UNTUK INDONESIA
Efek Buruk Sering Ikat Rambut Bagi Kesehatan
Ternyata metode mengikat atau menguncir rambut bisa memberikan efek samping yang buruk bagi kesehatan.
Ilustrasi Mengikat Rambut. (Foto: www.huffpost.com/JGI/JAMIE GRILL/GETTY IMAGES)

Jakarta - Cara praktis dan cepat menata rambut panjang dengan mengikat atau menguncirnya. Namun ternyata, metode itu bisa memberikan efek samping yang buruk bagi kesehatan, terlebih saat mengikatnya dalam keadaan basah atau menjelang tidur.

Tindakan mengikat atau menguncir biasanya dilakukan mereka yang tak memiliki waktu menata rambut, sedang berolahraga, atau melakukan kegiatan lain yang menghasilkan banyak keringat.

Dilansir dari laman The List, berikut efek buruk bagi kesehatan jika sering mengikat atau menguncir rambut.

1. Rambut Menjadi Kusut

Mengikat atau menguncir rambut setiap hari bisa menyebakan rambut menjadi kusut. Menurut Bosley Profesional Strength Specialist JB Shelton, rambut yang terikat secara terus menerus dapat membuatnya menjadi kusut terlebih jika dibiarkan saat tidur.

Shelton menganjurkan untuk menghindari kekusutan tersebut dengan cara menyisirnya secara teratur. Selain itu, cobalah gunakan kondisioner agar rambut tetap lembab dan halus.

2. Rambut Menjadi Patah dan Rontok

Ketika mengikat rambut, kerusakan yang bisa terjadi yakni menjadi patah dan rontok. Sebab, rambut bisa menjadi tegang dan membuatnya tertarik terlebih jika mengikatnya menggunakan karet elastis.

Selain itu, mengikat rambut sepanjang hari bisa memicu ujung rambut menjadi bercabang. Sebaiknya hindari cara tersebut agar rambut tidak menjadi bercabang dan rasa percaya diri akan meningkat nantinya.

Baca Juga:

3. Menyebabkan Migrain

Sakit kepala menjadi salah satu dampak buruk yang dihasilkan akibat rambut sering terikat. Metro.co.uk dalam laporannya menyebutkan, rambut yang diikat memicu saraf di sekitar kepala tertarik dari posisinya. Keadaan itu menimbulkan rasa sakit kepala muncul.

Ahli Saraf Kepala dokter Wade Cooper kepada Fox 26 Houston mengatakan, jika seorang wanita melepas ikatan rambutnya setelah merasakan sakit kepala berarti sinyal saraf memicu sensivitas otak yang membuatnya merasakan migrain atau sindrom nyeri lainnya.

4. Kulit Kepala Terasa Sakit

Nyeri pada kulit kepala menjadi salah satu dampak buruk akibat sering menguncir rambut. "Yang sakit adalah kulit dan area porifollicular kulit kepala atau wilayah di sekitar rambut, pori, atau folikel," kata dokter kulit Francesca Fusco, dikutip dari Vogue.

Fusco juga menunjukkan jarang merawat kulit kepala dan menyisirnya setiap hari bisa menjadi pemicu rasa sakit pada area kulit kepala muncul.

Nah, itulah beberapa efek samping yang buruk bagi kesehatan akibat sering mengikat atau menguncir rambut. Sehingga, alangkah baiknya hal tersebut dihindari agar kesehatan rambut dan kepala bisa tetap terjaga dan terhindar dari berbagai masalah. 

Berita terkait
Cara Mudah Pakai Blush On Sesuai Bentuk Wajah
Blush on atau perona pipi bisa digunakan sesuai dengan bentuk wajah seseorang agar tampak lebih cantik. Berikut cara mengaplikasikannya.
Kebiasaan Tak Disadari Bisa Bikin Badan Cepat Kurus
Mungkin banyak orang tidak tahu ternyata ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari bisa membuat badan cepat kurus dan ramping. Ini penjelasannya.
Cara Aman Memilih Kosmetik Bagi Kulit Sensitif
Pemilik kulit sensitif perlu berhati-hati saat memilih kosmetik, ini karena jika salah memilih bisa menyebabkan iritasi. Berikut penjelasannya.
0
Efek Buruk Sering Ikat Rambut Bagi Kesehatan
Ternyata metode mengikat atau menguncir rambut bisa memberikan efek samping yang buruk bagi kesehatan.