggi pada timun, sehingga baik untuk toner wajah.

Caranya mudah, cukup blender timun lalu aplikasikan pada wajah sebagai toner. Bahan alami ini berfungsi untuk memperbaiki elastisitas kulit serta meredakan peradangan dan memperbaiki jaringan kulit di wajah.

5. Bawang Putih

Bawang PutihIlustrasi Bawang Putih. (Foto: Pixabay/Anrita1705)

Selain dijadikan bumbu dapur, bawang putih ternyata bisa digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Sebab, kandungan senyawa thiacremonon sulfur yang disimpan bawang putih mengandung antibakteri yang mampu mengatasi noda hitam di wajah akibat jerawat yang membandel.

Cara memakainya cukup mudah, hanya perlu menyiapkan bawang putih sesuai kebutuhan, lalu haluskan dengan blender, dan oleskan ke area wajah yang terdapat noda hitam bekas jerawat. Diamkan kurang lebih selama dua menit, kemudian bilas menggunakan air hangat.

Cobalah gunakan beberapa bahan alami di atas untuk mengusir noda bekas jerawat yang membandel. Selain mudah ditemukan, bahan alami tersebut tentu tak sulit untuk ditemui. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Menghilangkan Keriput di Wajah Secara Alami
Bertambahnya usia tak bisa dihindari setiap orang. Konsekuensi dari setiap perubahan pun tak bisa dilawan. Salah satunya, keriput.
Cara Menghilangkan Bulu Ketiak dengan Cepat dan Aman
Resah dengan bulu ketiak? Inilah cara menghilangkan bulu ketiak dengan cepat, aman, dan nyaman. Bahan-bahannya ada di sekitar Anda.
Tips Mengatasi Jerawat Meradang Akibat Pakai Masker
Akibat keseringan pakai masker, jerawat bisa meradang dan kondisi ini pasti dialami oleh seseorang yang memiliki kulit sensitif.
0
Penjelasan Bawaslu Bantul Terkait Tugas Kopja di Pilkada
Bawaslu Kabupaten Bantul menyelenggarakan Penandatanganan Pakta Integeritas Komitmen Mematuhi Pelaksanaan Tahapan Pemilu Serentak 2020.